UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi-kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip “rumah bersama menjadi contoh penting dalam menumbuhkan sikap toleransi di antara siswa. Siswa diperlakukan sebagai anggota keluarga dekat dalam pergaulan dengan sivitas akademika lainnya. Prinsip “rumah bersama ini seperti melting pot, tempat semua perbedaan ras, suku, agama, dan lainnya dilebur menjadi satu identitas tunggal sebagai saudara laki-laki dan saudara perempuan. Religiusitas adalah instrumentasi penerapan nilai universalitas agama mengenai tenggang rasa, toleransi, maupun perdamaian untuk menjaga semangat multikulturalisme dan memperkuat persaudaraan di antara para siswa.
Model pembelajaran multikultural mengajak siswa menghargai berbagai perbedaan dan membangun kohesivitas sosial di Indonesia yang beragam.Di SMA Sang Timur, prinsip “Rumah Bersama diterapkan untuk menyatukan semua civitas akademika sebagai satu keluarga, meskipun tetap ada tantangan kecil seperti sikap dominatif yang berhasil diatasi.Religiusitas berperan penting dalam menerapkan nilai universal agama untuk mendorong toleransi dan perdamaian antar siswa dengan latar belakang berbeda.
Dalam penelitian lanjutan, bisa dilakukan studi pendampingan jangka panjang untuk melihat bagaimana prinsip rumah bersama memengaruhi interaksi siswa setelah mereka lulus sekolah, seperti dengan melacak jejak karier dan hubungan sosial lulusan dari SMA Sang Timur yang beragam latar belakang. Selain itu, penelitian baru dapat mengeksplorasi penerapan model multikulturalisme serupa di sekolah-sekolah non-agama di Indonesia, dengan fokus pada pertanyaan apakah langkah-langkah seperti pembinaan religiusitas dapat direplikasi untuk mengurangi bias budaya di lingkungan yang lebih sekuler. Penelitian lanjutan juga bisa mengembangkan studi komparatif antar sekolah, misalnya membandingkan efektivitas toleransi beragama di sekolah Katolik versus sekolah Islam dengan komposisi siswa multikultural serupa, untuk melakukan deskripsi mendalam secara empiris tentang peran santunan suster dalam mereduksi konflik kecil seperti bullying dan dominasi mayoritas, serta bagaimana hal itu bisa diperluas ke tingkat sosial yang lebih luas untuk mendorong inklusi nasional.
| File size | 69.17 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Tema-tema karakter gender yang berperspektif demokratis yang dikembangkan dalam penelitian ini, sesuai dengan prinsip liberty, egality, dan fraternity,Tema-tema karakter gender yang berperspektif demokratis yang dikembangkan dalam penelitian ini, sesuai dengan prinsip liberty, egality, dan fraternity,
UNYUNY Penentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukanPenentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukan
UNYUNY Berdasarkan penerimaan kese- puluh hipotesis penelitian, ditemukan ssuuaattuu model teoretik yang menggambarkan struktur hubung- an kausal antara variabelBerdasarkan penerimaan kese- puluh hipotesis penelitian, ditemukan ssuuaattuu model teoretik yang menggambarkan struktur hubung- an kausal antara variabel
UNYUNY Keberhasilan pengimplementasian kurikulum memerlukan manajemen yang baik. Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013, ada beberapa aspek manajemenKeberhasilan pengimplementasian kurikulum memerlukan manajemen yang baik. Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013, ada beberapa aspek manajemen
Useful /
UINUIN Hal ini bertujuan untuk menguraikan posisi maqāṣid al-sharīat sebagai acuan utama dan landasan etis-spiritual bagi dinamisasi proses hukum Islam dalamHal ini bertujuan untuk menguraikan posisi maqāṣid al-sharīat sebagai acuan utama dan landasan etis-spiritual bagi dinamisasi proses hukum Islam dalam
UNYUNY Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, danSubjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan
UNYUNY Model pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping polaModel pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping pola
UNYUNY Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data dianalisis dengan statistik Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanData dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data dianalisis dengan statistik Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan