UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pendidikan guru dengan mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek (PBL) ke dalam pengajaran bahasa Inggris. Sebuah model motivasional‑kognitif‑reflektif dikembangkan dan diimplementasikan melalui pendekatan metode campuran, dengan data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi melibatkan calon guru bahasa Inggris serta dosen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi perencanaan, kolaborasi, dan pengajaran karena PBL mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, serta pembelajaran reflektif yang selaras dengan konteks kelas otentik, serta memungkinkan penerapan pengetahuan teoretis pada situasi praktik yang sesuai dengan standar CEFR dan IELTS; dengan demikian, studi ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (Pendidikan Berkualitas) dan menawarkan strategi berbasis bukti yang dapat diskalakan untuk meningkatkan pendidikan guru bahasa secara global.

Penelitian ini mengembangkan dan memvalidasi model motivasional‑kognitif‑reflektif untuk mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek (PBL) ke dalam pendidikan guru bahasa Inggris.Model tersebut secara signifikan meningkatkan kompetensi perencanaan, kolaborasi, refleksi, dan penggunaan teknologi, sehingga calon guru siap mengajar dalam konteks kelas yang beragam.Selain mendukung inovasi kurikulum, model ini berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 dengan menyediakan pendidikan guru yang berkualitas, inklusif, dan adaptif, serta dapat diterapkan secara skalabel di berbagai institusi dan disiplin.

Penelitian selanjutnya dapat melakukan studi longitudinal untuk melacak dampak guru yang dilatih dengan model PBL terhadap pencapaian belajar siswa selama beberapa tahun, sehingga dapat menilai keberlanjutan dan efektivitas jangka panjang. Selanjutnya, perlu dieksplorasi adaptasi model motivasional‑kognitif‑reflektif ke bidang studi lain, misalnya pada program pendidikan guru STEM, untuk menilai transferabilitas dan kontribusinya terhadap kompetensi pedagogik lintas disiplin. Selain itu, perbandingan antara implementasi PBL berbasis teknologi tinggi dan pendekatan low‑tech di institusi dengan sumber daya terbatas dapat mengungkap strategi yang paling efektif dalam menjaga kualitas pembelajaran serta memperkecil kesenjangan akses, khususnya di lingkungan pedesaan.

  1. Web based Instruction for Immersion Class in Alauddin State Islamic University of Makassar | Journal... doi.org/10.71194/jlla.v1i2.73Web based Instruction for Immersion Class in Alauddin State Islamic University of Makassar Journal doi 10 71194 jlla v1i2 73
  2. Area Assessment of English in the Application of Edupreneurship in Convention and Event Business Management... e-journal.naifaderu.org/index.php/jlla/article/view/103Area Assessment of English in the Application of Edupreneurship in Convention and Event Business Management e journal naifaderu index php jlla article view 103
  3. How Do English Teachers Prepare Diagnostic Assessment for Students? Insight from Teachers’ Experiences... doi.org/10.71194/jlla.v2i2.112How Do English Teachers Prepare Diagnostic Assessment for Students Insight from TeachersAo Experiences doi 10 71194 jlla v2i2 112
File size2.34 MB
Pages23
DMCAReportReport

ads-block-test