INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM
TA'DIBAN: Journal of Islamic EducationTA'DIBAN: Journal of Islamic EducationKesulitan belajar matematika (diskalkulia) merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat melakukan pekerjaan hitungan. Pembagian merupakan keterampilan komputasional yang dipandang paling sulit dipelajari atau diajarkan. Kesulitan belajar ini harus segerai diatasi agar tidak menghambat pada materi-materi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengungkap kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dalam melakukan operasi hitung pembagian, (2) mengetahui faktor yang menyebabkan, dan (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang dialami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian; memberikan pembelajaran matematika sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode operasi konkret menurut teori Piaget; menggunakan alat peraga blok Dienes; menggunakan strategi algoritma pembagian dengan perpaduan metode perukaran eksplisit alternatif dan metode chunking untuk mengatasi kesulitan; membangun suasana kelas yang menyenangkan dengan permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa.
Kesulitan belajar matematika pada materi pembagian bilangan disebabkan siswa kurang berminat dan kesulitan memindahkan angka sehingga tidak memahami konsep.Jika tidak segera diatasi, kesulitan ini akan berdampak negatif terhadap nilai dan prestasi belajar siswa.Peran aktif orang tua dan guru sangat diperlukan untuk memberikan perhatian, motivasi, serta metode pembelajaran yang sesuai agar kelemahan siswa dapat teridentifikasi dan diperbaiki.
Sebagai tindak lanjut, penelitian berikutnya dapat menguji apakah permainan edukatif berbasis digital yang menampilkan cerita pembagian dalam kehidupan sehari-hari (misalnya membagi kue atau uang jajan) lebih efektif meningkatkan minat siswa dibandingkan blok Dienes. Selain itu, perlu ditelisik apakah kombinasi metode perukaran eksplisit alternatif dan chunking tetap berhasil jika dipraktikkan secara berkelompok kecil dengan peran tutor sebaya, karena interaksi sosial diharapkan mengurangi kecemasan berhitung. Terakhir, menarik untuk mengeksplorasi pendekatan micro-learning berdurasi lima menit yang diselipkan di luar jam pelajaran—seperti lewat pesan suara WhatsApp orang tua—untuk melatih fakta dasar pembagian secara bertahap, sehingga memungkinkan siswa berlatih tanpa teks dan tanpa merasa terbebani oleh waktu belajar panjang; hasilnya dapat dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menerima remedial konvensional untuk melihat apakah teknik micro-learning ini cukup potensial menurunkan kesulitan pembagian jangka panjang.
| File size | 350.08 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1mT |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Seorang ibu telah hadir pada awal pertumbuhan dan perkembangan anak dibuktikan dari hasil penelitian psikologis anak usia dini berada pada masa kritis,Seorang ibu telah hadir pada awal pertumbuhan dan perkembangan anak dibuktikan dari hasil penelitian psikologis anak usia dini berada pada masa kritis,
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Adapun hasil penelitian, pertama, kepala madrasah dalam bentuk penataan personalia sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing, menanamkan sifat disiplinAdapun hasil penelitian, pertama, kepala madrasah dalam bentuk penataan personalia sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing, menanamkan sifat disiplin
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Tarbiyah Islamiyah Luqmanul Hakim dan Nabi Ibrahim berhasil melahirkan anak-anak terdidik yang kemudian menjadi teladan dalam sejarah peradaban umat manusia.Tarbiyah Islamiyah Luqmanul Hakim dan Nabi Ibrahim berhasil melahirkan anak-anak terdidik yang kemudian menjadi teladan dalam sejarah peradaban umat manusia.
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Pendidikan Islam memiliki prinsip yang komprehensif yang kuat, adil dan demokratis. Pendidik dan peserta didik sama mulianya, sehingga banyak aspek yangPendidikan Islam memiliki prinsip yang komprehensif yang kuat, adil dan demokratis. Pendidik dan peserta didik sama mulianya, sehingga banyak aspek yang
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Pondok Pesantren ArrummaniPenelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadarah di Pondok Pesantren Arrummani
IAINPTKIAINPTK Dalam kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi dalam fiqih Islam dan implementasi nilai-nilai moderasi dalam fiqih penentuan arah kiblat.Dalam kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi dalam fiqih Islam dan implementasi nilai-nilai moderasi dalam fiqih penentuan arah kiblat.
IAISAMBASIAISAMBAS Hal ini digunakan sebagai bekal untuk dapat menyelesaikan permasan yang ada. Sesuai dengan tujuan kurikulum 13 mempersiapkan manusia Indonesia agar memilikiHal ini digunakan sebagai bekal untuk dapat menyelesaikan permasan yang ada. Sesuai dengan tujuan kurikulum 13 mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki
Useful /
ASSALAMASSALAM Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan partisipasi,Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan partisipasi,
ASSALAMASSALAM Lembaga pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi pendampingan berkelanjutan serta pelatihan literasi digital, sehingga media pembelajaran berfungsi tidakLembaga pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi pendampingan berkelanjutan serta pelatihan literasi digital, sehingga media pembelajaran berfungsi tidak
ASSALAMASSALAM Guru di Sekolah Dasar Alam Aceh Tengah memegang peran transformatif dalam pembentukan karakter religius siswa melalui keteladanan, pembimbingan emosional,Guru di Sekolah Dasar Alam Aceh Tengah memegang peran transformatif dalam pembentukan karakter religius siswa melalui keteladanan, pembimbingan emosional,
IAINPTKIAINPTK Hasil penelitian ini didasarkan pada telaah historis tentang peningkatan eksistensi perempuan yang sudah ada pada masa turunnya wahyu, ketentuan umum dalamHasil penelitian ini didasarkan pada telaah historis tentang peningkatan eksistensi perempuan yang sudah ada pada masa turunnya wahyu, ketentuan umum dalam