STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran Pendidikan dan Pelatihan Vokasional Teknik (TVET) serta Teaching Factory (TEFA) terhadap pengembangan sosial, ekonomi, dan pendidikan di suatu negara. Penelitian dilakukan melalui kajian literatur terhadap sejumlah referensi dan hasil penelitian relevan dari negara-negara Eropa, Amerika Serikat (AS), Afrika, dan Asia, khususnya Indonesia. Hasil penelitian disajikan dalam Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh masukan dan kritik guna memperbaiki hasil penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa: (1) TVET memiliki peran utama dan penting dalam bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan suatu negara; (2) dampak TVET di Nigeria dan negara berkembang lainnya secara umum belum mengesankan; (3) penerapan TEFA memberikan efek positif dan signifikan terhadap siap kerja siswa vokasi; dan (4) penerapan TEFA dapat berkontribusi pada pengembangan sosial, ekonomi, dan pendidikan suatu negara.
Penelitian menunjukkan bahwa TVET memainkan peran utama dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri serta berkontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial, ekonomi, dan teknis suatu negara, meskipun dampaknya di Nigeria belum memuaskan karena masalah jaminan kualitas.Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6% peningkatan, dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.Secara umum, implementasi TEFA dinilai berada pada tingkat yang tepat, baik, dan memuaskan, meskipun masih diperlukan perbaikan dalam manajemen dan kualitas jaminan.
Bagaimana efektivitas integrasi model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) dengan pendekatan pembelajaran berbasis penemuan, problem‑based, dan project‑based dalam meningkatkan kompetensi soft skill serta keterampilan wirausaha siswa vokasi? Apakah penerapan sistem jaminan kualitas (Quality Assurance) yang terstandardisasi pada program TVET dapat meningkatkan dampak sosial‑ekonomi di negara berkembang, khususnya di Nigeria, dibandingkan dengan model yang belum terintegrasi? Sejauh mana model kemitraan antara institusi pendidikan vokasi, industri, dan pemerintah mempengaruhi keberlanjutan dan peningkatan mutu fasilitas serta pendanaan TVET, serta bagaimana mekanisme kolaboratif tersebut dapat dioptimalkan? Penelitian longitudinal yang melibatkan beberapa perguruan tinggi vokasi dan perusahaan manufaktur dapat dianalisis untuk mengukur kontribusi TEFA terhadap pertumbuhan produk manufaktur nasional, misalnya persentase kontribusi terhadap PDB, serta identifikasi faktor keberhasilan dan kendala implementasinya. Selain itu, studi komparatif antar negara dengan tingkat adopsi TEFA yang berbeda dapat memberikan insight tentang praktik terbaik dan kebijakan yang mendukung peningkatan kesiapan kerja serta kontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Metode penelitian campuran dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur hasil belajar dan kualitatif untuk mengevaluasi persepsi pemangku kepentingan dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai efektivitas kebijakan dan praktik TEFA serta TVET di konteks lokal.
| File size | 366.06 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-5N |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang (Musa paradisiaca) sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. MetodePenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang (Musa paradisiaca) sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di KabupatenMetode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIMPengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIM
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy, kemudian dianalisis secara non-parametrik. Hasil menunjukkanData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy, kemudian dianalisis secara non-parametrik. Hasil menunjukkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, paparan konten yang bersifat stimulatif justru berpotensi mengurangi perhatian anak pada aktivitas edukatif tradisional. Studi mengindikasi mediaNamun, paparan konten yang bersifat stimulatif justru berpotensi mengurangi perhatian anak pada aktivitas edukatif tradisional. Studi mengindikasi media
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Artikel tinjauan ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana struktur negara, pasar, dan keluarga di Bangladesh mendorong proses feminisasi profesi guru sekolahArtikel tinjauan ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana struktur negara, pasar, dan keluarga di Bangladesh mendorong proses feminisasi profesi guru sekolah
Useful /
IPBIPB Konfigurasi unit WWTP yang mampu mengolah limbah dari saluran pembuangan di kompleks bangunan Universitas Pertamina terdiri atas tangki koleksi, HorizontalKonfigurasi unit WWTP yang mampu mengolah limbah dari saluran pembuangan di kompleks bangunan Universitas Pertamina terdiri atas tangki koleksi, Horizontal
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengembangkan kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah dasar.Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengembangkan kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah dasar.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi substitusi serat kayu. Proses organosolv menggunakan etanol 60 % sebagai pelarut denganKulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi substitusi serat kayu. Proses organosolv menggunakan etanol 60 % sebagai pelarut dengan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dengan menggunakan pendekatan ADDIE, penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa mahasiswa sarjana yang sedang belajar di universitas negeri di Indonesia.Dengan menggunakan pendekatan ADDIE, penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa mahasiswa sarjana yang sedang belajar di universitas negeri di Indonesia.