UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar melukis dalam lomba, teknik dan media melukis dalam lomba, dan karakteristik seni lukis hasil belajar dalam lomba. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif; pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukan makna lukisan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar melukis dalam lomba bersifat individual sesuai apa yang dipikirkan, bukan yang dilihat. Tema lukisan sesuai dengan permintaan panitia lomba. Media dan teknik menggunakan mixed media spidol, crayon, acrilic. Penilaian lomba seni lukis adalah originalitas, kreativitas, teknik, warna, dan kesesuaian tema. Karakteristik lukisan ekspresif-dinamis-deformatif sesuai pikiran anak. Warna lukisan ekpresif-imajinatif, bukan imitatif. Lukisan anak hasil belajar dalam lomba unik, ekspresif, imajinatif, spontan, dan estetik.
Tujuan utama mengikuti lomba seni lukis anak di Yogyakarta adalah untuk belajar berapresiasi, berkreasi, dan untuk menjadi juara agar mendapatkan hadiah.Dampak dari mengikuti lomba lukis adalah melatih keberanian anak mengembangkan kemampuan kreatif, imajinatif, dan percaya diri.Karakter hasil karya seni lukis anak dalam belajar pada kegiatan lomba di Yogyakarta berdasarkan analisis visual secara keseluruhan unik, dan bentuk secara ekspresif-dinamis-deformatif.
Penelitian lebih lanjut dapat berfokus pada eksplorasi dampak jangka panjang dari partisipasi dalam lomba seni lukis terhadap perkembangan identitas artistik anak, khususnya bagaimana pengalaman kompetisi membentuk preferensi gaya dan pilihan subjek dalam karya seni mereka di masa depan. Selain itu, studi komparatif bisa dilakukan untuk membandingkan efektivitas berbagai metode pembelajaran seni lukis yang diterapkan di sanggar atau les privat dengan pendekatan berbasis lomba, guna mengidentifikasi praktik terbaik dalam menumbuhkan kreativitas anak. Terakhir, penting juga untuk meneliti bagaimana faktor eksternal seperti peran orang tua atau guru dalam mempersiapkan anak mengikuti lomba dapat memengaruhi motivasi intrinsik dan kepuasan anak dalam berkarya seni, sehingga dapat dirumuskan strategi dukungan yang lebih tepat dan berkelanjutan.
| File size | 86.53 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadapHasil menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
UNYUNY Siswa diperlakukan sebagai anggota keluarga dekat dalam pergaulan dengan sivitas akademika lainnya. Prinsip “rumah bersama ini seperti melting pot, tempatSiswa diperlakukan sebagai anggota keluarga dekat dalam pergaulan dengan sivitas akademika lainnya. Prinsip “rumah bersama ini seperti melting pot, tempat
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pendidikan gender yang dapat diterapkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan KeluargaPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pendidikan gender yang dapat diterapkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
UNYUNY Efektivitas dan efisiensi Model-PTDBV ditinjau dari tiga aspek menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa sangat baik, dan respon dosen serta mahasiswa menandaiEfektivitas dan efisiensi Model-PTDBV ditinjau dari tiga aspek menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa sangat baik, dan respon dosen serta mahasiswa menandai
Useful /
UNYUNY Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari halaman-halaman facebook yang diamati dari responden yang mengambil mataPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari halaman-halaman facebook yang diamati dari responden yang mengambil mata
UNYUNY Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data dianalisis dengan statistik Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanData dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data dianalisis dengan statistik Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
UNYUNY 05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan
UNYUNY Data komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, komunikasi interpersonal, dan kepuasan kerja dijaring dengan menggunakan kuesioner model skalaData komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, komunikasi interpersonal, dan kepuasan kerja dijaring dengan menggunakan kuesioner model skala