STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kota Kendari. Desain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara statistik menggunakan program Linear Structural Relations (LISREL). Hasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesional (ρy3 = 0,338; t = 3,547) berpengaruh positif langsung terhadap kinerja guru SD di Kendari.
Berdasarkan analisis data, penelitian ini menemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kota Kendari.Selain itu, gaya kepemimpinan juga berkontribusi meningkatkan motivasi kerja dan kompetensi profesional guru SD di Kendari.Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan gaya kepemimpinan, motivasi, dan kompetensi profesional untuk memaksimalkan kinerja guru di sekolah dasar.
Selanjutnya, penelitian dapat menguji peran mediasi motivasi kerja dalam hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan mengajukan pertanyaan seperti “Bagaimana motivasi kerja memfasilitasi efek gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru!. Dengan demikian studi akan mendalami mekanisme psikologis penghubung ketiga variabel utama tersebut sehingga menggambarkan proses peningkatan kinerja secara lebih rinci. Selain itu, riset berikutnya dapat menerapkan desain campuran (mixed methods) yang mengombinasikan survei kuantitatif untuk pengukuran variabel dan wawancara mendalam dengan guru serta kepala sekolah untuk menggali praktik kepemimpinan, motivasi, dan pengembangan kompetensi di lapangan, sehingga memberikan data kontekstual yang kaya dan validasi triangulasi temuan. Terakhir, penelitian dapat diperluas secara spasial dengan melakukan analisis komparatif antara sekolah dasar di wilayah perkotaan dan di daerah terpencil untuk menguji apakah pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru bersifat seragam atau dipengaruhi oleh faktor kontekstual setempat, serta mengidentifikasi variabel moderator potensial seperti sumber daya sekolah atau dukungan komunitas.
| File size | 149.82 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-5S |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaranHasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasiMetode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di KabupatenMetode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, mampu meningkatkan hasil belajar, dan mudah digunakan mahasiswa. Hasil validasiDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, mampu meningkatkan hasil belajar, dan mudah digunakan mahasiswa. Hasil validasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. PeningkatanModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangiStudi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis danSampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Intervensi negara melalui kebijakan kuota dan persepsi peran perempuan sebagai ibu yang baik, serta ideologi rumah tangga dalam struktur patriarki, telahIntervensi negara melalui kebijakan kuota dan persepsi peran perempuan sebagai ibu yang baik, serta ideologi rumah tangga dalam struktur patriarki, telah
Useful /
IPBIPB Kualitas effluent yang diharapkan dari proses pengolahan adalah TDS 278 mg/L; TSS 1,3 mg/L; Kekeruhan 0,17 NTU; BOD5 0,63 mg/L; COD 6,12 mg/L; Fosfat totalKualitas effluent yang diharapkan dari proses pengolahan adalah TDS 278 mg/L; TSS 1,3 mg/L; Kekeruhan 0,17 NTU; BOD5 0,63 mg/L; COD 6,12 mg/L; Fosfat total
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penggunaan flash cardboard terbukti meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara.media ini mendukung kelancaran berbicara, memungkinkan siswa menghasilkanPenggunaan flash cardboard terbukti meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara.media ini mendukung kelancaran berbicara, memungkinkan siswa menghasilkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6%Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6%
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-confidence, kemudian dianalisis dengan uji-t dan MANOVA. Hasil menunjukkanData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-confidence, kemudian dianalisis dengan uji-t dan MANOVA. Hasil menunjukkan