BELITUNG RAYABELITUNG RAYA

Just a moment...Just a moment...

Latar belakang: Manajemen Terpadu Penyakit Anak (IMCI) adalah pedoman terpadu dalam menangani bayi dan anak sakit di puskesmas. Namun, banyak mahasiswa tidak dapat menerapkan pedoman ini karena tidak terpapar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif pendidik perawat dan instruktur klinis mengenai efektivitas proses pembelajaran IMCI pada mahasiswa keperawatan diploma. Metode: Ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Ada sembilan informan yang dipilih menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari pendidik perawat dan instruktur klinis. Pengumpulan data dilakukan pada Desember 2016 - Februari 2017 menggunakan diskusi kelompok fokus dan wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan proses Colaizzi. Hasil: Ada empat tema yang muncul dari data, yaitu 1) Kompetensi IMCI untuk Mahasiswa Keperawatan Diploma, 2) Pendalaman Materi IMCI, 3) Metode Pembelajaran IMCI di kelas dan klinik harus aktif dan terstruktur, 4) Kepercayaan diri mahasiswa dalam penerapan IMCI di lingkungan klinis.

Ada empat tema yang muncul dari data.1) Kompetensi IMCI untuk Mahasiswa Keperawatan Diploma, 2) Pendalaman Materi IMCI, 3) Metode Pembelajaran IMCI di kelas dan klinik harus aktif dan terstruktur, 4) Kepercayaan diri mahasiswa dalam penerapan IMCI di lingkungan klinis.Untuk melancarkan proses pembelajaran IMCI pada mahasiswa keperawatan diploma, diperlukan persiapan dalam proses pembelajaran dan pendidik perawat perlu meninjau materi IMCI secara menyeluruh agar tidak tumpang tindih dengan materi yang sama di mata kuliah lainnya.Selain itu, mereka juga perlu merancang metode pembelajaran di kelas yang aktif, serta praktik lapangan yang baik dan teratur untuk meningkatkan kompetensi dalam menerapkan IMCI.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi bagaimana metode pembelajaran yang lebih inovatif dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan IMCI di kalangan mahasiswa, terutama dalam bentuk pembelajaran berbasis simulasi. Selain itu, penting untuk melakukan studi longitudinal yang menilai dampak jangka panjang dari penerapan IMCI dalam praktik klinis mahasiswa keperawatan untuk memahami seberapa efektivitas materi IMCI dipelajari dan dapat diterapkan di lapangan. Terakhir, penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran yang sesuai dengan konteks lokal di Indonesia, agar relevan dan mudah dipahami oleh mahasiswa.

  1. #siswa kelompok osis#siswa kelompok osis
  2. #develop ai#develop ai
Read online
File size473.88 KB
Pages14
Short Linkhttps://juris.id/p-1lz
DMCAReport

Related /

ads-block-test