UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat nilai mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis berkorelasi dengan model mental kimia sekolah. Penelitian dilakukan dengan metode cross-section terhadap 124 mahasiswa calon guru kimia di sebuah LPTK di Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir logis (meliputi penalaran proporsional, pengontrolan variabel, penalaran kombinasi, penalaran probabilistik, dan penalaran korelasional) dan tes diagnostik model mental kimia sekolah (meliputi stoikiometri, termokimia, kesetimbangan kimia, laju reaksi, dan asam-basa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rerata model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat kelas, tetapi tidak pada rerata kemampuan berpikir logis. Selain itu, tingkat kemampuan berpikir logis mahasiswa berkorelasi kuat dengan model mental kimia sekolah.
Kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru kimia tidak menunjukkan perbedaan signifikan berdasarkan tingkat kelas, meskipun cenderung meningkat secara tren.Sebaliknya, model mental kimia sekolah menunjukkan peningkatan signifikan seiring tingkat kelas, kecuali pada tingkat III yang mengalami penurunan sementara.Kemampuan berpikir logis berkorelasi sangat kuat dengan model mental kimia sekolah, menunjukkan bahwa logika berpikir menjadi fondasi penting dalam membangun pemahaman konseptual kimia.
Penelitian selanjutnya dapat menggali bagaimana desain pembelajaran kimia yang secara sengaja melatih penalaran proporsional dan pengontrolan variabel dapat meningkatkan model mental siswa, terutama pada mahasiswa tingkat awal yang masih berada di tahap konkret. Selain itu, perlu diteliti mengapa mahasiswa tingkat III mengalami penurunan model mental kimia meski telah mengambil mata kuliah kimia lanjut, apakah karena kurikulum yang terlalu abstrak atau tidak terhubung dengan konsep dasar sekolah. Terakhir, penelitian bisa mengembangkan intervensi berbasis simulasi atau visualisasi untuk membantu mahasiswa membangun model mental yang akurat pada topik sulit seperti kesetimbangan dan termokimia, dengan memantau perubahan berpikir logis mereka secara longitudinal.
| File size | 74.71 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-8x |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Namun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yangNamun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yang
UNYUNY Penelitian ini menyelidiki apakah kemampuan asosiasi anak serta keterlibatan mereka dengan media literat, mainan, permainan, dan aktivitas memengaruhiPenelitian ini menyelidiki apakah kemampuan asosiasi anak serta keterlibatan mereka dengan media literat, mainan, permainan, dan aktivitas memengaruhi
UNYUNY Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwaDiberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwa
UNYUNY Penelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnyaPenelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnya
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keamanan kerja guru sedikit di bawah tingkat sedang, sementara pandangan mereka tentang dimensi iklim sekolahHasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keamanan kerja guru sedikit di bawah tingkat sedang, sementara pandangan mereka tentang dimensi iklim sekolah
UNYUNY Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen mengalami peningkatan substansial pada dimensi pembelajaran konseptual,Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen mengalami peningkatan substansial pada dimensi pembelajaran konseptual,
UNYUNY Ethiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruhEthiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruh
UNYUNY Feedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakanFeedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakan
Useful /
UNYUNY Musik tradisional Sunda di Indonesia, yang tercermin melalui konsep titilaras, menyimpan identitas budaya dan nilai sejarah. Namun, dominasi notasi musikMusik tradisional Sunda di Indonesia, yang tercermin melalui konsep titilaras, menyimpan identitas budaya dan nilai sejarah. Namun, dominasi notasi musik
UNYUNY Temuan ini menunjukkan perlunya universitas meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran digital, menyediakan lingkungan ujian yang adil dan sesuai,Temuan ini menunjukkan perlunya universitas meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran digital, menyediakan lingkungan ujian yang adil dan sesuai,
UNYUNY Kesimpulan menunjukkan bahwa model PLP Penjas hasil pengembangan dapat meningkatkan kompetensi pedagogis calon guru pendidikan jasmani sekolah dasar. ModelKesimpulan menunjukkan bahwa model PLP Penjas hasil pengembangan dapat meningkatkan kompetensi pedagogis calon guru pendidikan jasmani sekolah dasar. Model
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasiPenelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasi