STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran Pendidikan dan Pelatihan Vokasional Teknik (TVET) serta Teaching Factory (TEFA) terhadap pengembangan sosial, ekonomi, dan pendidikan di suatu negara. Penelitian dilakukan melalui kajian literatur terhadap sejumlah referensi dan hasil penelitian relevan dari negara-negara Eropa, Amerika Serikat (AS), Afrika, dan Asia, khususnya Indonesia. Hasil penelitian disajikan dalam Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh masukan dan kritik guna memperbaiki hasil penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa: (1) TVET memiliki peran utama dan penting dalam bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan suatu negara; (2) dampak TVET di Nigeria dan negara berkembang lainnya secara umum belum mengesankan; (3) penerapan TEFA memberikan efek positif dan signifikan terhadap siap kerja siswa vokasi; dan (4) penerapan TEFA dapat berkontribusi pada pengembangan sosial, ekonomi, dan pendidikan suatu negara.
Penelitian menunjukkan bahwa TVET memainkan peran utama dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri serta berkontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial, ekonomi, dan teknis suatu negara, meskipun dampaknya di Nigeria belum memuaskan karena masalah jaminan kualitas.Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6% peningkatan, dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.Secara umum, implementasi TEFA dinilai berada pada tingkat yang tepat, baik, dan memuaskan, meskipun masih diperlukan perbaikan dalam manajemen dan kualitas jaminan.
Bagaimana efektivitas integrasi model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) dengan pendekatan pembelajaran berbasis penemuan, problem‑based, dan project‑based dalam meningkatkan kompetensi soft skill serta keterampilan wirausaha siswa vokasi? Apakah penerapan sistem jaminan kualitas (Quality Assurance) yang terstandardisasi pada program TVET dapat meningkatkan dampak sosial‑ekonomi di negara berkembang, khususnya di Nigeria, dibandingkan dengan model yang belum terintegrasi? Sejauh mana model kemitraan antara institusi pendidikan vokasi, industri, dan pemerintah mempengaruhi keberlanjutan dan peningkatan mutu fasilitas serta pendanaan TVET, serta bagaimana mekanisme kolaboratif tersebut dapat dioptimalkan? Penelitian longitudinal yang melibatkan beberapa perguruan tinggi vokasi dan perusahaan manufaktur dapat dianalisis untuk mengukur kontribusi TEFA terhadap pertumbuhan produk manufaktur nasional, misalnya persentase kontribusi terhadap PDB, serta identifikasi faktor keberhasilan dan kendala implementasinya. Selain itu, studi komparatif antar negara dengan tingkat adopsi TEFA yang berbeda dapat memberikan insight tentang praktik terbaik dan kebijakan yang mendukung peningkatan kesiapan kerja serta kontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Metode penelitian campuran dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur hasil belajar dan kualitatif untuk mengevaluasi persepsi pemangku kepentingan dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai efektivitas kebijakan dan praktik TEFA serta TVET di konteks lokal.
| File size | 366.06 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Beton dengan 10% cangkang telur ayam mencapai kuat tekan 28,3 MPa, memenuhi syarat beton normal. Peningkatan kadar cangkang di atas 10% menyebabkan penurunanBeton dengan 10% cangkang telur ayam mencapai kuat tekan 28,3 MPa, memenuhi syarat beton normal. Peningkatan kadar cangkang di atas 10% menyebabkan penurunan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-confidence, kemudian dianalisis dengan uji-t dan MANOVA. Hasil menunjukkanData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-confidence, kemudian dianalisis dengan uji-t dan MANOVA. Hasil menunjukkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Uji biodegradabilitas membuktikan kertas terurai 85% dalam tanah selama 21 hari. Produk ini berpotensi menjadi alternatif kertas daur ulang yang ramahUji biodegradabilitas membuktikan kertas terurai 85% dalam tanah selama 21 hari. Produk ini berpotensi menjadi alternatif kertas daur ulang yang ramah
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penggunaan alat digital memungkinkan pendidik dan siswa berinteraksi secara lebih dinamis, sehingga menyampaikan materi pelajaran dengan lebih menarik.Penggunaan alat digital memungkinkan pendidik dan siswa berinteraksi secara lebih dinamis, sehingga menyampaikan materi pelajaran dengan lebih menarik.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pembaca merespons buku ini secara positif karena dianggap mudah dipahami, menarik, dan informatif. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam generalisasiPembaca merespons buku ini secara positif karena dianggap mudah dipahami, menarik, dan informatif. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam generalisasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai literasiMetode yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai literasi