STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja beton yang menggunakan cangkang telur ayam (chicken eggshell) sebagai pengganti sebagian semen. Cangkang telur dikumpulkan dari pasar lokal, dicuci, dikeringkan, dan digiling menjadi powder sebelum digunakan. Variasi penggantian semen adalah 0%, 5%, 10%, dan 15% dari volume semen. Beton dicetak dengan rasio air-semen 0,5 dan diuji kuat tekan pada umur 7, 14, dan 28 hari. Hasil menunjukkan bahwa penggantian semen hingga 10% masih memenuhi nilai kuat tekan beton normal. Difraksi sinar-X menunjukkan bahwa cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang tinggi yang dapat berperan sebagai filler. Scanning Electron Microscopy menampakkan struktur mikro yang lebih kompak pada beton dengan 10% cangkang telur. Penelitian ini memberikan solusi pemanfaatan limbah organik menjadi bahan konstruksi yang berkelanjutan.
Beton dengan 10% cangkang telur ayam mencapai kuat tekan 28,3 MPa, memenuhi syarat beton normal.Peningkatan kadar cangkang di atas 10% menyebabkan penurunan kuat tekan akibat kelebihan kalsium karbonat.Pemanfaatan limbah cangkang telur dapat mengurangi emisi COâ‚‚ dari produksi semen sebesar 8%.
Bila beton ramah lingkungan ini menarik, peneliti bisa mengeksplorasi bagaimana campuran 10% cangkang telur bekerja pada beton bertulang yang menahan beban gempa, apakah tulangan masih tertanam kuat. Selanjutnya, kita bisa membandingkan cangkang telur dengan serbuk cangkang kerang atau siput untuk melihat mana yang paling kuat dan tahan lama, sehingga industri memiliki pilihan limah lebih luas. Terakhir, perlu diuji apakah beton ini tetap aman setelah 10 tahun terkena hujan asam atau air laut, karena kalsium karbonat bisa larut; kalau hasilnya baik, daerah pesisin pun bisa menggunakannya untuk bangunan tahan korosi.
| File size | 263.76 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-5T |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasiMetode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasiMetode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan temuan, tantangan tersebutPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan temuan, tantangan tersebut
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Program Studi Kewirausahaan STIM Shanti Bhuana belum memiliki bahan ajar yang merepresentasikan karakteristik institusi, yaitu ketahanan nasional dan budayaProgram Studi Kewirausahaan STIM Shanti Bhuana belum memiliki bahan ajar yang merepresentasikan karakteristik institusi, yaitu ketahanan nasional dan budaya
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. PeningkatanModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tinjauan deskriptif kritis ini mengungkap bagaimana status pendapatan dalam rumah tangga membentuk pengalaman kerja maskulin dan feminin, serta bagaimanaTinjauan deskriptif kritis ini mengungkap bagaimana status pendapatan dalam rumah tangga membentuk pengalaman kerja maskulin dan feminin, serta bagaimana
Useful /
IPBIPB Kualitas effluent yang diharapkan dari proses pengolahan adalah TDS 278 mg/L; TSS 1,3 mg/L; Kekeruhan 0,17 NTU; BOD5 0,63 mg/L; COD 6,12 mg/L; Fosfat totalKualitas effluent yang diharapkan dari proses pengolahan adalah TDS 278 mg/L; TSS 1,3 mg/L; Kekeruhan 0,17 NTU; BOD5 0,63 mg/L; COD 6,12 mg/L; Fosfat total
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkanModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar. Penerapan modelModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar. Penerapan model
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Karakterisasi SEM memperlihatkan permukaan kertas lebih halus dan serat lebih terpisah dibandingkan metode konvensional. Analisis FTIR menunjukkan gugusKarakterisasi SEM memperlihatkan permukaan kertas lebih halus dan serat lebih terpisah dibandingkan metode konvensional. Analisis FTIR menunjukkan gugus