STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Flash cardboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk aktivitas berbicara, khususnya dalam proses storytelling. Penggunaan media dalam pembelajaran dianggap sangat penting karena dapat memengaruhi hasil proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa English as a Foreign Language (EFL) setelah belajar storytelling dengan media flash cardboard. Penelitian bersifat fenomenologis dengan menggunakan wawancara semi‑terstruktur terhadap sejumlah siswa yang memanfaatkan flash cardboard dalam pembelajaran storytelling, serta menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh dampak positif dari media flash cardboard, antara lain meningkatnya rasa percaya diri berbicara di depan kelas, dukungan terhadap kelancaran berbicara, serta kemampuan menghasilkan lebih dari 190 kata per menit meskipun belum sempurna dalam intonasi, kosakata, dan tata bahasa. Dengan menggunakan flash cardboard, media ini dapat menjadi metode alternatif dalam pembelajaran speaking karena memaksa siswa berbicara sesuai bahasa target, sehingga dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan kemampuan speaking siswa. Penelitian selanjutnya disarankan menambah responden dengan menguji keterampilan bahasa lain.

Penggunaan flash cardboard terbukti meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara.Media ini mendukung kelancaran berbicara, memungkinkan siswa menghasilkan lebih dari 190 kata per menit meskipun belum sempurna dalam intonasi, kosakata, dan tata bahasa.Flash cardboard dapat menjadi alternatif metode pembelajaran speaking karena memaksa siswa berbicara sesuai bahasa target dan meningkatkan keterampilan bahasa serta kemampuan speaking.

Penelitian selanjutnya dapat memperluas fokus dengan meneliti pengaruh penggunaan flash cardboard terhadap keterampilan bahasa lain, seperti membaca, menulis, dan mendengarkan, pada mahasiswa EFL untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat meningkatkan kompetensi bahasa secara keseluruhan. Selain itu, penting untuk membandingkan efektivitas flash cardboard dengan media digital seperti video interaktif atau aplikasi pembelajaran berbasis smartphone dalam meningkatkan kefasihan berbicara pada berbagai tingkatan kelas, sehingga dapat mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan masing‑masing media. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang memantau motivasi, retensi kosakata, dan perkembangan kemampuan berbicara siswa selama satu semester atau lebih setelah penggunaan flash cardboard dalam kegiatan storytelling dapat memberikan wawasan tentang dampak jangka panjang media ini terhadap pembelajaran bahasa Inggris.

  1. An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill - International Journal of... ijreeonline.com/article-1-38-en.htmlAn Analysis of Factors Influencing LearnersAo English Speaking Skill International Journal of ijreeonline article 1 38 en html
  2. Login. required fields marked asterisk journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/4621Login required fields marked asterisk journal uad ac index php EduLearn article view 4621
  3. A Brief Introduction to Perception | OU | Studies in Literature and Language. brief introduction perception... doi.org/10.3968/10055A Brief Introduction to Perception OU Studies in Literature and Language brief introduction perception doi 10 3968 10055
  4. Perceptions of Using Social Media as an ELT Tool among EFL Teachers within the Saudi Context | Allam... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/59731Perceptions of Using Social Media as an ELT Tool among EFL Teachers within the Saudi Context Allam ccsenet journal index php elt article view 59731
File size263.84 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test