EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas XII IPS 1 MAN Kota Pariaman yang berjumlah 28 orang, yang laki-laki dan 22 orang perempuan. Kemampuan akademik rata-rata sama, dengan latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini di peroleh dengan cara 1) Observasi; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa; (2) Meningkatkan aktifitas belajar siswa disebabkan oleh meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa dan juga berimplikasi logis terhadap meningkatnya pemahaman siswa untuk menyerap materi pembelajaran; (3) Penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran setiap pertemuan materi pelajaran Matematika dalam Matematika sangat bagus dilaksanakan terutama untuk topik-topik tertentu yang abstrak.
Dari awal penelitian dilaksanakan, direncanakan bahwa melalui penelitian tindakan kelas (PTK) ini diharapkan guru mampu memecahkan problem yang sedang dihadapi.Gagasan umum yang dikemukakan dan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sesuai dengan judul penelitian bahwa melalui alternatif tindakan yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa.(1) Dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.(2) Meningkatkan aktifitas belajar siswa disebabkan oleh meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa dan juga berimplikasi logis terhadap meningkatnya pemahaman siswa untuk menyerap materi pembelajaran.(3) Penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika dalam setiap pertemuan materi pelajaran Matematika sangat bagus dilaksanakan terutama untuk topik-topik tertentu yang abstrak.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas model Discovery Learning dalam mata pelajaran lain selain matematika. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang peran pelatihan guru dalam menerapkan metode pembelajaran ini secara optimal. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi adaptasi model Discovery Learning untuk siswa dengan latar belakang ekonomi dan kemampuan akademik berbeda, sehingga memberikan wawasan lebih luas tentang penerapan strategi pembelajaran yang inklusif.
| File size | 693.41 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Analisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas,Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Analisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas,
EDUPEDEDUPED H. Ahmad Dahlan Sipirok. Penelitian kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menghasilkan temuan bahwa upaya guru melibatkanH. Ahmad Dahlan Sipirok. Penelitian kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menghasilkan temuan bahwa upaya guru melibatkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkanHasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Tingkat keterampilan proses menunjukkan bahwa 81,25% siswa memiliki keterampilan dasar yang baik, sedangkan keterampilan terintegrasi adalah 68,75%. DapatTingkat keterampilan proses menunjukkan bahwa 81,25% siswa memiliki keterampilan dasar yang baik, sedangkan keterampilan terintegrasi adalah 68,75%. Dapat
Useful /
EDUPEDEDUPED Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. BerdasarkanInstrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan berupa lembar pengamatan terfokus, (2) Tes hasil belajar ekonomi dari hasil belajar siswa. Berdasarkan
EDUPEDEDUPED Untuk dapat mengimplementasikan metode Inkuiri dengan efektif dan efisien hendaknya guru melakukan persiapan dengan matang yang terinci dalam Rencana PelaksanaanUntuk dapat mengimplementasikan metode Inkuiri dengan efektif dan efisien hendaknya guru melakukan persiapan dengan matang yang terinci dalam Rencana Pelaksanaan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Dengan meminjam kerangka metodologis teknik, fenomena disrupsi di musik dapat dijelaskan melalui tiga aspek integrasi—horizontal, vertikal, dan aksiologis—yangDengan meminjam kerangka metodologis teknik, fenomena disrupsi di musik dapat dijelaskan melalui tiga aspek integrasi—horizontal, vertikal, dan aksiologis—yang