UNTANUNTAN

Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa pada materi cerita fantasi. Usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action reserach). Terdiri dari dua siklus yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Bintan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019-2020. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif kualitatif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 63,87, ketuntasan belajar 41,94%, pada siklus I rata-ratanya 68,87 meningkat menjadi 77,10 dengan ketuntasan belajar 83,87%, dengan demikian dapat disampaikan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bintan.Penerapan model ini secara signifikan menunjukan peningkatan dari data awal dengan rata-rata 63,87, menjadi 68,87 pada siklus pertama dan 77,10 pada siklus kedua, serta adanya peningkatan ketuntasan belajar.Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas model jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui analisis konten cerita fantasi. Pertanyaan penelitiannya adalah: Bagaimana penerapan model jigsaw dapat mengoptimalkan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menganalisis struktur dan makna cerita fantasi? Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis digital yang mendukung model jigsaw, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Arah studi ini dapat berupa pengembangan aplikasi atau platform online yang menyediakan berbagai sumber belajar cerita fantasi dan fitur kolaborasi antar siswa. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk mengukur dampak model jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dari berbagai latar belakang sosial-ekonomi, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kemampuan awal siswa, gaya belajar, dan dukungan orang tua. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai efektivitas model jigsaw dalam konteks pendidikan yang inklusif dan berkeadilan. Integrasi ketiga saran ini diharapkan dapat menghasilkan model pembelajaran yang lebih adaptif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, sekaligus memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan bahasa Indonesia.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas iii#siswa kelas iii
File size266.59 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test