STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran penemuan dan inquiry dalam meningkatkan keterampilan matematika awal siswa di taman kanak-kanak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan multi-stage random sampling menggunakan teknik sampling probabilitas, yang menghasilkan 72 sampel siswa taman kanak-kanak, terdiri dari 36 anak dari taman kanak-kanak di Bandung, Jawa Barat yang diberi perlakuan strategi pembelajaran penemuan dan 36 anak dari taman kanak-kanak di Kabupaten Bandung Barat yang diberi perlakuan strategi pembelajaran inquiry. Data diperoleh menggunakan checklist lembar observasi keterampilan matematika awal anak taman kanak-kanak. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran penemuan lebih baik daripada strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan keterampilan matematika awal siswa taman kanak-kanak. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan sebesar 111,63 dan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry sebesar 101,96, dengan nilai t-hitung sebesar 5,551 pada tingkat signifikansi 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry.
Terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran inquiry.Strategi pembelajaran penemuan lebih efektif daripada strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan skor keterampilan matematika awal anak taman kanak-kanak.Oleh karena itu, pendidik taman kanak-kanak disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran penemuan dalam proses pembelajaran matematika awal untuk memaksimalkan perkembangan kognitif anak.
Penelitian selanjutnya dapat menguji apakah kombinasi strategi penemuan dan inquiry, yang disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing anak, dapat menghasilkan peningkatan keterampilan matematika awal yang lebih besar dibandingkan hanya menggunakan salah satu strategi saja. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung pembelajaran matematika awal di rumah, terutama bagaimana keyakinan dan interaksi harian orang tua memengaruhi perkembangan keterampilan matematika anak yang belajar melalui strategi penemuan. Terakhir, penelitian bisa mengamati dampak jangka panjang dari strategi penemuan terhadap kemampuan matematika anak ketika mereka memasuki sekolah dasar, apakah keunggulan yang terlihat di taman kanak-kanak tetap bertahan atau justru menurun seiring waktu, serta bagaimana faktor lingkungan sekolah dan kualitas guru memengaruhi kelangsungan efektivitas strategi ini.
| File size | 202.98 KB |
| Pages | 4 |
| Short Link | https://juris.id/p-5V |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Diharapkan temuan ini memberi solusi pemanfaatan limbah pertanian sekaligus mengurangi tekanan terhadap hutan. Kulit pisang dapat dijadikan bahan bakuDiharapkan temuan ini memberi solusi pemanfaatan limbah pertanian sekaligus mengurangi tekanan terhadap hutan. Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris terbagi menjadi empat aspek: tantangan dari guru (keterbatasan materi ajar,Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris terbagi menjadi empat aspek: tantangan dari guru (keterbatasan materi ajar,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang valid, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan memiliki karakteristik sesuaiOleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang valid, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan memiliki karakteristik sesuai
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guruPeningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guru
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangiStudi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sakra. Sampel dipilih secara clusterRancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sakra. Sampel dipilih secara cluster
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, feminisasi profesi guru sekolah dasar di Bangladesh merupakan hasil proses historis-sosial yang melibatkan ketidakadilan gender pada dimensiKesimpulannya, feminisasi profesi guru sekolah dasar di Bangladesh merupakan hasil proses historis-sosial yang melibatkan ketidakadilan gender pada dimensi
Useful /
IPBIPB Daur ulang air limbah merupakan salah satu kriteria inovasi berkelanjutan di tingkat kampus. Pemanfaatan kembali air dari sistem saluran pembuangan untukDaur ulang air limbah merupakan salah satu kriteria inovasi berkelanjutan di tingkat kampus. Pemanfaatan kembali air dari sistem saluran pembuangan untuk
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penggunaan perangkat digital seperti tablet dan kelas virtual berdampak positif terhadap hasil belajar siswa,Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penggunaan perangkat digital seperti tablet dan kelas virtual berdampak positif terhadap hasil belajar siswa,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kadar cangkang di atas 10% menyebabkan penurunan kuat tekan akibat kelebihan kalsium karbonat. Pemanfaatan limbah cangkang telur dapat mengurangiPeningkatan kadar cangkang di atas 10% menyebabkan penurunan kuat tekan akibat kelebihan kalsium karbonat. Pemanfaatan limbah cangkang telur dapat mengurangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studiDari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studi