STIM LPISTIM LPI

Jurnal Online Manajemen ELPEIJurnal Online Manajemen ELPEI

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, disiplin dan motivasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru. Metode penelitian bersifat ex post facto dengan jumlah populasi 121 orang guru untuk penarikan sampel penelitian menggunakan proporsional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan, disiplin dan motivasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru di SMK Se Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.

Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan, disiplin, dan motivasi kepala sekolah masing-masing berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMK Se-Kecamatan Wonomulyo.Secara bersama-sama, ketiga variabel ini memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru.Hasil penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Untuk penelitian lanjutan, dapat dikembangkan studi tentang bagaimana pembelajaran online mempengaruhi motivasi dan kinerja guru di sekolah menengah kejuruan selama pandemi, dengan menggunakan metode campuran antara survei kuantitatif dan wawancara kualitatif untuk menggali pengalaman langsung para guru. Selain itu, peneliti bisa mengeksplorasi pengaruh lingkungan kerja fisik seperti fasilitas sekolah terhadap disiplin guru, dengan fokus pada sekolah-sekolah di daerah pedesaan untuk melihat variasi hasil yang berbeda dari lokasi urban. Lebih lanjut, ada peluang untuk menyelidiki interaksi antara kepemimpinan digital dan kecerdasan emosional guru dalam meningkatkan produktivitas kerja, menggunakan analisis regresi nonlinier untuk mendapatkan model yang lebih kompleks. Studi ini juga bisa diperluas ke jenjang pendidikan lain seperti SD atau SMP, untuk membandingkan apakah temuan serupa berlaku di tingkat pendidikan dasar. Akhirnya, penelitian dapat menambahkan variabel moderasi seperti pengalaman mengajar untuk melihat bagaimana itu memperkuat atau melemahkan hubungan antara motivasi dengan kinerja guru, dengan sampel yang lebih besar dan pengukuran longitudinal untuk menangkap perubahan temporal.

  1. #disiplin guru#disiplin guru
Read online
File size587.99 KB
Pages15
DMCAReport

Related /

ads-block-test