UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian eksperimental ini menggunakan desain kelompok kontrol nonequivalent untuk menguji efek metode flipped classroom terhadap pencapaian belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kalangan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sumpiuh tahun 2024. Metode flipped classroom diterapkan dengan meminta siswa mempelajari materi secara mandiri melalui video pembelajaran yang diikuti dengan elaborasi dan diskusi melalui platform online. Analisis data dilakukan dengan memberikan tes kepada 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman materi siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Skor N-gain untuk kelompok eksperimen adalah 0,3562 sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 0,1511. Analisis statistik menggunakan uji t independen menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol (p > 0,05). Berdasarkan temuan ini, metode flipped classroom dapat dianggap sebagai strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam secara online.

Penerapan metode flipped classroom efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi.Hasil analisis menunjukkan bahwa skor N-gain kelompok eksperimen (0,3562) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (0,1511), serta uji t-independen menunjukkan perbedaan signifikan.Metode ini mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bertanya, dan memahami materi secara kolaboratif, menjadikannya sebagai pendekatan pembelajaran aktif yang relevan dengan era digital.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan flipped classroom pada materi pendidikan agama Islam yang lebih kompleks dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara lebih maksimal. Selain itu, penting untuk mengkaji faktor motivasi dan kemandirian siswa dalam mempelajari materi sebelum pembelajaran tatap muka, karena hal ini menjadi kunci keberhasilan model flipped classroom. Penelitian juga bisa dilakukan untuk membandingkan efektivitas flipped classroom dengan model pembelajaran lain dalam jangka panjang, serta mengidentifikasi bentuk intervensi yang dapat membantu siswa yang kurang mandiri agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

  1. Student Satisfaction with Audio-Visual Flipped Classroom Learning: A Mixed-Methods Study. student satisfaction... mdpi.com/1660-4601/19/3/1053Student Satisfaction with Audio Visual Flipped Classroom Learning A Mixed Methods Study student satisfaction mdpi 1660 4601 19 3 1053
  2. Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education: a state-of-the-art review... bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-021-03052-5Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education a state of the art review bmcmededuc biomedcentral articles 10 1186 s12909 021 03052 5
  3. Optimizing educational management through the flipped classroom method: An innovation in Islamic education... doi.org/10.21831/cp.v44i3.88460Optimizing educational management through the flipped classroom method An innovation in Islamic education doi 10 21831 cp v44i3 88460
  4. Flipped Classroom on Fifth Grades’ 21st Century Skills and Scientific Epistemological Beliefs |... ijte.net/index.php/ijte/article/view/1385Flipped Classroom on Fifth GradesAo 21st Century Skills and Scientific Epistemological Beliefs ijte index php ijte article view 1385
  1. #esp course design#esp course design
  2. #hasil analisis data#hasil analisis data
File size369.22 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test