STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran penemuan dan inquiry dalam meningkatkan keterampilan matematika awal siswa di taman kanak-kanak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan multi-stage random sampling menggunakan teknik sampling probabilitas, yang menghasilkan 72 sampel siswa taman kanak-kanak, terdiri dari 36 anak dari taman kanak-kanak di Bandung, Jawa Barat yang diberi perlakuan strategi pembelajaran penemuan dan 36 anak dari taman kanak-kanak di Kabupaten Bandung Barat yang diberi perlakuan strategi pembelajaran inquiry. Data diperoleh menggunakan checklist lembar observasi keterampilan matematika awal anak taman kanak-kanak. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran penemuan lebih baik daripada strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan keterampilan matematika awal siswa taman kanak-kanak. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan sebesar 111,63 dan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry sebesar 101,96, dengan nilai t-hitung sebesar 5,551 pada tingkat signifikansi 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry.

Terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry.Strategi pembelajaran penemuan lebih efektif daripada strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan skor keterampilan matematika awal anak taman kanak-kanak.Oleh karena itu, pendidik taman kanak-kanak disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran penemuan dalam proses pembelajaran matematika awal untuk memaksimalkan perkembangan kognitif anak.

Penelitian selanjutnya dapat menguji apakah kombinasi strategi penemuan dan inquiry, yang disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing anak, dapat menghasilkan peningkatan keterampilan matematika awal yang lebih besar dibandingkan hanya menggunakan salah satu strategi saja. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung pembelajaran matematika awal di rumah, terutama bagaimana keyakinan dan interaksi harian orang tua memengaruhi perkembangan keterampilan matematika anak yang belajar melalui strategi penemuan. Terakhir, penelitian bisa mengamati dampak jangka panjang dari strategi penemuan terhadap kemampuan matematika anak ketika mereka memasuki sekolah dasar, apakah keunggulan yang terlihat di taman kanak-kanak tetap bertahan atau justru menurun seiring waktu, serta bagaimana faktor lingkungan sekolah dan kualitas guru memengaruhi kelangsungan efektivitas strategi ini.

  1. EFEKTIVITAS DAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR | Anam | Mimbar... ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/1334EFEKTIVITAS DAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Anam Mimbar ejournal upi edu index php mimbar article view 1334
File size202.98 KB
Pages4
DMCAReportReport

ads-block-test