ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaTujuan belajar matematika salah satunya supaya siswa mempunyai keahlian memakai penalaran matematis pada pola serta watak, melaksanakan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, mengumpulkan ide-ide serta informasi ataupun menjabarkan menyimpulkan secara matematis. Penetapan keahlian penalaran selaku tujuan serta visi pendidikan matematika ialah suatu fakta kalau keahlian penalaran sangat berarti perlu dipunyai peserta didik. Strategi yang tepat dalam meningkatkan penalaran matematis dalam belajar matematika dengan menggunakan model Grup Investigasi. Perihal ini dikarenakan dalam model Grup Investigasi menekankan keahlian berpikir siswa buat menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami, mengelola, serta meningkatkan data yang didapat. Dengan terdapatnya model Grup Investigasi diharapkan bisa memperdalam keahlian penalaran matematis dalam belajar matematika.
Dari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutama dalam pokok bahasan induksi matematika.Karena model pembelajaran ini menuntut siswa secara mandiri dalam bereksplorasi mengumpulkan informasi, menelaah informasi dan menyimpulkan informasi guna memahami materi yang dipelajari.Dengan demikian proses ini melatih siswa dalam bernalar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya.Model pembelajaran ini sangat cocok digunakan pada masa pendemi dikarenakan pertemuan tatap muka sangat terbatas sehingga siswa lebih banyak waktu belajar dirumah secara mandiri.
Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan juga bagian saran penelitian lanjutan, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan karakteristik yang berbeda, seperti tingkat kemampuan awal atau gaya belajar yang berbeda. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan materi ajar yang sesuai dengan model pembelajaran grup investigasi, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk menguji efektivitas model pembelajaran grup investigasi dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi induksi matematika, dengan melibatkan kelompok kontrol dan menggunakan desain penelitian eksperimen. Dengan demikian, hasil penelitian dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran yang efektif dan relevan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19 | Kognitif: Jurnal... doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid 19 Kognitif Jurnal doi 10 51574 kognitif v1i2 109
- Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pokok Bahasan... doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.379Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pokok Bahasan doi 10 51574 kognitif v2i1 379
| File size | 323.62 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-ko |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini meneliti bagaimana YouTube dan WhatsApp berfungsi sebagai alat pembelajaran kolaboratif yang saling melengkapi dalam kursus membaca EFL,Penelitian ini meneliti bagaimana YouTube dan WhatsApp berfungsi sebagai alat pembelajaran kolaboratif yang saling melengkapi dalam kursus membaca EFL,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Lecturers emphasized the need for balanced use, combining AI tools with traditional teaching methods, alongside training and clear policies to guide ethicalLecturers emphasized the need for balanced use, combining AI tools with traditional teaching methods, alongside training and clear policies to guide ethical
ETDCIETDCI Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pengembangan e-LKPD melibatkan analisis kurikulum dan materi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pengembangan e-LKPD melibatkan analisis kurikulum dan materi.
ETDCIETDCI Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket danSumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan
ETDCIETDCI Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dan bertindak siswa berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya sebagai hasil belajar yang meliputi interpretasi,Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dan bertindak siswa berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya sebagai hasil belajar yang meliputi interpretasi,
ETDCIETDCI Dalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya serta memberikan penilaian CRI (0-5) sesuai dengan derajat kepercayaannyaDalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya serta memberikan penilaian CRI (0-5) sesuai dengan derajat kepercayaannya
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto denganPenelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto dengan
ETDCIETDCI Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang telah menjadi kelas IX tahun pelajaran 2021/2022 SMP Krida Utama yangSampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 yang telah menjadi kelas IX tahun pelajaran 2021/2022 SMP Krida Utama yang
Useful /
PNBPNB Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama terletak pada hubungan baik dengan seluruh mitra, media, influencer, tamu, dan masyarakat, sedangkanBerdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama terletak pada hubungan baik dengan seluruh mitra, media, influencer, tamu, dan masyarakat, sedangkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI The solutions that students expect include independent practice, a supportive classroom atmosphere, and structured teaching strategies. Hasil penelitianThe solutions that students expect include independent practice, a supportive classroom atmosphere, and structured teaching strategies. Hasil penelitian
UNIDAUNIDA angulata disaring berdasarkan Lipinskis Rule of Five dan sifat ADMET. Docking molekul dilakukan menggunakan protein SOD1 (PDB ID: 5YTO), dan validasi dockingangulata disaring berdasarkan Lipinskis Rule of Five dan sifat ADMET. Docking molekul dilakukan menggunakan protein SOD1 (PDB ID: 5YTO), dan validasi docking
UGMUGM Studi ini tidak menemukan bukti yang mendukung keberadaan efek P/E rendah di pasar saham Indonesia. Analisis tingkat pasar dan portofolio tidak menunjukkanStudi ini tidak menemukan bukti yang mendukung keberadaan efek P/E rendah di pasar saham Indonesia. Analisis tingkat pasar dan portofolio tidak menunjukkan