UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanBeberapa penelitian berpendapat bahwa penggunaan standar nasional sebagai patokan kualitas guru dapat menyelaraskan layanan pendidikan untuk mencapai tujuan nasional. Selain itu, lama pengalaman mengajar dapat menentukan produktivitas guru selama masa kerja. Artikel ini mengeksplorasi hasil pengembangan instrumen pengukuran kompetensi guru berbasis standar nasional Indonesia serta evaluasi kompetensi guru berdasarkan gender, jenjang, dan masa kerja. Untuk menilai kompetensi guru, 277 guru Pendidikan Jasmani (PJOK) mengisi survei daring di http://risetpjokindonesia.com/. Hasil pengukuran dianalisis dengan confirmatory factor analysis dan Cronbachs alpha untuk menguji validitas serta reliabilitas. Uji T dan ANOVA satu arah digunakan untuk mengevaluasi kompetensi guru berdasarkan gender, jenjang, dan masa kerja. Temuan menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel, sehingga dapat diterapkan dalam penelitian selanjutnya. Gender, jenjang, dan masa kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru. Pengembangan kompetensi guru berdasarkan masa kerja memberikan masukan berupa akurasi pengembangan profesional guru serta batasan periode produktif guru dalam melaksanakan profesinya.
Instrumen pengukuran kompetensi guru mendukung upaya mencapai pendidikan berkualitas dan menjadi isu global yang terkait langsung dengan kualitas guru.Pengembangan profesional guru (TPD) merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas guru.memenuhi standar nasional merupakan strategi tepat bagi negara berkembang demi pencapaian tujuan nasional.Penelitian ini memberikan kontribusi berupa instrumen pengukuran kompetensi PE guru yang valid dan reliabel, serta menunjukkan bahwa gender, kebijakan serta gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan masa kerja memengaruhi kompetensi guru.disarankan TPD difokuskan pada periode kerja 10–20 tahun bagi guru PE yang mengalami stagnasi kompetensi.
Penelitian selanjutnya dapat menguji secara longitudinal bagaimana kompetensi guru PJOK berubah selama periode karier dengan menggunakan instrumen web yang telah divalidasi, sehingga dapat mengidentifikasi pola pertumbuhan atau penurunan kompetensi sepanjang waktu. Selanjutnya, diperlukan studi komparatif antara program pengembangan kompetensi berbasis teknologi daring dan program tradisional tatap muka untuk menilai efektivitas masing‑masing dalam meningkatkan empat dimensi kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial, profesional) guru. Selain itu, penelitian dapat menyelidiki peran kebijakan dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan kompetensi guru di berbagai jenjang pendidikan, dengan mengkaji bagaimana faktor‑faktor manajerial tersebut memediasi pengaruh gender dan masa kerja. Studi‑studi ini diharapkan melibatkan sampel yang lebih luas meliputi provinsi dari seluruh Indonesia serta menggunakan desain campuran (kuantitatif dan kualitatif) untuk memperkaya pemahaman tentang faktor kontekstual. Hasilnya dapat memberikan dasar empiris bagi pemerintah dan institusi pendidikan dalam merancang kebijakan TPD yang lebih terarah, terutama bagi guru dengan masa kerja 10‑20 tahun yang cenderung mengalami stagnasi kompetensi.
- Measurement Model of Teaching Competency of Secondary School Teachers in Malaysia | International Journal... doi.org/10.3991/ijet.v14i20.11465Measurement Model of Teaching Competency of Secondary School Teachers in Malaysia International Journal doi 10 3991 ijet v14i20 11465
- Teaching ePortfolios in Teacher Education | International Journal of Emerging Technologies in Learning... online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/2324Teaching ePortfolios in Teacher Education International Journal of Emerging Technologies in Learning online journals index php i jet article view 2324
- Big Data Emerging Technology: Insights into Innovative Environment for Online Learning Resources | International... online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/6990Big Data Emerging Technology Insights into Innovative Environment for Online Learning Resources International online journals index php i jet article view 6990
| File size | 563.06 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yangMakna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yang
UNYUNY Promosi literasi digital merupakan tujuan utama beragam inisiatif pendidikan di semua konteks. Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikanPromosi literasi digital merupakan tujuan utama beragam inisiatif pendidikan di semua konteks. Namun, literatur yang membahas strategi untuk mempromosikan
UNYUNY Pemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedurPemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedur
UNYUNY Terdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematikaTerdapat kesenjangan kemampuan matematika antara siswa madrasah dan non-madrasah di Indonesia, yang secara signifikan dipengaruhi oleh waktu belajar matematika
Useful /
UNYUNY Survei membantu menentukan sejauh mana mahasiswa di semua kelompok mengembangkan keterampilan belajar otonom dan keterampilan penilaian mandiri. Rata-rataSurvei membantu menentukan sejauh mana mahasiswa di semua kelompok mengembangkan keterampilan belajar otonom dan keterampilan penilaian mandiri. Rata-rata
UNYUNY Perkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatanPerkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan
UNYUNY Implikasi penelitian menunjukkan bahwa pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengimplementasikan pengembangan ideologi Pancasila melaluiImplikasi penelitian menunjukkan bahwa pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengimplementasikan pengembangan ideologi Pancasila melalui
UNYUNY Temuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitianTemuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitian