UKIUKI

DIGICATIONDIGICATION

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X IPA yang berasal dari dua kelas di salah satu SMA Negeri di Kota Tasikmalaya. Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes uraian yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL berbantuan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai n-gain sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran juga tergolong positif.

Model Problem Based Learning yang dibantu e-modul secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik suhu dan kalor.Peningkatan tersebut tergolong tinggi berdasarkan nilai n-gain 0,71.Respon peserta didik juga menunjukkan kesan positif terhadap strategi pembelajaran ini.

Bolehkah kita menguji apakah kombinasi PBL berbantuan e-modul juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lain seperti momentum dan impuls? Bagaimana jika kita bandingkan keampuhan PBL berbantuan e-modul dengan strategi STEM-project untuk melatih berpikir kritis pada materi yang sama? Apakah efek positif PBL berbantuan e-modul terhadap berpikir kritis tetap kuat jika penelitian diperluas ke sekolah dengan tingkat kesiapan teknologi yang berbeda?.

  1. HIPERREALITAS DALAM SOCIAL MEDIA (STUDI KASUS: MAKAN CANTIK DI SENOPATI PADA MASYARAKAT PERKOTAAN) |... doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985HIPERREALITAS DALAM SOCIAL MEDIA STUDI KASUS MAKAN CANTIK DI SENOPATI PADA MASYARAKAT PERKOTAAN doi 10 21831 informasi v45i2 7985
  2. TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19... doi.org/10.24235/orasi.v12i1.7936TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID 19 doi 10 24235 orasi v12i1 7936
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size491.54 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test