STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan sistem e-learning dalam proses pengajaran dan pembelajaran di perguruan tinggi selama masa pandemi coronavirus. Melalui metode mixed-method dengan 120 partisipan dari tiga universitas di Indonesia, ditemukan bahwa 68% mahasiswa mengalami penurunan motivasi belajar meski 52% merasa keterampilan digital mereka meningkat. Dari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studi menunjukkan adanya kebutuhan inovasi dalam desain kurikulum digital yang lebih menyesuaikan dengan preferensi belajar generasi milenial.
Penelitian membuktikan adanya hubungan signifikan antara kualitas infrastruktur digital dan indeks kepuasan belajar mahasiswa.Dosen perlu dilengkapi training tambahan mengenai teknologi edukasi untuk mengatasi hambatan yang diidentifikasi.Rekomendasi utama mencakup pengembangan platform e-learning modular serta integrasi aspek psikologis dalam desain pembelajaran virtual.
Penelitian lanjutan perlu mengeksplorasi bagaimana model blended learning dapat dioptimalkan untuk menggabungkan fleksibilitas e-learning dengan sisi personal dari pembelajaran tatap muka. Studi lebih lanjut juga disarankan untuk memetakan korelasi antara kebiasaan penggunaan internet dan efektivitas belajar jarak jauh, serta mengembangkan framework penilaian berbasis AI untuk membantu dosen dalam memantau perkembangan kegiatan belajar siswa. Pendekatan lain yang menarik adalah mencari strategi untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam ruang kelas virtual yang tidak hanya mempertimbangkan aspek teknis tapi juga faktor sosial emosional.
| File size | 576.25 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematisHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6%Selain itu, penerapan Teaching Factory (TEFA) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa vokasi, menyumbang sekitar 34,6%
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Buku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. Karena buku ini ditujukan untuk bahan bacaan ekstensif, kami juga memeriksa danBuku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. Karena buku ini ditujukan untuk bahan bacaan ekstensif, kami juga memeriksa dan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesionalHasil menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (ρy1 = 0,369; t = 5,704), motivasi kerja (ρy2 = 0,314; t = 5,377), dan kompetensi profesional
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Difraksi sinar-X menunjukkan bahwa cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang tinggi yang dapat berperan sebagai filler. Scanning Electron MicroscopyDifraksi sinar-X menunjukkan bahwa cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang tinggi yang dapat berperan sebagai filler. Scanning Electron Microscopy
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian bersifat fenomenologis dengan menggunakan wawancara semi‑terstruktur terhadap sejumlah siswa yang memanfaatkan flash cardboard dalam pembelajaranPenelitian bersifat fenomenologis dengan menggunakan wawancara semi‑terstruktur terhadap sejumlah siswa yang memanfaatkan flash cardboard dalam pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (p=0,000) dan self-confidenceHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (p=0,000) dan self-confidence