MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini menganalisis hubungan antara budaya sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Populasi guru SD Negeri berjumlah 131 orang, sampel berjumlah 50 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda.

Budaya sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sidemen.Gaya kepemimpinan kepala sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sidemen.Budaya sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sidemen.

Sekolah perlu memperhatikan kebijakan yang berkaitan dengan budaya sekolah. Kepala sekolah hendaknya dapat menerapkan gaya kepemimpinan transaksional, transformasional dan karismatik secara seimbang dan bersamaan dalam sebuah proses kepemimpinan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan memasukkan variable lain yang belum masuk dalam penelitian ini, sebab hanya 32,2% pembahasan kinerja guru mampu dijelaskan oleh variable budaya sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah.

  1. Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah... ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm/article/view/3016Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah ejournal unikama ac index php jpm article view 3016
  1. #gaya kepemimpinan kepala sekolah#gaya kepemimpinan kepala sekolah
File size124.58 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test