UNISMUHUNISMUH

Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan aktivitas dan jumlah peserta didik yang mencapai criteria ketuntasan belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran langsung berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian lanjutan yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran fisika kesehatan yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sedikit dimodifikasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada semester ganjil, tahun pelajaran 2015-2016. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.Keperawatan Medis SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan jumlah 14 (empat belas) orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes hasil belajar untuk data hasil belajar dan teknik observasi untuk data aktivitas dan situasi proses pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 76,00 dari skor ideal 100. Persentasi peserta didik yang mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah sebesar 71,43 persen. (2) Pada siklus II(kedua) skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai nilai 79 dari nilai ideal 100. Persentasi peserta didik yang mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 85,71 persen. (3) keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I(pertama) ke siklus II(kedua).

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, kelas XI Keperawatan Medis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung berbantukan LKPD Fisika Kesehatan di kelas XI Keperawatan Medis SMK kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar dapat meningkatkan jumlah peserta didik yang memenuhi standar ketuntasan belajar minimum (KKM).penggunaan model pembelajaran langsung berbantukan LKPD Fisika Kesehatan di kelas XI Keperawatan Medis SMK kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.secara klasikal hasil belajar peserta didik yang mencakup penguasaan materi telah memenuhi KKM, dengan persentase nilai ketuntasan belajar sebesar 85,71 persen di siklus II.

Penelitian lanjutan ini bisa menyelidiki bagaimana aplikasi model pembelajaran langsung dengan LKPD bisa diterapkan pada materi fisika kesehatan lainnya selain getaran, seperti konsep gaya dalam aplikasi kesehatan, untuk melihat apakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi di berbagai topik. Sebuah studi bisa dieksplorasi lebih lanjut tentang dampak jangka panjang dari penggunaan LKPD pada peserta didik keperawatan, misalnya dengan melakukan pengukuran penguasaan konsep fisika setelah mereka lulus sekolah dan mulai praktik di rumah sakit. Penelitian baru juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas penggunaan model ini ke kelas keperawatan medis lainnya di SMK kesehatan berbeda, sambil membandingkan hasilnya dengan metode pembelajaran lain seperti kooperatif, guna menemukan efektivitas yang lebih luas dan mengatasi keterbatasan penelitian yang hanya dilakukan di satu kelas. Dengan mengembangkan saran ini, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi integrasi teknologi digital, seperti aplikasi simulasi fisika kesehatan, dalam LKPD untuk melihat apakah itu meningkatkan pemahaman konsep mekanika yang terkait dengan posisi pasien, sehingga peserta didik lebih siap untuk magang. Selain itu, studi bisa fokus pada diversifikasi kelompok kerja dalam model pembelajaran ini, menguji apakah ukuran kelompok yang berbeda atau komposisi heterogen berdasarkan tingkat kemampuan awal dapat mempengaruhi tingkat aktivitas dan nilai ketuntasan, yang belum banyak diulas sebelumnya.

Read online
File size527.88 KB
Pages13
Short Linkhttps://juris.id/p-1l9
DMCAReport

Related /

ads-block-test