STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Mahasiswa dapat melukis dengan mengembangkan ide-ide melalui pembelajaran deduktif dan konstruktif. Mata kuliah melukis merupakan mata kuliah yang identik dengan pembelajaran keterampilan melukis. Penguasaan teknik melukis didasarkan pada bakat individu dalam proses pembelajaran melukis. Melukis yang baik menjadi kepuasan bagi pelukis. Mahasiswa diharuskan memiliki jiwa kreativitas dan mengenal diri sebagai individu yang utuh dalam kehidupannya. Untuk menumbuhkan kesadaran baru mengenai ide karya mereka, diperlukan sebuah model pembelajaran. Dengan model pembelajaran deduktif dan konstruktif yang memberikan ruang bagi setiap individu untuk tumbuh dan mengembangkan diri dalam belajar melukis, model ini dikembangkan menjadi lebih baik, lebih efektif, dan terstruktur tanpa mengurangi kekuatan ekspresi dalam pembuatan lukisan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Model Dick and Carey dan metode penelitian menggunakan model Borg and Gall. Hasil penelitian berupa model pengembangan pembelajaran melukis yang dapat meningkatkan minat, peringkat, dan wawasan dalam bidang melukis.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan model pembelajaran serta produk materi pembelajaran melukis yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar pada mata kuliah seni rupa, karena dilengkapi dengan manual dosen dan panduan mahasiswa.Model tersebut memberikan pemahaman tentang realitas sosial‑kultural serta mengintegrasikan konsep, teknik, dan metodologi melukis, sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai dan selaras dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Dengan penggunaan materi belajar yang terstruktur dan evaluasi formatif, model ini diharapkan dapat memperbaiki kompetensi mahasiswa dan menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum seni di masa depan.
Sebagai tindak lanjut, perlu dilakukan studi eksperimental yang membandingkan efektivitas Model Instruksional Pengembangan Melukis dengan model pembelajaran tradisional di beberapa institusi seni tinggi, guna mengukur peningkatan kreativitas, motivasi, dan pencapaian kompetensi mahasiswa. Selanjutnya, penelitian dapat menyelidiki integrasi teknologi digital, seperti realitas virtual atau aplikasi simulasi kuas, ke dalam model yang ada, untuk mengetahui dampaknya terhadap pemahaman teknik melukis dan ekspresi artistik. Selain itu, penelitian longitudinal selama tiga sampai lima tahun diperlukan untuk melacak perkembangan kemampuan konseptual dan estetika mahasiswa yang menggunakan model ini, serta hubungannya dengan persepsi mereka terhadap realitas sosial‑kultural. Penelitian lain dapat mengeksplorasi adaptasi model untuk mata kuliah seni lain, seperti patung atau desain grafis, untuk menilai fleksibilitas dan penerapan lintas disiplin. Akhirnya, analisis biaya‑manfaat dari implementasi model secara luas dapat memberikan panduan kebijakan bagi perguruan tinggi dalam pengalokasian sumber daya pembelajaran seni.
| File size | 107.09 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-5Z |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan kategori baik, artinya model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkanEvaluasi implementasi model instruksional menunjukkan kategori baik, artinya model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasiMetode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris terbagi menjadi empat aspek: tantangan dari guru (keterbatasan materi ajar,Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris terbagi menjadi empat aspek: tantangan dari guru (keterbatasan materi ajar,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis ketuntasan belajar menunjukkan 75% mahasiswa tuntas setelah menggunakan bahan ajar, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 (33,33%) menunjukkan peningkatanAnalisis ketuntasan belajar menunjukkan 75% mahasiswa tuntas setelah menggunakan bahan ajar, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 (33,33%) menunjukkan peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Model pembelajaranModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Model pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Melalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harianMelalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis danSampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, feminisasi profesi guru sekolah dasar di Bangladesh merupakan hasil proses historis-sosial yang melibatkan ketidakadilan gender pada dimensiKesimpulannya, feminisasi profesi guru sekolah dasar di Bangladesh merupakan hasil proses historis-sosial yang melibatkan ketidakadilan gender pada dimensi
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuanKesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan matematika awal antara kelompok anak yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranInstrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar. Penerapan modelModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar. Penerapan model
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi cerita atau esensi dari legenda Lancang Kuning guna mengidentifikasi nilai-nilai literasi ilmiah yang dapatPenelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi cerita atau esensi dari legenda Lancang Kuning guna mengidentifikasi nilai-nilai literasi ilmiah yang dapat