STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan sistem e-learning dalam proses pengajaran dan pembelajaran di perguruan tinggi selama masa pandemi coronavirus. Melalui metode mixed-method dengan 120 partisipan dari tiga universitas di Indonesia, ditemukan bahwa 68% mahasiswa mengalami penurunan motivasi belajar meski 52% merasa keterampilan digital mereka meningkat. Dari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studi menunjukkan adanya kebutuhan inovasi dalam desain kurikulum digital yang lebih menyesuaikan dengan preferensi belajar generasi milenial.

Penelitian membuktikan adanya hubungan signifikan antara kualitas infrastruktur digital dan indeks kepuasan belajar mahasiswa.Dosen perlu dilengkapi training tambahan mengenai teknologi edukasi untuk mengatasi hambatan yang diidentifikasi.Rekomendasi utama mencakup pengembangan platform e-learning modular serta integrasi aspek psikologis dalam desain pembelajaran virtual.

Penelitian lanjutan perlu mengeksplorasi bagaimana model blended learning dapat dioptimalkan untuk menggabungkan fleksibilitas e-learning dengan sisi personal dari pembelajaran tatap muka. Studi lebih lanjut juga disarankan untuk memetakan korelasi antara kebiasaan penggunaan internet dan efektivitas belajar jarak jauh, serta mengembangkan framework penilaian berbasis AI untuk membantu dosen dalam memantau perkembangan kegiatan belajar siswa. Pendekatan lain yang menarik adalah mencari strategi untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam ruang kelas virtual yang tidak hanya mempertimbangkan aspek teknis tapi juga faktor sosial emosional.

File size576.25 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test