STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kota Kendari. Desain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara statistik menggunakan program Linear Structural Relations (LISREL). Hasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesional (ρy3 = 0,338; t = 3,547) berpengaruh positif langsung terhadap kinerja guru SD di Kendari.

Berdasarkan analisis data, penelitian ini menemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kota Kendari.Selain itu, gaya kepemimpinan juga berkontribusi meningkatkan motivasi kerja dan kompetensi profesional guru SD di Kendari.Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan gaya kepemimpinan, motivasi, dan kompetensi profesional untuk memaksimalkan kinerja guru di sekolah dasar.

Selanjutnya, penelitian dapat menguji peran mediasi motivasi kerja dalam hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan mengajukan pertanyaan seperti “Bagaimana motivasi kerja memfasilitasi efek gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru!. Dengan demikian studi akan mendalami mekanisme psikologis penghubung ketiga variabel utama tersebut sehingga menggambarkan proses peningkatan kinerja secara lebih rinci. Selain itu, riset berikutnya dapat menerapkan desain campuran (mixed methods) yang mengombinasikan survei kuantitatif untuk pengukuran variabel dan wawancara mendalam dengan guru serta kepala sekolah untuk menggali praktik kepemimpinan, motivasi, dan pengembangan kompetensi di lapangan, sehingga memberikan data kontekstual yang kaya dan validasi triangulasi temuan. Terakhir, penelitian dapat diperluas secara spasial dengan melakukan analisis komparatif antara sekolah dasar di wilayah perkotaan dan di daerah terpencil untuk menguji apakah pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru bersifat seragam atau dipengaruhi oleh faktor kontekstual setempat, serta mengidentifikasi variabel moderator potensial seperti sumber daya sekolah atau dukungan komunitas.

File size149.82 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test