STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan peran dominan teknologi, bidang pendidikan juga mengalami dampak signifikan sehingga diperlukan optimalisasi media pembelajaran dan peningkatan evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner kepada 39 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta memerlukan sinergi konsisten antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator. Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan dalam perkuliahan Ekonomi Sumber Daya masih kurang optimal, menandakan fasilitas dan infrastruktur belum dimanfaatkan sepenuhnya. Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan kategori baik, artinya model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar sebagai dasar menghadapi era revolusi industri 4.0.
Pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning efektif karena perencanaan yang matang, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta kolaborasi terpadu antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator.Meskipun demikian, penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan masih belum optimal, yang mengindikasikan pemanfaatan fasilitas dan infrastruktur belum maksimal.Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan hasil kategori baik, menandakan model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar dalam menghadapi era revolusi industri 4.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji secara mendalam strategi pengembangan modul pelatihan interaktif bagi dosen dan tenaga pendukung dalam memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur e-learning pada perkuliahan Ekonomi Sumber Daya, misalnya melalui pendekatan studi kasus atau eksperimen terkontrol untuk mengevaluasi dampak pelatihan tersebut terhadap kualitas penyampaian materi dan keterampilan digital dosen. Selain itu, perlu dilaksanakan studi eksperimental yang meneliti pengaruh elemen desain pembelajaran yang mempertimbangkan dimensi emosional mahasiswa dalam e-learning Ekonomi Sumber Daya, dengan fokus pada bagaimana variasi intervensi afektif seperti pemberian umpan balik personal atau penggunaan multimedia adaptif dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta pemahaman konsep ekonomi. Lebih lanjut, penelitian dapat diarahkan pada perancangan dan evaluasi algoritma adaptive learning untuk mempersonalisasi jalur pembelajaran mahasiswa berdasarkan karakteristik individu seperti gaya belajar, tingkat kemampuan awal, dan kecepatan belajar, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Ketiga ide penelitian ini sebaiknya diuji dalam konteks implementasi nyata menggunakan metode campuran—yang menggabungkan wawancara mendalam, survei kuantitatif, dan analisis log data—agar diperoleh gambaran komprehensif mengenai tantangan teknis, faktor pendukung, serta strategi pengoptimalan e-learning di lingkungan universitas. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengamati perkembangan jangka panjang penguasaan materi dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning Ekonomi Sumber Daya dari satu semester ke semester berikutnya.
| File size | 210.8 KB |
| Pages | 6 |
| Short Link | https://juris.id/p-5G |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini memberikan rekomendasi awal untuk penerapan praktik pertanian adaptif dan diversifikasi tanaman pangan. Analisis menunjukkan perubahan iklimPenelitian ini memberikan rekomendasi awal untuk penerapan praktik pertanian adaptif dan diversifikasi tanaman pangan. Analisis menunjukkan perubahan iklim
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas berkualitas melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan sifat fisik dan morfologiKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas berkualitas melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan sifat fisik dan morfologi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pengajaran serta solusi atau rekomendasi yang mereka ajukan.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam proses pengajaran serta solusi atau rekomendasi yang mereka ajukan.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Program Studi Kewirausahaan STIM Shanti Bhuana belum memiliki bahan ajar yang merepresentasikan karakteristik institusi, yaitu ketahanan nasional dan budayaProgram Studi Kewirausahaan STIM Shanti Bhuana belum memiliki bahan ajar yang merepresentasikan karakteristik institusi, yaitu ketahanan nasional dan budaya
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. PeningkatanModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangiStudi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sakra. Sampel dipilih secara clusterRancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sakra. Sampel dipilih secara cluster
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dengan penggunaan lensa gender, penelitian ini mendasarkan analisis pada kajian literatur, dokumen kebijakan, dan pedoman di mana konsep “pengajaranDengan penggunaan lensa gender, penelitian ini mendasarkan analisis pada kajian literatur, dokumen kebijakan, dan pedoman di mana konsep “pengajaran
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengembangkan kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah dasar.Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengembangkan kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah dasar.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penggunaan kulit pisang dapat mengurangi limbah pertanian dan menekan penebangan pohon. Kertas berkualitas tinggi berhasil dibuat dari limbah kulit pisangPenggunaan kulit pisang dapat mengurangi limbah pertanian dan menekan penebangan pohon. Kertas berkualitas tinggi berhasil dibuat dari limbah kulit pisang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa sejak zaman dahulu, aspek-aspek literasi ilmiah telah diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka melalui ceritaKesimpulan penelitian menyatakan bahwa sejak zaman dahulu, aspek-aspek literasi ilmiah telah diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka melalui cerita