UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian eksperimental ini menggunakan desain kelompok kontrol nonequivalent untuk menguji efek metode flipped classroom terhadap pencapaian belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kalangan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sumpiuh tahun 2024. Metode flipped classroom diterapkan dengan meminta siswa mempelajari materi secara mandiri melalui video pembelajaran yang diikuti dengan elaborasi dan diskusi melalui platform online. Analisis data dilakukan dengan memberikan tes kepada 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman materi siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Skor N-gain untuk kelompok eksperimen adalah 0,3562 sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 0,1511. Analisis statistik menggunakan uji t independen menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol (p > 0,05). Berdasarkan temuan ini, metode flipped classroom dapat dianggap sebagai strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam secara online.
Penerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi.Hasil analisis menunjukkan bahwa skor N-gain kelompok eksperimen (0,3562) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (0,1511), serta uji t-independen menunjukkan perbedaan signifikan.Metode ini mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bertanya, dan memahami materi secara kolaboratif, menjadikannya sebagai pendekatan pembelajaran aktif yang relevan dengan era digital.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan flipped classroom pada materi pendidikan agama Islam yang lebih kompleks dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara lebih maksimal. Selain itu, penting untuk mengkaji faktor motivasi dan kemandirian siswa dalam mempelajari materi sebelum pembelajaran tatap muka, karena hal ini menjadi kunci keberhasilan model flipped classroom. Penelitian juga bisa dilakukan untuk membandingkan efektivitas flipped classroom dengan model pembelajaran lain dalam jangka panjang, serta mengidentifikasi bentuk intervensi yang dapat membantu siswa yang kurang mandiri agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
- Student Satisfaction with Audio-Visual Flipped Classroom Learning: A Mixed-Methods Study. student satisfaction... mdpi.com/1660-4601/19/3/1053Student Satisfaction with Audio Visual Flipped Classroom Learning A Mixed Methods Study student satisfaction mdpi 1660 4601 19 3 1053
- Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education: a state-of-the-art review... bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-021-03052-5Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education a state of the art review bmcmededuc biomedcentral articles 10 1186 s12909 021 03052 5
- Optimizing educational management through the flipped classroom method: An innovation in Islamic education... doi.org/10.21831/cp.v44i3.88460Optimizing educational management through the flipped classroom method An innovation in Islamic education doi 10 21831 cp v44i3 88460
- Flipped Classroom on Fifth Grades’ 21st Century Skills and Scientific Epistemological Beliefs |... ijte.net/index.php/ijte/article/view/1385Flipped Classroom on Fifth GradesAo 21st Century Skills and Scientific Epistemological Beliefs ijte index php ijte article view 1385
| File size | 369.22 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan 4C mahasiswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 diHasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan 4C mahasiswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 di
MARANATHAMARANATHA Metode diagnostik VHB umumnya berbasis molekuler dan serologi, tetapi metode ini memiliki kekurangan terutama di dalam mendeteksi jumlah cccDNA VHB yangMetode diagnostik VHB umumnya berbasis molekuler dan serologi, tetapi metode ini memiliki kekurangan terutama di dalam mendeteksi jumlah cccDNA VHB yang
CAHAYA ICCAHAYA IC Temuan Utama: Saran yang ditunjukkan dalam studi lain yang serupa dan guru mata pelajaran sains di sekolah menengah pertama diharapkan studi lain dapatTemuan Utama: Saran yang ditunjukkan dalam studi lain yang serupa dan guru mata pelajaran sains di sekolah menengah pertama diharapkan studi lain dapat
UIRUIR Berdasarkan hasil analisis data pada tabel ANOVA dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan 0,926 yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antaraBerdasarkan hasil analisis data pada tabel ANOVA dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan 0,926 yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
Useful /
UNBUNB Di kemiringan yang datar terdapat 10 spesies. Sedangkan kategori sedang sebanyak 9 spesies dan kategori curam sebanyak 10 spesies. Jenis MPTS rimba mendominasiDi kemiringan yang datar terdapat 10 spesies. Sedangkan kategori sedang sebanyak 9 spesies dan kategori curam sebanyak 10 spesies. Jenis MPTS rimba mendominasi
UNUSAUNUSA Pengujian klinis lebih lanjut menunjukkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi penghambatan minimum. Hasil menunjukkan peningkatan zona penghambatanPengujian klinis lebih lanjut menunjukkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi penghambatan minimum. Hasil menunjukkan peningkatan zona penghambatan
MARANATHAMARANATHA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemodifikasi genetik pada penderita β-Thalassemia. Data sistimatika review dengan pengumpulan jurnalPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemodifikasi genetik pada penderita β-Thalassemia. Data sistimatika review dengan pengumpulan jurnal
UIRUIR Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru berjumlah 42 orang, sedangkan objeknya adalah murid berjumlah 439Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru berjumlah 42 orang, sedangkan objeknya adalah murid berjumlah 439