ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan partisipasi, keaktifan, dan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Peningkatan tujuan pembelajaran yang meningkat dari 67,74% pada siklus I menjadi 83,87% pada siklus II, serta kenaikan nilai rata-rata siswa dari 68,06 menjadi 74,83. Hasil ini membuktikan bahwa PBL mendorong pembelajaran aktif, berpikir reflektif, serta penalaran moral yang selaras dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengembangkan kemampuan analitis dan pengambilan keputusan moral siswa. Penerapan PBL direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkuat kesadaran moral dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di madrasah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem-Based Learning (PBL) efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran moral siswa di mata pelajaran Aqidah Akhlak.Implementasi PBL mendorong partisipasi aktif, kolaborasi, serta refleksi, sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam menganalisis dilema moral.Oleh karena itu, disarankan agar PBL diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana model PBL dapat dikembangkan lebih lanjut dengan integrasi teknologi digital untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mendiskusikan dilema moral di Aqidah Akhlak. Misalnya, apakah penggunaan platform online dapat memperluas kemampuan siswa untuk menganalisis kasus etika Islam dari berbagai perspektif budaya? Di samping itu, penelitian berikutnya bisa menyelidiki dampak PBL pada siswa dengan tingkat kemampuan beragam, seperti apakah siswa dengan latar belakang sosial berbede dapat memperoleh manfaat sama dalam mengembangkan pemikiran kritis. Selain itu, perlu dicermati keterbatasan PBL dalam sekolah madrasah tradisional, sehingga penelitian dapat mencari cara untuk mengatasi hambatan seperti kurangnya pendampingan guru melalui pelatihan intensif. Misalnya, bagaimana program latihan berkelanjutan bagi guru dapat meningkatkan fasilitasi diskusi moral yang lebih mendalam? Dan, penelitian lanjutan juga bisa memperluas studi ini ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, seperti menanyakan apakah PBL dapat diterapkan efektif pada materi akidah yang lebih kompleks, sehingga siswa siap menghadapi tantangan globalisasi dan perubahan sosial. Dengan mempertimbangkan saran sebelumnya tentang pengintegrasian PBL secara sistematis, kita dapat membangun model baru yang menggabungkan pendekatan kolaboratif dengan pembelajaran berbasis proyek untuk membentuk pribadi yang lebih mandiri dan bermoral.

  1. Triangulation 2.0* - Norman K. Denzin, 2012. norman denzin skip main content intended healthcare journal... journals.sagepub.com/doi/10.1177/1558689812437186Triangulation 2 0 Norman K Denzin 2012 norman denzin skip main content intended healthcare journal journals sagepub doi 10 1177 1558689812437186
  2. Racializing the Religious during the COVID-19 Pandemic | MDPI. racializing religious covid pandemic mdpi... mdpi.com/2077-1444/12/5/341Racializing the Religious during the COVID 19 Pandemic MDPI racializing religious covid pandemic mdpi mdpi 2077 1444 12 5 341
  3. The Impact of Religion and National Origin on Attitudes towards Refugee Rights: An International Comparative... mdpi.com/2077-1444/11/6/303The Impact of Religion and National Origin on Attitudes towards Refugee Rights An International Comparative mdpi 2077 1444 11 6 303
  1. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
  2. #model pembelajaran group investigation#model pembelajaran group investigation
Read online
File size280.17 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test