UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanBeberapa penelitian berpendapat bahwa penggunaan standar nasional sebagai patokan kualitas guru dapat menyelaraskan layanan pendidikan untuk mencapai tujuan nasional. Selain itu, lama pengalaman mengajar dapat menentukan produktivitas guru selama masa kerja. Artikel ini mengeksplorasi hasil pengembangan instrumen pengukuran kompetensi guru berbasis standar nasional Indonesia serta evaluasi kompetensi guru berdasarkan gender, jenjang, dan masa kerja. Untuk menilai kompetensi guru, 277 guru Pendidikan Jasmani (PJOK) mengisi survei daring di http://risetpjokindonesia.com/. Hasil pengukuran dianalisis dengan confirmatory factor analysis dan Cronbachs alpha untuk menguji validitas serta reliabilitas. Uji T dan ANOVA satu arah digunakan untuk mengevaluasi kompetensi guru berdasarkan gender, jenjang, dan masa kerja. Temuan menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel, sehingga dapat diterapkan dalam penelitian selanjutnya. Gender, jenjang, dan masa kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru. Pengembangan kompetensi guru berdasarkan masa kerja memberikan masukan berupa akurasi pengembangan profesional guru serta batasan periode produktif guru dalam melaksanakan profesinya.
Instrumen pengukuran kompetensi guru mendukung upaya mencapai pendidikan berkualitas dan menjadi isu global yang terkait langsung dengan kualitas guru.Pengembangan profesional guru (TPD) merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas guru.memenuhi standar nasional merupakan strategi tepat bagi negara berkembang demi pencapaian tujuan nasional.Penelitian ini memberikan kontribusi berupa instrumen pengukuran kompetensi PE guru yang valid dan reliabel, serta menunjukkan bahwa gender, kebijakan serta gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan masa kerja memengaruhi kompetensi guru.disarankan TPD difokuskan pada periode kerja 10–20 tahun bagi guru PE yang mengalami stagnasi kompetensi.
Penelitian selanjutnya dapat menguji secara longitudinal bagaimana kompetensi guru PJOK berubah selama periode karier dengan menggunakan instrumen web yang telah divalidasi, sehingga dapat mengidentifikasi pola pertumbuhan atau penurunan kompetensi sepanjang waktu. Selanjutnya, diperlukan studi komparatif antara program pengembangan kompetensi berbasis teknologi daring dan program tradisional tatap muka untuk menilai efektivitas masing‑masing dalam meningkatkan empat dimensi kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial, profesional) guru. Selain itu, penelitian dapat menyelidiki peran kebijakan dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan kompetensi guru di berbagai jenjang pendidikan, dengan mengkaji bagaimana faktor‑faktor manajerial tersebut memediasi pengaruh gender dan masa kerja. Studi‑studi ini diharapkan melibatkan sampel yang lebih luas meliputi provinsi dari seluruh Indonesia serta menggunakan desain campuran (kuantitatif dan kualitatif) untuk memperkaya pemahaman tentang faktor kontekstual. Hasilnya dapat memberikan dasar empiris bagi pemerintah dan institusi pendidikan dalam merancang kebijakan TPD yang lebih terarah, terutama bagi guru dengan masa kerja 10‑20 tahun yang cenderung mengalami stagnasi kompetensi.
- Measurement Model of Teaching Competency of Secondary School Teachers in Malaysia | International Journal... doi.org/10.3991/ijet.v14i20.11465Measurement Model of Teaching Competency of Secondary School Teachers in Malaysia International Journal doi 10 3991 ijet v14i20 11465
- Teaching ePortfolios in Teacher Education | International Journal of Emerging Technologies in Learning... online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/2324Teaching ePortfolios in Teacher Education International Journal of Emerging Technologies in Learning online journals index php i jet article view 2324
- Big Data Emerging Technology: Insights into Innovative Environment for Online Learning Resources | International... online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/6990Big Data Emerging Technology Insights into Innovative Environment for Online Learning Resources International online journals index php i jet article view 6990
| File size | 563.06 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-6s |
| DMCA | Report |
Related /
UPIUPI Penelitian ini menganalisis fenomena pergeseran fungsi hutan (pluralisme hukum) dan konversi fungsi hutan pada Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP)Penelitian ini menganalisis fenomena pergeseran fungsi hutan (pluralisme hukum) dan konversi fungsi hutan pada Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP)
UNSUNS Penelitian ini menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dan komunitas dalam mengembangkan strategi mitigasi yang efektif. Penelitian menyimpulkanPenelitian ini menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dan komunitas dalam mengembangkan strategi mitigasi yang efektif. Penelitian menyimpulkan
UNHASUNHAS Penelitian ini menyajikan survei terkini mengenai konflik antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan masyarakat di Indonesia. Pendekatan normatif dan empirisPenelitian ini menyajikan survei terkini mengenai konflik antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan masyarakat di Indonesia. Pendekatan normatif dan empiris
UNILAUNILA Jurnal ini menjadi media utama untuk menyebarluaskan penelitian teoretis dan eksperimental orisinal, serta tinjauan teknis. Jurnal ini diterbitkan satuJurnal ini menjadi media utama untuk menyebarluaskan penelitian teoretis dan eksperimental orisinal, serta tinjauan teknis. Jurnal ini diterbitkan satu
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesionalHasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesional
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini juga menawarkan tiga rekomendasi, yaitu: guru hendaknya menyusun kontrak pembelajaran di awal semester; kepala sekolah mengirim guru untukPenelitian ini juga menawarkan tiga rekomendasi, yaitu: guru hendaknya menyusun kontrak pembelajaran di awal semester; kepala sekolah mengirim guru untuk
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi ini berargumen bahwa kebijakan pemerintah terkait pengajaran sekolah dasar bersifat politis, sehingga sekaligus mendorong partisipasi perempuan danStudi ini berargumen bahwa kebijakan pemerintah terkait pengajaran sekolah dasar bersifat politis, sehingga sekaligus mendorong partisipasi perempuan dan
UINUIN Tulisan ini berbasis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sejarah. Data diperoleh dari lapangan (field research) serta wawacaraTulisan ini berbasis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sejarah. Data diperoleh dari lapangan (field research) serta wawacara
Useful /
UNYUNY Makna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangatMakna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangat
UNYUNY Secara umum, guru L2 mendukung pendekatan monolinggal karena mereka terpapar pada pendekatan ini dalam pelatihan mengajar mereka. Namun, studi sebelumnyaSecara umum, guru L2 mendukung pendekatan monolinggal karena mereka terpapar pada pendekatan ini dalam pelatihan mengajar mereka. Namun, studi sebelumnya
UNYUNY Penerapan strategi tersebut diharapkan dapat memperkuat kompetensi digital siswa agar mampu menghadapi tantangan pembelajaran di era digital. Untuk memperluasPenerapan strategi tersebut diharapkan dapat memperkuat kompetensi digital siswa agar mampu menghadapi tantangan pembelajaran di era digital. Untuk memperluas
UNYUNY Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan dataDesain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data