MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 22 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 75,54 meningkat menjadi 79,59 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,64 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 63,63% pada siklus I meningkat menjadi 81,81% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,36%.
Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan mind mapping dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016.Guru disarankan menggunakan model ini untuk mendekatkan kegiatan belajar dengan kondisi nyata dan memperbaiki keterbatasan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas jangka panjang penerapan model CTL dengan mind mapping pada tingkat pendidikan berbeda, mengevaluasi adaptasi model ini untuk mata pelajaran non-sains seperti bahasa atau sejarah, serta mengembangkan pelatihan guru dalam menggabungkan teknik kolaboratif dengan CTL untuk meningkatkan partisipasi siswa. Studi ini juga perlu mengeksplorasi penggunaan teknologi digital dalam mind mapping untuk memperluas akses dan interaktivitas pembelajaran kontekstual. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada pengukuran dampak model ini terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam konteks pendidikan inklusif.
- MENGUKUR EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN FISIKA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) | Komalasari |... doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13733MENGUKUR EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN FISIKA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING CTL Komalasari doi 10 17509 wapfi v3i2 13733
- Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI... doi.org/10.26618/jpf.v4i2.307Penerapan Model Contextual Teaching Learning CTL terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI doi 10 26618 jpf v4i2 307
- Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya... doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya doi 10 30998 formatif v5i3 643
- MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN BAHASA KEDUA/ASING | Pujangga. model pembelajaran pemefolehan... journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/321MODEL MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN BAHASA KEDUA ASING Pujangga model pembelajaran pemefolehan journal unas ac pujangga article view 321
| File size | 146.69 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
PNBPNB Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif.
MAHADEWAMAHADEWA Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022.Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022.
MAHADEWAMAHADEWA Kualitas secara teoretis berdasarkan penilaian dari 3 ahli yang menyimpulkan semua soal layak digunakan, karena terpenuhinya kriteria penulisan butir soalKualitas secara teoretis berdasarkan penilaian dari 3 ahli yang menyimpulkan semua soal layak digunakan, karena terpenuhinya kriteria penulisan butir soal
MAHADEWAMAHADEWA Budaya sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sidemen. Gaya kepemimpinan kepala sekolahBudaya sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sidemen. Gaya kepemimpinan kepala sekolah
Useful /
PNBPNB Data were collected from 75 questionnaires repeater guest. Measurement of repeater guest satisfaction was using the theory of 5 dimensions of service qualityData were collected from 75 questionnaires repeater guest. Measurement of repeater guest satisfaction was using the theory of 5 dimensions of service quality
MAHADEWAMAHADEWA Pada Siklus I nilai rata-rata 76,57 dan pada siklus II menjadi 81,57. Ketuntasan belajar dengan nilai KKM sebesar 76, pada Pra Siklus ketuntasan klasikalPada Siklus I nilai rata-rata 76,57 dan pada siklus II menjadi 81,57. Ketuntasan belajar dengan nilai KKM sebesar 76, pada Pra Siklus ketuntasan klasikal
MAHADEWAMAHADEWA Hal ini dapat dilihat dari Pada siklus I ke siklus II Hasil belajar rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 72,56 menjadi 84,02. daya serap (DS) 72,56%Hal ini dapat dilihat dari Pada siklus I ke siklus II Hasil belajar rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 72,56 menjadi 84,02. daya serap (DS) 72,56%
MAHADEWAMAHADEWA Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nilai KKM sebesar 72 dan keaktifan siswa meningkat dengan capaian minimal baik. penelitianKriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nilai KKM sebesar 72 dan keaktifan siswa meningkat dengan capaian minimal baik. penelitian