MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas XI P MIPA2 SMA Negeri 1 Ubud semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir siklus. Hasil menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari 69,42 pada siklus pertama menjadi 78,00 pada siklus kedua, sementara hasil belajar meningkat dari 74,28 menjadi 91,42. Peningkatan ini terjadi karena model inkuiri mendorong siswa bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan percobaan dan menemukan konsep baru. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inkuiri efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022.Model pembelajaran inkuiri juga efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022.Penerapan model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk materi fluida dan pengembangan metode inovatif oleh guru.

Berdasarkan hasil penelitian, tiga saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan adalah: (1) Studi banding antara efektivitas model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran lain seperti problem-based learning atau discovery learning untuk materi fisika di tingkat SMA; (2) Pengembangan modul berbasis inkuiri yang terstruktur dan rinci untuk topik fluida statis, dilengkapi panduan eksperimen dan penilaian autentik; (3) Penelitian tentang dampak jangka panjang penerapan model inkuiri terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan kemampuan kolaborasi siswa dalam konteks pembelajaran sains. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memperkaya strategi pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan pendidikan abad 21.

  1. ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI | Kholilah |... ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/15528ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI Kholilah ojs unm ac JSdPF article view 15528
  2. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF... journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/31443PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF journal uny ac index php jpakun article view 31443
  3. HIGHER ORDER THINKING SKILLS ASSESSMENT (HOTS) | JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and... doi.org/10.21009/JISAE.031.04HIGHER ORDER THINKING SKILLS ASSESSMENT HOTS JISAE Journal of Indonesian Student Assessment and doi 10 21009 JISAE 031 04
  1. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
File size138.26 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test