STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi cerita atau esensi dari legenda Lancang Kuning guna mengidentifikasi nilai-nilai literasi ilmiah yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Literasi ilmiah merupakan pemahaman tentang sains dan penerapannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai literasi ilmiah terdapat dalam teks legenda Lancang Kuning, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui pendekatan tematik. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa sejak zaman dahulu, aspek-aspek literasi ilmiah telah diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka melalui cerita rakyat dan hal-hal terkait budaya.
Legenda Lancang Kuning mengandung nilai-nilai literasi ilmiah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti pemahaman tentang pasang surut air laut dan perubahan hormon selama kehamilan, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.Penerapan cerita rakyat sebagai sumber belajar memungkinkan siswa memahami konsep sains melalui konteks budaya lokal yang dekat dengan pengalaman mereka.Pembelajaran berbasis folklore tidak hanya melestarikan kekayaan budaya, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah siswa sejak usia dini.
Penelitian selanjutnya dapat menguji sejauh mana integrasi legenda Lancang Kuning dalam kurikulum sekolah dasar benar-benar meningkatkan pemahaman konsep sains siswa, misalnya dengan merancang modul pembelajaran berbasis cerita dan mengukur peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah implementasi. Selain itu, perlu dikembangkan studi tentang bagaimana peran orang tua dan komunitas lokal dalam memperkuat pembelajaran berbasis folklore, apakah mereka mampu menjadi mitra aktif dalam memperkenalkan nilai-nilai ilmiah dari cerita rakyat di rumah. Terakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas penggunaan berbagai cerita rakyat dari daerah berbeda di Riau—seperti Batang Tuaka atau Batu Belah Batu Bertangkup—dalam mengajarkan literasi ilmiah, untuk menentukan faktor apa yang membuat suatu cerita lebih mudah diadaptasi ke dalam pembelajaran sains, sehingga dapat membangun kerangka umum pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal yang lebih sistematis dan berkelanjutan.
| File size | 328.55 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (p=0,000) dan self-confidenceHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (p=0,000) dan self-confidence
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasiMetode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIMPengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIM
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guruPeningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guru
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuanSampel dipilih secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes kemampuan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Siswa diminta untuk membaca Buku Kuliner Kalimantan Barat dan membagikan ide-ide mereka tentang apa yang baru saja mereka baca. Selain itu, buku ini dievaluasiSiswa diminta untuk membaca Buku Kuliner Kalimantan Barat dan membagikan ide-ide mereka tentang apa yang baru saja mereka baca. Selain itu, buku ini dievaluasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Berdasarkan temuan, tantangan tersebut tidak hanya berasal dari sisi guru, tetapi juga dari sekolah, siswa, dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan tersebut,Berdasarkan temuan, tantangan tersebut tidak hanya berasal dari sisi guru, tetapi juga dari sekolah, siswa, dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan tersebut,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, paparan konten yang bersifat stimulatif justru berpotensi mengurangi perhatian anak pada aktivitas edukatif tradisional. Studi mengindikasi mediaNamun, paparan konten yang bersifat stimulatif justru berpotensi mengurangi perhatian anak pada aktivitas edukatif tradisional. Studi mengindikasi media