UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Luwu sebelum dan setelah diterapkan konsep accelerated teaching model MASTER tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk kategori jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pre Test-Post Test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Luwu yang terdiri dari sebelas kelas dengan jumlah siswa 384. Adapun sampel penelitian diambil dengan cara acak yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar fisika yang diukur menggunkan angket ARCS yang meliputi aspek perhatian (attention) berjumlah 12 nomor, pada aspek keterkaitan (relevance) berjumlah 12 nomor, pada aspek percaya diri (confidence) berjumlah 10 nomor, pada aspek kepuasan (satisfaction) berjumlah 4 nomor. Selanjutnya data yang diperoleh dari tes motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Luwu sebelum diterapkan konsep accelerated teaching model master adalah 116.67 dan setelah diterapkan konsep accelerated teaching model MASTER motivasi belajar fisika siswa adalah 140.97. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Luwu.
Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa.1) Motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum diajar dengan menerapkan konsep accelerated teaching model MASTER berada pada kategori tinggi.2) Motivasi belajar fisika siswa kelas X setelah diajar dengan menerapkan konsep accelerated teaching model MASTER berada pada kategori tinggi.3) Terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum dan setelah diajar dengan menerapkan konsep accelerated teaching model MASTER dalam hal ini motivasi belajar fisika siswa berada pada kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi pengaruh model MASTER terhadap pemahaman konsep fisika secara mendalam, dengan fokus pada kemampuan siswa dalam menerapkan konsep tersebut dalam pemecahan masalah. Kedua, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan kelompok siswa yang lebih heterogen, termasuk siswa dengan berbagai tingkat kemampuan awal, untuk melihat efektivitas model MASTER dalam mengatasi perbedaan individual. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran faktor-faktor lain, seperti gaya belajar siswa dan lingkungan belajar, dalam memoderasi pengaruh model MASTER terhadap motivasi dan hasil belajar fisika. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, penelitian selanjutnya dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana model MASTER dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika bagi semua siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang perlu diperhatikan dalam implementasinya.
| File size | 570.33 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lc |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini menganalisis perbedaan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler, serta menggambarkan prospek dan masalah kelas percepatanPenelitian ini menganalisis perbedaan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler, serta menggambarkan prospek dan masalah kelas percepatan
ABULYATAMAABULYATAMA Analisa data univariat dan bivariat menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara peran guru sebagai pengajarAnalisa data univariat dan bivariat menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara peran guru sebagai pengajar
ABULYATAMAABULYATAMA Selanjutnya, peneliti meminta tanggapan pembaca umum dan pembaca ahli tentang kejelasan terjemahan Kemenag dengan membandingkannya dengan terjemahan lain.Selanjutnya, peneliti meminta tanggapan pembaca umum dan pembaca ahli tentang kejelasan terjemahan Kemenag dengan membandingkannya dengan terjemahan lain.
ABULYATAMAABULYATAMA Hal ini menunjukkan bahwa siswa di SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar masih mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai jenis Kata Ganti Personalia, terutamaHal ini menunjukkan bahwa siswa di SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar masih mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai jenis Kata Ganti Personalia, terutama
BERUGAKBACABERUGAKBACA Ditandai dengan nilai signifikan sebesar 0,647 > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruhDitandai dengan nilai signifikan sebesar 0,647 > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh
BERUGAKBACABERUGAKBACA Kontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain SyekhKontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain Syekh
BERUGAKBACABERUGAKBACA Fenomena Covid-19 mendorong lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran daring dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi,Fenomena Covid-19 mendorong lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran daring dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi,
BERUGAKBACABERUGAKBACA Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa sebanyak 16 siswa menjawab angket yang berisi pernyataan mengenai pelaksanaan proses evaluasiKesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa sebanyak 16 siswa menjawab angket yang berisi pernyataan mengenai pelaksanaan proses evaluasi
Useful /
UNIDHAUNIDHA Dalam pembuatan perangkat lunak pada penelitian ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil akhir dari penelitianDalam pembuatan perangkat lunak pada penelitian ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil akhir dari penelitian
UNIDHAUNIDHA Sistem ini memanfaatkan teknologi pemetaan digital untuk menampilkan data spasial secara visual dan interaktif, sehingga pengguna dapat mencari masjidSistem ini memanfaatkan teknologi pemetaan digital untuk menampilkan data spasial secara visual dan interaktif, sehingga pengguna dapat mencari masjid
BERUGAKBACABERUGAKBACA Penelitian pada Azza Hotel Palembang dengan 97 responden menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat pengunjung memiliki nilai sebesar 4,05. Rata‑rataPenelitian pada Azza Hotel Palembang dengan 97 responden menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat pengunjung memiliki nilai sebesar 4,05. Rata‑rata
UNISMUHUNISMUH Perangkat pembelajaran tersebut dinilai layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru maupun siswa. Tanggapan positif dari siswa menunjukkanPerangkat pembelajaran tersebut dinilai layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru maupun siswa. Tanggapan positif dari siswa menunjukkan