STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar. Metode kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group digunakan pada 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-confidence, kemudian dianalisis dengan uji-t dan MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (p=0,000) dan self-confidence siswa (p=0,001) dibandingkan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengembangkan kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah dasar.

Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa sekolah dasar.Penerapan model ini memerlukan perencanaan masalah kontekstual dan pembimbingan guru yang optimal agar siswa terbiasa berpikir kritis dan percaya diri.

Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa jika diterapkan secara daring dengan bantuan platform interaktif? Apakah efektivitas model ini tetap terjaga untuk topik matematika yang lebih kompleks seperti pecahan atau geometri ruang di kelas VI? Dan bagaimana jika penelitian lanjutan mengkombinasikan model ini dengan pendekatan STEM untuk melihat dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, self-confidence, serta minak belajar siswa secara simultan?.

File size231.98 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test