ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaPendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika di dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dan bertindak siswa berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya sebagai hasil belajar yang meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Motivasi belajar adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo setelah diterapkan pendekatan STEM. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil adalah satu kelas yang dipilih secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik, baik analisis statistik deskriptif maupun statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa setelah diterapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan STEM mengalami peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi tinggi. Motivasi belajar siswa meningkat dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.
Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang terlihat dari peningkatan signifikan pada kategori kemampuan berpikir kritis dari sangat rendah menjadi tinggi.Lebih lanjut, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sama, bergerak dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi setelah penerapan pendekatan STEM.Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan merangsang keterlibatan siswa secara aktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara mendalam, dengan fokus pada jenis masalah yang berbeda dan tingkat kesulitan yang bervariasi. Kedua, penting untuk menginvestigasi peran faktor sosial-emosional, seperti kepercayaan diri dan kolaborasi, dalam memediasi hubungan antara pendekatan STEM dan motivasi belajar siswa. Ketiga, penelitian dapat dikembangkan dengan membandingkan efektivitas pendekatan STEM dengan model pembelajaran lain, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran berbasis inkuiri, untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling optimal. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana pendekatan STEM dapat dimanfaatkan secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era industri 4.0.
- Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa | Jurnal Basicedu. pengaruh kompetensi... doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurnal Basicedu pengaruh kompetensi doi 10 31004 basicedu v4i4 522
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- Motivasi Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring | Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika.... etdci.org/journal/kognitif/article/view/416Motivasi Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring Kognitif Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika etdci journal kognitif article view 416
| File size | 401.32 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-kk |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitasHasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitas
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjanganProgram ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan
ARIPIARIPI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,
UBUB Remaja terpapar media sosial yang masif dan pergaulan intens dengan teman sebaya, sehingga membutuhkan kemampuan memahami fenomena sosial dan komunikasi.Remaja terpapar media sosial yang masif dan pergaulan intens dengan teman sebaya, sehingga membutuhkan kemampuan memahami fenomena sosial dan komunikasi.
UNDIKSHAUNDIKSHA PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalahPBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Masa anak merupakan masa emas perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Pada masa inilah intervensi yang dilakukan dapat efektif danMasa anak merupakan masa emas perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Pada masa inilah intervensi yang dilakukan dapat efektif dan
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Durasi merokok juga menunjukkan hubungan signifikan terhadap daya tahan kardiorespirasi, dengan nilai p=0,007. Selain itu, jenis rokok yang digunakan memilikiDurasi merokok juga menunjukkan hubungan signifikan terhadap daya tahan kardiorespirasi, dengan nilai p=0,007. Selain itu, jenis rokok yang digunakan memiliki
UACUAC Penelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dariPenelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi. Kerangka RSD terdiri dari
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPenelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
UMKUMK Sebaliknya, rasio profitabilitas yang lebih tinggi mengurangi risiko krisis keuangan. Temuan ini dapat membantu regulator dan pembuat kebijakan dalam merumuskanSebaliknya, rasio profitabilitas yang lebih tinggi mengurangi risiko krisis keuangan. Temuan ini dapat membantu regulator dan pembuat kebijakan dalam merumuskan
UNIMALUNIMAL Penurunan salinitas berpengaruh signifikan terhadap laju konsumsi oksigen, pertambahan bobot, dan pertumbuhan ikan kerapu lumpur. Salinitas 24 ppt menunjukkanPenurunan salinitas berpengaruh signifikan terhadap laju konsumsi oksigen, pertambahan bobot, dan pertumbuhan ikan kerapu lumpur. Salinitas 24 ppt menunjukkan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Peningkatan aktivitas belajar terlihat dari perubahan persentase pada berbagai kegiatan siswa selama pembelajaran. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatanPeningkatan aktivitas belajar terlihat dari perubahan persentase pada berbagai kegiatan siswa selama pembelajaran. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan