STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Flash cardboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk aktivitas berbicara, khususnya dalam proses storytelling. Penggunaan media dalam pembelajaran dianggap sangat penting karena dapat memengaruhi hasil proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa English as a Foreign Language (EFL) setelah belajar storytelling dengan media flash cardboard. Penelitian bersifat fenomenologis dengan menggunakan wawancara semi‑terstruktur terhadap sejumlah siswa yang memanfaatkan flash cardboard dalam pembelajaran storytelling, serta menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh dampak positif dari media flash cardboard, antara lain meningkatnya rasa percaya diri berbicara di depan kelas, dukungan terhadap kelancaran berbicara, serta kemampuan menghasilkan lebih dari 190 kata per menit meskipun belum sempurna dalam intonasi, kosakata, dan tata bahasa. Dengan menggunakan flash cardboard, media ini dapat menjadi metode alternatif dalam pembelajaran speaking karena memaksa siswa berbicara sesuai bahasa target, sehingga dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan kemampuan speaking siswa. Penelitian selanjutnya disarankan menambah responden dengan menguji keterampilan bahasa lain.
Penggunaan flash cardboard terbukti meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara.Media ini mendukung kelancaran berbicara, memungkinkan siswa menghasilkan lebih dari 190 kata per menit meskipun belum sempurna dalam intonasi, kosakata, dan tata bahasa.Flash cardboard dapat menjadi alternatif metode pembelajaran speaking karena memaksa siswa berbicara sesuai bahasa target dan meningkatkan keterampilan bahasa serta kemampuan speaking.
Penelitian selanjutnya dapat memperluas fokus dengan meneliti pengaruh penggunaan flash cardboard terhadap keterampilan bahasa lain, seperti membaca, menulis, dan mendengarkan, pada mahasiswa EFL untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat meningkatkan kompetensi bahasa secara keseluruhan. Selain itu, penting untuk membandingkan efektivitas flash cardboard dengan media digital seperti video interaktif atau aplikasi pembelajaran berbasis smartphone dalam meningkatkan kefasihan berbicara pada berbagai tingkatan kelas, sehingga dapat mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan masing‑masing media. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang memantau motivasi, retensi kosakata, dan perkembangan kemampuan berbicara siswa selama satu semester atau lebih setelah penggunaan flash cardboard dalam kegiatan storytelling dapat memberikan wawasan tentang dampak jangka panjang media ini terhadap pembelajaran bahasa Inggris.
- An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill - International Journal of... ijreeonline.com/article-1-38-en.htmlAn Analysis of Factors Influencing LearnersAo English Speaking Skill International Journal of ijreeonline article 1 38 en html
- Login. required fields marked asterisk journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/4621Login required fields marked asterisk journal uad ac index php EduLearn article view 4621
- A Brief Introduction to Perception | OU | Studies in Literature and Language. brief introduction perception... doi.org/10.3968/10055A Brief Introduction to Perception OU Studies in Literature and Language brief introduction perception doi 10 3968 10055
- Perceptions of Using Social Media as an ELT Tool among EFL Teachers within the Saudi Context | Allam... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/59731Perceptions of Using Social Media as an ELT Tool among EFL Teachers within the Saudi Context Allam ccsenet journal index php elt article view 59731
| File size | 263.84 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Selain itu, perlu dikaji apakah penerapan metode bermain peran yang melibatkan orang tua dalam aktivitas rumah dapat memperkuat transfer nilai anti-korupsiSelain itu, perlu dikaji apakah penerapan metode bermain peran yang melibatkan orang tua dalam aktivitas rumah dapat memperkuat transfer nilai anti-korupsi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Desain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melaluiDesain penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan sampel 241 guru SD yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian menunjukkan bahwa TVET memainkan peran utama dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri serta berkontribusi signifikanPenelitian menunjukkan bahwa TVET memainkan peran utama dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri serta berkontribusi signifikan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih secara cluster random sampling,
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan sebesar 111,63 dan rata-rata skor kelompok yang menggunakanHal ini dibuktikan dengan rata-rata skor kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan sebesar 111,63 dan rata-rata skor kelompok yang menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologiNamun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studiDari sudut pandang dosen, tantangan teknis dan kurangnya interaksi langsung menjadi faktor terbesar yang mengurangi kualitas pembelajaran. Hasil studi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dengan menggunakan pendekatan ADDIE, penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa mahasiswa sarjana yang sedang belajar di universitas negeri di Indonesia.Dengan menggunakan pendekatan ADDIE, penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa mahasiswa sarjana yang sedang belajar di universitas negeri di Indonesia.