ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merancang media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Kemampuan guru dalam menciptakan dan memanfaatkan media pembelajaran inovatif menjadi aspek penting untuk meningkatkan mutu serta relevansi pembelajaran PAI, khususnya di era digital yang menuntut pembelajaran kontekstual dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada proses peningkatan kompetensi pedagogik dan teknologi guru melalui pelatihan, pendampingan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap delapan guru PAI dan dua kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAI memiliki penguasaan materi keislaman yang baik, namun masih menghadapi keterbatasan dalam integrasi teknologi dan kreativitas dalam perancangan pembelajaran. Melalui program pengembangan profesional sejawat, dan terstruktur—seperti pelatihan desain media, evaluasi peningkatan literasi digital—guru menunjukkan kemajuan signifikan dalam merancang media interaktif seperti video pembelajaran, infografis, dan alat bantu belajar berbasis aktivitas siswa. Proses juga menguatkan kemampuan reflektif dan kepercayaan diri profesional guru. Penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi yang berkelanjutan sangat diperlukan agar guru mampu memadukan nilai-nilai Islam dengan pendekatan pedagogis yang inovatif. Lembaga pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi pendampingan berkelanjutan serta pelatihan literasi digital, sehingga media pembelajaran berfungsi tidak hanya sebagai alat penyampai informasi, tetapi juga sarana pembentukan spiritualitas dan akhlak peserta didik.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi media pembelajaran di kalangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kecamatan Ketol merupakan proses transformasional yang mencakup inovasi pedagogis, adaptasi teknologi, dan integrasi moral.Guru yang sebelumnya mengandalkan metode pengajaran konvensional telah menunjukkan kemajuan dalam menciptakan media digital, visual, dan interaktif yang meningkatkan keterlibatan serta pemahaman moral siswa.Evolusi ini tidak hanya menunjukkan akuisisi keterampilan teknis tetapi juga internalisasi kesadaran pedagogis, kreativitas, dan tanggung jawab etis.Integrasi prinsip TPACK dengan pedagogi Islam memungkinkan guru merancang media pembelajaran yang menarik secara intelektual dan bermakna secara spiritual, mendukung perkembangan holistik siswa sesuai dengan tujuan pendidikan Islam.

Untuk penelitian lanjut, disarankan agar dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai manajemen dan implementasi program pengembangan profesional bagi guru PAI, dengan pertanyaan utama: Bagaimana model pelatihan berkelanjutan yang efektif dalam meningkatkan kompetensi guru di daerah terpencil? Selain itu, perlu ada penelitian yang mengkaji dampak jangka panjang penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa, agar dapat diketahui sejauh mana media tersebut mempengaruhi pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Islam. Selanjutnya, eksplorasi terhadap tantangan dan solusi dalam penggunaan teknologi di sekolah dasar di daerah pedesaan perlu dilakukan untuk merumuskan pendekatan yang tepat bagi pengajaran berbasis teknologi dalam konteks pendidikan Islam.

  1. 0. endobj extgstate procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs uteug ukm.my/ijit/wp-content/uploads/2020/06/IJIT-Vol-17-June-2020_10_111-118.pdf0 endobj extgstate procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs uteug ukm my ijit wp content uploads 2020 06 IJIT Vol 17 June 2020 10 111 118 pdf
  2. Triangulation 2.0* - Norman K. Denzin, 2012. norman denzin skip main content intended healthcare journal... journals.sagepub.com/doi/10.1177/1558689812437186Triangulation 2 0 Norman K Denzin 2012 norman denzin skip main content intended healthcare journal journals sagepub doi 10 1177 1558689812437186
  3. Fostering Scientific Creativity in the Classroom: The Concept of Flex-Based Learning | Haim | International... ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/4969/pdfFostering Scientific Creativity in the Classroom The Concept of Flex Based Learning Haim International ijlter index php ijlter article view 4969 pdf
  4. Governing Islam: Law, Empire, and Secularism in Modern South Asia By JuliaStephens | Journal of Islamic... academic.oup.com/jis/article/31/3/423/5753909Governing Islam Law Empire and Secularism in Modern South Asia By JuliaStephens Journal of Islamic academic oup jis article 31 3 423 5753909
  1. #literasi digital guru#literasi digital guru
  2. #kompetensi guru pai#kompetensi guru pai
Read online
File size282.02 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test