UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaPenelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan aktivitas dan jumlah peserta didik yang mencapai criteria ketuntasan belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran langsung berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian lanjutan yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran fisika kesehatan yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sedikit dimodifikasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada semester ganjil, tahun pelajaran 2015-2016. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.Keperawatan Medis SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan jumlah 14 (empat belas) orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes hasil belajar untuk data hasil belajar dan teknik observasi untuk data aktivitas dan situasi proses pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 76,00 dari skor ideal 100. Persentasi peserta didik yang mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah sebesar 71,43 persen. (2) Pada siklus II(kedua) skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai nilai 79 dari nilai ideal 100. Persentasi peserta didik yang mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 85,71 persen. (3) keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I(pertama) ke siklus II(kedua).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, kelas XI Keperawatan Medis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung berbantukan LKPD Fisika Kesehatan di kelas XI Keperawatan Medis SMK kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar dapat meningkatkan jumlah peserta didik yang memenuhi standar ketuntasan belajar minimum (KKM).penggunaan model pembelajaran langsung berbantukan LKPD Fisika Kesehatan di kelas XI Keperawatan Medis SMK kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.secara klasikal hasil belajar peserta didik yang mencakup penguasaan materi telah memenuhi KKM, dengan persentase nilai ketuntasan belajar sebesar 85,71 persen di siklus II.
Penelitian lanjutan ini bisa menyelidiki bagaimana aplikasi model pembelajaran langsung dengan LKPD bisa diterapkan pada materi fisika kesehatan lainnya selain getaran, seperti konsep gaya dalam aplikasi kesehatan, untuk melihat apakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi di berbagai topik. Sebuah studi bisa dieksplorasi lebih lanjut tentang dampak jangka panjang dari penggunaan LKPD pada peserta didik keperawatan, misalnya dengan melakukan pengukuran penguasaan konsep fisika setelah mereka lulus sekolah dan mulai praktik di rumah sakit. Penelitian baru juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas penggunaan model ini ke kelas keperawatan medis lainnya di SMK kesehatan berbeda, sambil membandingkan hasilnya dengan metode pembelajaran lain seperti kooperatif, guna menemukan efektivitas yang lebih luas dan mengatasi keterbatasan penelitian yang hanya dilakukan di satu kelas. Dengan mengembangkan saran ini, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi integrasi teknologi digital, seperti aplikasi simulasi fisika kesehatan, dalam LKPD untuk melihat apakah itu meningkatkan pemahaman konsep mekanika yang terkait dengan posisi pasien, sehingga peserta didik lebih siap untuk magang. Selain itu, studi bisa fokus pada diversifikasi kelompok kerja dalam model pembelajaran ini, menguji apakah ukuran kelompok yang berbeda atau komposisi heterogen berdasarkan tingkat kemampuan awal dapat mempengaruhi tingkat aktivitas dan nilai ketuntasan, yang belum banyak diulas sebelumnya.
| File size | 527.88 KB |
| Pages | 13 |
| Short Link | https://juris.id/p-1l9 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran al-Quran yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-QuranBerdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran al-Quran yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran
ABULYATAMAABULYATAMA Artinya terjemahan itu cukup sulit untuk dipahami maknanya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan penerjemah dalam bahasa penerima yaitu bahasa Indonesia.Artinya terjemahan itu cukup sulit untuk dipahami maknanya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan penerjemah dalam bahasa penerima yaitu bahasa Indonesia.
PERADABANPERADABAN Berdasarkan analisis data serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan campuranBerdasarkan analisis data serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan campuran
PERADABANPERADABAN Prestasi belajar juga meningkat secara signifikan, di mana ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II setelah sebelumnya hanya 27,78% pada kondisiPrestasi belajar juga meningkat secara signifikan, di mana ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II setelah sebelumnya hanya 27,78% pada kondisi
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian berlangsung dari September 2013 hingga Desember 2013, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-1 yang terdiri dari 40 siswa. Pemilihan kelasPenelitian berlangsung dari September 2013 hingga Desember 2013, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-1 yang terdiri dari 40 siswa. Pemilihan kelas
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan Market Day berperan dalam menanamkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada pesertaPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan Market Day berperan dalam menanamkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada peserta
UNISMUHUNISMUH Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yaitu dengan mengelompokkan peserta didik dalam 5 kategori, selanjutnyaDalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yaitu dengan mengelompokkan peserta didik dalam 5 kategori, selanjutnya
UNISMUHUNISMUH Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan pembagian angket dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar validasi multimediaTeknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan pembagian angket dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar validasi multimedia
Useful /
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji yang mengacu pada SNI 181-2007. Hasil pengujian UJI penetrasi dengan ketebalan 4 mm tidak tertembusProses pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji yang mengacu pada SNI 181-2007. Hasil pengujian UJI penetrasi dengan ketebalan 4 mm tidak tertembus
UMJAMBIUMJAMBI Sedangkan dari hasil analisis Regresi untuk melihat Pengaruh secara bersama-sama (secara simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dependentSedangkan dari hasil analisis Regresi untuk melihat Pengaruh secara bersama-sama (secara simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dependent
STTSIMPSONSTTSIMPSON Pergeseran dari cara pemikiran yang absolut tentang kekristenan juga terjadi di dunia Barat dan bahkan di Indonesia. Masa kini skeptisme mengenai kemungkinanPergeseran dari cara pemikiran yang absolut tentang kekristenan juga terjadi di dunia Barat dan bahkan di Indonesia. Masa kini skeptisme mengenai kemungkinan
STTSIMPSONSTTSIMPSON Alkitab menjadi pusat pendidikan Kristen, yang memberi banyak pelajaran berharga mengenai pengalaman bersama dengan Tuhan. Filsafat pendidikan menjadiAlkitab menjadi pusat pendidikan Kristen, yang memberi banyak pelajaran berharga mengenai pengalaman bersama dengan Tuhan. Filsafat pendidikan menjadi