STITPEMALANGSTITPEMALANG
MadaniyahMadaniyahLuas dan banyaknya materi IPS menuntut guru kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar hidup dan dinamis. Guru IPS harus mampu mengubah paradigma bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran cerita yang tidak menarik dan membosankan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas inovasi dalam proses pembelajaran melalui multimedia untuk memperbaiki kualitas prestasi hasil belajar siswa. Masalah yang dibahas adalah bagaimana dalam diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPS siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Bumiayu pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan simpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai tindakan 2. Pada pra tindakan, siswa yang tuntas KKM sebanyak 12 orang (33,33%). Pada tindakan 1, siswa yang tuntas KKM sebanyak 20 orang (66,66%). Pada tindakan 2, seluruh siswa (36 orang atau 100%) tuntas KKM.
Luas dan banyaknya materi IPS menuntut guru kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar hidup dan dinamis.Guru IPS harus mampu mengubah paradigma bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran cerita yang tidak menarik dan membosankan.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas inovasi dalam proses pembelajaran melalui multimedia untuk memperbaiki kualitas prestasi hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan simpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai tindakan 2.Pada pra tindakan, siswa yang tuntas KKM sebanyak 12 orang (33,33%).Pada tindakan 1, siswa yang tuntas KKM sebanyak 20 orang (66,66%).Pada tindakan 2, seluruh siswa (36 orang atau 100%) tuntas KKM.Selain itu, perlu diteliti sejauh mana penggunaan multimedia interaktif yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) dapat memperdalam pemahaman konsep IPS yang abstrak, misalnya perubahan sosial atau dinamika ekonomi global.Terakhir, studi lanjutan dapat mengembangkan platform digital kolaboratif yang memungkinkan siswa dari berbagai sekolah berdiskusi dan berbagi hasil penelitian mini tentang isu lokal, sehingga pembelajaran IPS tidak lagi terbatas pada ruang kelas, tetapi menjadi jembatan antara teori dan kehidupan masyarakat sekitar, yang pada akhirnya membangun kesadaran sosial yang lebih luas dan berkelanjutan.Pembelajaran yang interaktif, dinamis, dan berbasis teknologi mampu mengatasi kebosanan siswa terhadap materi IPS dan meningkatkan motivasi serta partisipasi aktif dalam pembelajaran.Luas dan banyaknya materi IPS menuntut guru kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar hidup dan dinamis.Guru IPS harus mampu mengubah paradigma bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran cerita yang tidak menarik dan membosankan.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas inovasi dalam proses pembelajaran melalui multimedia untuk memperbaiki kualitas prestasi hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan simpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai tindakan 2.Pada pra tindakan, siswa yang tuntas KKM sebanyak 12 orang (33,33%).Pada tindakan 1, siswa yang tuntas KKM sebanyak 20 orang (66,66%).Pada tindakan 2, seluruh siswa (36 orang atau 100%) tuntas KKM.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah yang dikombinasikan dengan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah sosial nyata, seperti perencanaan lingkungan atau kebijakan publik. Selain itu, perlu diteliti sejauh mana penggunaan multimedia interaktif yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) dapat memperdalam pemahaman konsep IPS yang abstrak, misalnya perubahan sosial atau dinamika ekonomi global. Terakhir, studi lanjutan dapat mengembangkan platform digital kolaboratif yang memungkinkan siswa dari berbagai sekolah berdiskusi dan berbagi hasil penelitian mini tentang isu lokal, sehingga pembelajaran IPS tidak lagi terbatas pada ruang kelas, tetapi menjadi jembatan antara teori dan kehidupan masyarakat sekitar, yang pada akhirnya membangun kesadaran sosial yang lebih luas dan berkelanjutan.
| File size | 147.52 KB |
| Pages | 22 |
| Short Link | https://juris.id/p-1pC |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Hal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karenaHal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Al-Abrasyi adalah seorang cendekiawan, tokoh pendidikan, ulama dan seorang guru besar yangPendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Al-Abrasyi adalah seorang cendekiawan, tokoh pendidikan, ulama dan seorang guru besar yang
JOURNALWEBJOURNALWEB Dalam putusan tahun 2017 sampai dengan 2019 mengenai pembayaran nafkah iddah sebelum dan sesudah adanya SEMA Nomor 1 Tahun 2017 di Pengadilan Agama SamarindaDalam putusan tahun 2017 sampai dengan 2019 mengenai pembayaran nafkah iddah sebelum dan sesudah adanya SEMA Nomor 1 Tahun 2017 di Pengadilan Agama Samarinda
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching Language CommunicativePenelitian ini bertujuan untuk membantu siswa menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching Language Communicative
STAIM PROBOLINGGOSTAIM PROBOLINGGO Dalam konteks etnopedagogi, humor menjadi bentuk kearifan lokal yang memperkaya praktik pembelajaran Islam dan memperkuat kedekatan budaya siswa. NamunDalam konteks etnopedagogi, humor menjadi bentuk kearifan lokal yang memperkaya praktik pembelajaran Islam dan memperkuat kedekatan budaya siswa. Namun
SHARIAJOURNALS UINJAMBISHARIAJOURNALS UINJAMBI Fokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepada ahli waris beda agama melalui wasiat wajibah sah berdasarkan Putusan MahkamahFokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepada ahli waris beda agama melalui wasiat wajibah sah berdasarkan Putusan Mahkamah
STITPEMALANGSTITPEMALANG Penggunaan metode penemuan terbimbing (Guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar konsep tekanan pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Ampelgading tahunPenggunaan metode penemuan terbimbing (Guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar konsep tekanan pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Ampelgading tahun
STITPEMALANGSTITPEMALANG Keberhasilan pendidikan Islam dinilai dari transfer ilmu, nilai, dan keterampilan kepada peserta didik. Namun, problematika seperti materi yang padat namunKeberhasilan pendidikan Islam dinilai dari transfer ilmu, nilai, dan keterampilan kepada peserta didik. Namun, problematika seperti materi yang padat namun
Useful /
IPTSIPTS Penelitian ini meninjau arti tradisi Mangulosi dalam perkahwinan masyarakat Batak Toba Desa Labuhan Rasoki, Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini didasariPenelitian ini meninjau arti tradisi Mangulosi dalam perkahwinan masyarakat Batak Toba Desa Labuhan Rasoki, Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini didasari
IPTSIPTS Kendala yang dihadapi meliputi pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat, serta perilaku negatif dari teman sebaya. Upaya yang dilakukan antara lainKendala yang dihadapi meliputi pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat, serta perilaku negatif dari teman sebaya. Upaya yang dilakukan antara lain
IPTSIPTS Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan smartphone di Desa Pangkal Dolok Julu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara berkembang pesat karenaBerdasarkan hasil penelitian, perkembangan smartphone di Desa Pangkal Dolok Julu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara berkembang pesat karena
STITPEMALANGSTITPEMALANG Berbagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia telah dilakukan, antara lain melalui perbaikan kebijakan, pengembangan kurikulum,Berbagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia telah dilakukan, antara lain melalui perbaikan kebijakan, pengembangan kurikulum,