UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar melukis dalam lomba, teknik dan media melukis dalam lomba, dan karakteristik seni lukis hasil belajar dalam lomba. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif; pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukan makna lukisan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar melukis dalam lomba bersifat individual sesuai apa yang dipikirkan, bukan yang dilihat. Tema lukisan sesuai dengan permintaan panitia lomba. Media dan teknik menggunakan mixed media spidol, crayon, acrilic. Penilaian lomba seni lukis adalah originalitas, kreativitas, teknik, warna, dan kesesuaian tema. Karakteristik lukisan ekspresif-dinamis-deformatif sesuai pikiran anak. Warna lukisan ekpresif-imajinatif, bukan imitatif. Lukisan anak hasil belajar dalam lomba unik, ekspresif, imajinatif, spontan, dan estetik.

Tujuan utama mengikuti lomba seni lukis anak di Yogyakarta adalah untuk belajar berapresiasi, berkreasi, dan untuk menjadi juara agar mendapatkan hadiah.Dampak dari mengikuti lomba lukis adalah melatih keberanian anak mengembangkan kemampuan kreatif, imajinatif, dan percaya diri.Karakter hasil karya seni lukis anak dalam belajar pada kegiatan lomba di Yogyakarta berdasarkan analisis visual secara keseluruhan unik, dan bentuk secara ekspresif-dinamis-deformatif.

Penelitian lebih lanjut dapat berfokus pada eksplorasi dampak jangka panjang dari partisipasi dalam lomba seni lukis terhadap perkembangan identitas artistik anak, khususnya bagaimana pengalaman kompetisi membentuk preferensi gaya dan pilihan subjek dalam karya seni mereka di masa depan. Selain itu, studi komparatif bisa dilakukan untuk membandingkan efektivitas berbagai metode pembelajaran seni lukis yang diterapkan di sanggar atau les privat dengan pendekatan berbasis lomba, guna mengidentifikasi praktik terbaik dalam menumbuhkan kreativitas anak. Terakhir, penting juga untuk meneliti bagaimana faktor eksternal seperti peran orang tua atau guru dalam mempersiapkan anak mengikuti lomba dapat memengaruhi motivasi intrinsik dan kepuasan anak dalam berkarya seni, sehingga dapat dirumuskan strategi dukungan yang lebih tepat dan berkelanjutan.

File size86.53 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test