UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat nilai mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis berkorelasi dengan model mental kimia sekolah. Penelitian dilakukan dengan metode cross-section terhadap 124 mahasiswa calon guru kimia di sebuah LPTK di Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir logis (meliputi penalaran proporsional, pengontrolan variabel, penalaran kombinasi, penalaran probabilistik, dan penalaran korelasional) dan tes diagnostik model mental kimia sekolah (meliputi stoikiometri, termokimia, kesetimbangan kimia, laju reaksi, dan asam-basa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rerata model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat kelas, tetapi tidak pada rerata kemampuan berpikir logis. Selain itu, tingkat kemampuan berpikir logis mahasiswa berkorelasi kuat dengan model mental kimia sekolah.
Kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru kimia tidak menunjukkan perbedaan signifikan berdasarkan tingkat kelas, meskipun cenderung meningkat secara tren.Sebaliknya, model mental kimia sekolah menunjukkan peningkatan signifikan seiring tingkat kelas, kecuali pada tingkat III yang mengalami penurunan sementara.Kemampuan berpikir logis berkorelasi sangat kuat dengan model mental kimia sekolah, menunjukkan bahwa logika berpikir menjadi fondasi penting dalam membangun pemahaman konseptual kimia.
Penelitian selanjutnya dapat menggali bagaimana desain pembelajaran kimia yang secara sengaja melatih penalaran proporsional dan pengontrolan variabel dapat meningkatkan model mental siswa, terutama pada mahasiswa tingkat awal yang masih berada di tahap konkret. Selain itu, perlu diteliti mengapa mahasiswa tingkat III mengalami penurunan model mental kimia meski telah mengambil mata kuliah kimia lanjut, apakah karena kurikulum yang terlalu abstrak atau tidak terhubung dengan konsep dasar sekolah. Terakhir, penelitian bisa mengembangkan intervensi berbasis simulasi atau visualisasi untuk membantu mahasiswa membangun model mental yang akurat pada topik sulit seperti kesetimbangan dan termokimia, dengan memantau perubahan berpikir logis mereka secara longitudinal.
| File size | 74.71 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu komitmen organisasi kepala SMK di Kota Medan, dan menentukan model teoretik yang dapatPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu komitmen organisasi kepala SMK di Kota Medan, dan menentukan model teoretik yang dapat
UNYUNY Tabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru (85,19% populasi). Data variabel kepemimpinan transformasional kepalaTabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru (85,19% populasi). Data variabel kepemimpinan transformasional kepala
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasiPenelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasi
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi-kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi-kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitian
Useful /
UNYUNY Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tersedianya model hipotetik pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan yang layak digunakan di di SMK;Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tersedianya model hipotetik pembelajaran berbasis proyek pendidikan kewirausahaan yang layak digunakan di di SMK;
UNYUNY Model pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping polaModel pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping pola
UNYUNY Ibu-ibu yang melek gender ini pada gilirannya dapat menjadi agen sosialisasi gender yang egalitarian bagi anak-anaknya untuk mencapai keadilan gender menujuIbu-ibu yang melek gender ini pada gilirannya dapat menjadi agen sosialisasi gender yang egalitarian bagi anak-anaknya untuk mencapai keadilan gender menuju
UNYUNY Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,