ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Tujuan belajar matematika salah satunya supaya siswa mempunyai keahlian memakai penalaran matematis pada pola serta watak, melaksanakan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, mengumpulkan ide-ide serta informasi ataupun menjabarkan menyimpulkan secara matematis. Penetapan keahlian penalaran selaku tujuan serta visi pendidikan matematika ialah suatu fakta kalau keahlian penalaran sangat berarti perlu dipunyai peserta didik. Strategi yang tepat dalam meningkatkan penalaran matematis dalam belajar matematika dengan menggunakan model Grup Investigasi. Perihal ini dikarenakan dalam model Grup Investigasi menekankan keahlian berpikir siswa buat menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami, mengelola, serta meningkatkan data yang didapat. Dengan terdapatnya model Grup Investigasi diharapkan bisa memperdalam keahlian penalaran matematis dalam belajar matematika.

Dari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutama dalam pokok bahasan induksi matematika.Karena model pembelajaran ini menuntut siswa secara mandiri dalam bereksplorasi mengumpulkan informasi, menelaah informasi dan menyimpulkan informasi guna memahami materi yang dipelajari.Dengan demikian proses ini melatih siswa dalam bernalar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya.Model pembelajaran ini sangat cocok digunakan pada masa pendemi dikarenakan pertemuan tatap muka sangat terbatas sehingga siswa lebih banyak waktu belajar dirumah secara mandiri.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan juga bagian saran penelitian lanjutan, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan karakteristik yang berbeda, seperti tingkat kemampuan awal atau gaya belajar yang berbeda. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan materi ajar yang sesuai dengan model pembelajaran grup investigasi, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk menguji efektivitas model pembelajaran grup investigasi dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi induksi matematika, dengan melibatkan kelompok kontrol dan menggunakan desain penelitian eksperimen. Dengan demikian, hasil penelitian dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran yang efektif dan relevan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

  1. Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
  2. Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19 | Kognitif: Jurnal... doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid 19 Kognitif Jurnal doi 10 51574 kognitif v1i2 109
  3. Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pokok Bahasan... doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.379Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Pokok Bahasan doi 10 51574 kognitif v2i1 379
  1. #grup investigasi#grup investigasi
Read online
File size323.62 KB
Pages9
Short Linkhttps://juris.id/p-ko
DMCAReport

Related /

ads-block-test