EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 12 guru di MI Al Islam, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, serta validasi data dilakukan melalui triangulasi. Analisis data dilakukan secara komparatif terhadap kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, kemampuan guru tergolong kurang dengan nilai rata-rata 44,00. Pada siklus I meningkat menjadi 66,83 (kualifikasi cukup), dan pada siklus II mencapai 86,33 (kualifikasi baik). Dengan demikian, pendampingan yang dilakukan oleh pengawas madrasah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh.
Pada kondisi awal, kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh berada pada kualifikasi kurang dengan nilai rata-rata 44,00.Setelah pendampingan pada siklus I, kemampuan meningkat ke kualifikasi cukup (66,83), dan pada siklus II mencapai kualifikasi baik (86,33).Pendampingan oleh pengawas madrasah terbukti berhasil meningkatkan secara signifikan kemampuan guru dalam memanfaatkan Voice Note WhatsApp untuk pembelajaran jarak jauh.
Pertama, perlu diteliti efektivitas model pendampingan berjenjang oleh pengawas madrasah terhadap guru-guru di sekolah lain dengan karakteristik berbeda, untuk melihat apakah pendekatan yang sama dapat diterapkan secara luas. Kedua, perlu dikaji bagaimana integrasi Voice Note WhatsApp dengan platform pembelajaran lain seperti Google Classroom dapat meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh dari segi interaksi dan umpan balik. Ketiga, penting untuk meneliti persepsi siswa dan orang tua terhadap penggunaan pesan suara sebagai media pembelajaran, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman dan motivasi belajar, agar penggunaan media ini dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian lanjutan ini akan membantu menyempurnakan strategi pendampingan guru serta memperkuat desain pembelajaran berbasis suara yang lebih inklusif dan efektif di masa depan.
| File size | 375.04 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED 2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
EDUPEDEDUPED Hasil belajar fisika peserta didik juga meningkat, ditunjukkan oleh rata-rata kelas 87,86 dan 90% siswa tuntas di atas KKM.meskipun demikian, masih terdapatHasil belajar fisika peserta didik juga meningkat, ditunjukkan oleh rata-rata kelas 87,86 dan 90% siswa tuntas di atas KKM.meskipun demikian, masih terdapat
EDUPEDEDUPED Strategi continuous improvement dapat diterapkan pesantren di era post pandemic melalui tiga tahap. (1) mengidentifikasi permasalahan internal dan eksternalStrategi continuous improvement dapat diterapkan pesantren di era post pandemic melalui tiga tahap. (1) mengidentifikasi permasalahan internal dan eksternal
EDUPEDEDUPED Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi pada materiHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi pada materi
Useful /
EDUPEDEDUPED Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini di peroleh dengan cara 1) Observasi; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi.Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini di peroleh dengan cara 1) Observasi; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi.
EDUPEDEDUPED Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan Juli s. d Nopember 2021 dengan 2 siklus terdapat temuan-temuan berikut: 1) kinerja guru meningkatDari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan Juli s. d Nopember 2021 dengan 2 siklus terdapat temuan-temuan berikut: 1) kinerja guru meningkat
EDUPEDEDUPED Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G danPopulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan
EDUPEDEDUPED Pernikahan dini di Desa Pangelen dipengaruhi oleh dukungan orang tua karena kekhawatiran tidak mendapat jodoh, serta dilaksanakan secara siri tanpa pemalsuanPernikahan dini di Desa Pangelen dipengaruhi oleh dukungan orang tua karena kekhawatiran tidak mendapat jodoh, serta dilaksanakan secara siri tanpa pemalsuan