STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar. Rancangan kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest control group design digunakan terhadap 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy, kemudian dianalisis secara non-parametrik. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kedua aspek pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar.

Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa sekolah dasar.Peningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil.Disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan model ini untuk memperkuat literasi numerasi dan keyakinan diri siswa.

Bila hasil ini terbukti kuat, apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan fitur game digital bisa mempertahankan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dalam jangka panjang? Bagaimana jika variabel tambahan seperti metakognisi atau dukungan orang tua dimasukkan untuk melihat apakah efeknya menjadi lebih besar atau justru berbeda untuk kelompok usia lebih muda seperti kelas III? Selain itu, apakah mungkin mengembangkan desain pembelajaran berbasis masalah yang berbasis budaya lokal sehingga konteks cerita soal lebih dekat dengan kehidupan anak-anak di daerah rural, dan apakah hal itu tetap memperlihatkan keuntungan serupa?.

  1. #solving hots problem#solving hots problem
  2. #control group design#control group design
File size364.23 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test