STIM LPISTIM LPI

Jurnal Online Manajemen ELPEIJurnal Online Manajemen ELPEI

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar, 2) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar, 3) Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar, dan 4) Untuk menganalisis secara simultan pengaruh budaya organisasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Data penelitian diperoleh dari guru Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar yang berjumlah 50 orang. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kausal yang bersifat explanatory.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya organisasi, kompetensi, dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah di Polewali Mandar.Semakin baik budaya organisasi, kompetensi, dan motivasi kerja guru, maka akan semakin baik pula kinerja guru.Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan pada ketiga faktor tersebut dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengeksplorasi lebih dalam mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk budaya organisasi yang positif dan suportif bagi guru. Selain itu, studi lebih lanjut dapat menginvestigasi pengaruh pelatihan dan pengembangan profesional yang lebih spesifik terhadap peningkatan kompetensi guru, khususnya dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran modern. Terakhir, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor motivasi yang paling efektif bagi guru di Madrasah Ibtidaiyah, serta bagaimana faktor-faktor tersebut dapat dioptimalkan melalui kebijakan dan program sekolah yang tepat. Penelitian ini penting untuk menggali strategi pemberdayaan guru yang komprehensif dan berkelanjutan, yang tidak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi dan motivasi kerja, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, kolaboratif, dan berorientasi pada kualitas pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah dapat terus ditingkatkan demi menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing. Penelitian lebih lanjut juga dapat menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengalaman dan persepsi guru terkait budaya organisasi, kompetensi, dan motivasi mereka.

  1. #motivasi budaya organisasi#motivasi budaya organisasi
  2. #siswa madrasah ibtidaiyah#siswa madrasah ibtidaiyah
Read online
File size556.43 KB
Pages17
Short Linkhttps://juris.id/p-1ki
DMCAReport

Related /

ads-block-test