STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengajaran kesiapsiagaan bencana gempa bumi berbasis sekolah di Lombok belum optimal. Padahal, pulau Lombok merupakan wilayah dengan tingkat kerentanan tinggi terhadap gempa bumi, karena salah satunya adalah Flores Thrust yang membentang dari ujung timur Laut Flores hingga utara Bali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengajaran kesiapsiagaan untuk sekolah-sekolah yang rawan gempa. Kesiapsiagaan bencana gempa bumi mencakup semua upaya dan kegiatan yang dilakukan sebelum, selama, dan segera setelah bencana alam untuk merespons situasi secara cepat dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan: pertama, penggunaan model pengajaran kesiapsiagaan ini menunjukkan bahwa sekolah memperoleh pengetahuan yang lebih banyak sebagai hasil dari pemodelan dalam pembelajaran; kedua, eksposur terhadap fungsi dan tanggung jawab salah satu sektor utama dalam manajemen bencana; dan ketiga, tiga model pengajaran yang dihasilkan menyederhanakan manajemen bencana di sekolah karena terintegrasi dengan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga mudah diwujudkan. Dengan model pengajaran kesiapsiagaan siswa, upaya meningkatkan kemampuan menghadapi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja menjadi lebih efektif dan efisien.
Gempa bumi di Lombok tahun 2018 merupakan salah satu pengalaman bencana terbaru yang dapat diajarkan secara mendalam kepada sekolah melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, yang mampu menjadi sarana pendidikan bagi warga sekolah untuk meminimalkan korban jiwa dan kerugian materi di sekolah-sekolah rawan bencana.Sekolah-sekolah di wilayah rawan gempa di Lombok memiliki peran penting dalam mentransfer pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terkait gempa bumi dan upaya penanggulangannya kepada sekolah-sekolah lain dalam konteks kesiapsiagaan.Melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sekolah-sekolah rawan bencana dapat menjadi fondasi kuat yang melestarikan pengetahuan tentang kesiapsiagaan dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam menghadapi gempa bumi di Lombok.
Penelitian lanjutan dapat menggali sejauh mana integrasi kesiapsiagaan bencana dalam kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial benar-benar memengaruhi perilaku nyata siswa di luar kelas, seperti bagaimana mereka membagikan pengetahuan ini kepada keluarga atau tetangga selama kejadian darurat. Selain itu, perlu diteliti apakah pelatihan kesiapsiagaan yang terintegrasi secara rutin dalam pembelajaran harian mampu meningkatkan ketahanan jangka panjang sekolah, khususnya ketika sumber daya dan dukungan pemerintah terbatas. Terakhir, penelitian ini juga bisa dikembangkan dengan membandingkan efektivitas model pengajaran berbasis simulasi langsung di sekolah dengan model berbasis teknologi digital, seperti aplikasi mobile atau game edukasi, untuk melihat mana yang lebih mudah diadopsi dan bertahan dalam jangka panjang di lingkungan sekolah di daerah rawan gempa seperti Lombok.
| File size | 262.58 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-5X |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaranHasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik terbaik: gramatur 120 g/m², ketahanan sobek 3,5Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik terbaik: gramatur 120 g/m², ketahanan sobek 3,5
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di KabupatenMetode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, mampu meningkatkan hasil belajar, dan mudah digunakan mahasiswa. Hasil validasiDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, mampu meningkatkan hasil belajar, dan mudah digunakan mahasiswa. Hasil validasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. PeningkatanModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Akhirnya, anyaman struktur pasar dan ide heteronormatif tentang keluarga terjalin dengan intervensi negara dalam memfeminisasi pengajaran sekolah dasar.Akhirnya, anyaman struktur pasar dan ide heteronormatif tentang keluarga terjalin dengan intervensi negara dalam memfeminisasi pengajaran sekolah dasar.
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Desain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melaluiDesain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yangTerdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi substitusi serat kayu. Proses organosolv menggunakan etanol 60 % sebagai pelarut denganKulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi substitusi serat kayu. Proses organosolv menggunakan etanol 60 % sebagai pelarut dengan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang dikeringkan, dihancurkan, direndam larutan etanol 70% selama 2 jam pada suhu 80 °C, lalu dicampur sodium hidroksida 5% selama 1 jam untukKulit pisang dikeringkan, dihancurkan, direndam larutan etanol 70% selama 2 jam pada suhu 80 °C, lalu dicampur sodium hidroksida 5% selama 1 jam untuk