STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Pengajaran bahasa Inggris bukanlah pekerjaan yang mudah dan menjadi tantangan tersendiri bagi guru SMP di Kabupaten Banjarnegara yang terletak di daerah pegunungan dengan mayoritas penduduk yang gemar menggunakan bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pengajaran serta solusi atau rekomendasi yang mereka ajukan. Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten Banjarnegara yang dipilih secara purposive dan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris terbagi menjadi empat aspek: tantangan dari guru (keterbatasan materi ajar, desain pembelajaran, manajemen kelas, keterampilan TIK, beban administrasi, beban kerja, dan penurunan daya ingat); tantangan dari siswa (kekurangan kosakata, menurunnya motivasi, dan kenakalan remaja); tantangan dari sekolah (keterbatasan fasilitas seperti kamus, proyektor, dan laboratorium bahasa); serta tantangan dari orang tua (latar belakang pendidikan rendah dan visi masa depan yang terbatas). Penelitian ini juga menawarkan tiga rekomendasi, yaitu: guru hendaknya menyusun kontrak pembelajaran di awal semester; kepala sekolah mengirim guru untuk mengikuti pertemuan MGMP dan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; serta sekolah secara berkala memberikan motivasi kepada siswa dan orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas.Berdasarkan temuan, tantangan tersebut tidak hanya berasal dari sisi guru, tetapi juga dari sekolah, siswa, dan orang tua.Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan guna mencapai penyelenggaraan pendidikan yang optimal bagi siswa.
Pertama, perlu dilakukan penelitian eksperimen mengenai pengaruh implementasi kontrak pembelajaran antara guru dan siswa pada awal semester terhadap motivasi, partisipasi, dan pencapaian kompetensi bahasa Inggris siswa di sekolah menengah pertama di wilayah pegunungan; penelitian ini dapat menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen untuk membandingkan kelas dengan dan tanpa kontrak pembelajaran. Kedua, sebuah studi longitudinal dapat mengeksplorasi bagaimana program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan keikutsertaan menghadiri pertemuan MGMP berkontribusi pada peningkatan keterampilan TIK dan strategi pengelolaan kelas guru bahasa Inggris, serta dampaknya terhadap efektivitas pengajaran. Ketiga, riset tindakan kolaboratif dapat dirancang untuk melibatkan pihak sekolah, guru, dan orang tua dalam merancang dan menerapkan kegiatan motivasi periodik, dengan tujuan meneliti bagaimana pola komunikasi dan dukungan orang tua memengaruhi sikap serta perilaku belajar siswa dalam pelajaran bahasa Inggris; model ini juga dapat dikaji keberlanjutannya untuk mengatasi perbedaan latar belakang pendidikan orang tua. Ketiga proposal penelitian ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran bahasa Inggris di SMP daerah terpencil tanpa menambah variabel di luar konteks yang telah diteliti.
| File size | 241.08 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-5D |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Terakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahuiTerakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahui
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaranHasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas berkualitas melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan sifat fisik dan morfologiKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas berkualitas melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan sifat fisik dan morfologi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis ketuntasan belajar menunjukkan 75% mahasiswa tuntas setelah menggunakan bahan ajar, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 (33,33%) menunjukkan peningkatanAnalisis ketuntasan belajar menunjukkan 75% mahasiswa tuntas setelah menggunakan bahan ajar, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 (33,33%) menunjukkan peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest control group design digunakan terhadap 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tesRancangan kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest control group design digunakan terhadap 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Diharapkan hasil studi ini dapat mengubah pola pikir berbasiskan gender di kalangan pembuat kebijakan maupun individu, sehingga pengajaran dasar dapatDiharapkan hasil studi ini dapat mengubah pola pikir berbasiskan gender di kalangan pembuat kebijakan maupun individu, sehingga pengajaran dasar dapat
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Implementasi teknologi pendidikan efektif meningkatkan kualitas belajar siswa di sekolah menengah, terutama di daerah dengan sumber daya terbatas. PenggunaanImplementasi teknologi pendidikan efektif meningkatkan kualitas belajar siswa di sekolah menengah, terutama di daerah dengan sumber daya terbatas. Penggunaan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh dampak positif dari media flash cardboard, antara lain meningkatnya rasa percaya diri berbicara diHasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh dampak positif dari media flash cardboard, antara lain meningkatnya rasa percaya diri berbicara di
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuanSampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melestarikan keberadaan budaya lokal di tengah popularitas budaya Inggris dengan mengembangkan buku yangOleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melestarikan keberadaan budaya lokal di tengah popularitas budaya Inggris dengan mengembangkan buku yang