JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA
THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALLatar belakang penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang paling sulit dipelajari dalam bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam penggunaan aplikasi English Speaking Practice pada keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMAN 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test satu kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 18 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas pada tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v.25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam pre-test dan post-test. Skor rata-rata meningkat dari 48,60 pada pre-test menjadi 82,00 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMAN 18 Makassar.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi English Speaking Practice efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMAN 18 Makassar.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan aplikasi tersebut.Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan lebih lanjut dalam proses pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas aplikasi English Speaking Practice dalam konteks pembelajaran jarak jauh, mengingat semakin pentingnya pembelajaran daring di era digital. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penggunaan aplikasi ini, seperti tingkat motivasi siswa, kualitas dukungan guru, dan ketersediaan infrastruktur teknologi. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi dampak penggunaan aplikasi ini terhadap aspek-aspek lain dari keterampilan berbicara, seperti kefasihan, pengucapan, dan tata bahasa. Dengan demikian, pemahaman yang lebih komprehensif tentang potensi dan tantangan penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat diperoleh, sehingga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.
| File size | 182.62 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitasHasil Penelitian Tindakan dari deskripsi data hasil proses pembelajaran pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa; Telah terjadi peningkatan aktifitas
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Jumlah siswa yang dibina dalam kewirausahaan sebanyak 40 siswa. Pelatihan diawali dengan materi kewirausahaan dan Business model canvas kemudian dilaksanakanJumlah siswa yang dibina dalam kewirausahaan sebanyak 40 siswa. Pelatihan diawali dengan materi kewirausahaan dan Business model canvas kemudian dilaksanakan
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilanHasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilan
UNDIKSHAUNDIKSHA Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukanData kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukan
UNDIKSHAUNDIKSHA Pendidikan inklusif merupakan hak setiap individu, termasuk siswa tunarungu, untuk mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran bahasa Inggris. PenelitianPendidikan inklusif merupakan hak setiap individu, termasuk siswa tunarungu, untuk mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian
UNISLAUNISLA The research revealed that students have a positive attitude toward Speechace in speaking activities, attributing this to its relevant content, diverseThe research revealed that students have a positive attitude toward Speechace in speaking activities, attributing this to its relevant content, diverse
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Analisis statistik mengungkapkan hubungan signifikan antara Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi.Analisis statistik mengungkapkan hubungan signifikan antara Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi.
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar dan observasi aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Generatif. Hasil penelitianData yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar dan observasi aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Generatif. Hasil penelitian
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Selain itu, metode demonstrasi juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria amatSelain itu, metode demonstrasi juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria amat
UMKUMK Studi ini menganalisis 35 bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2022 menggunakan regresi logistik. Hasilnya menunjukkanStudi ini menganalisis 35 bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2022 menggunakan regresi logistik. Hasilnya menunjukkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Sebanyak 61 guru sekolah dasar berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai responden, yang dipilih melalui pengambilan sampel acak sederhana. Data dikumpulkanSebanyak 61 guru sekolah dasar berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai responden, yang dipilih melalui pengambilan sampel acak sederhana. Data dikumpulkan
UNIMALUNIMAL Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oksigen tertinggi terdapat pada pelakuan E (15 ppt) yaitu 0,987±0,085 mgO2/gr/jam dan terendah pada perlakuanHasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oksigen tertinggi terdapat pada pelakuan E (15 ppt) yaitu 0,987±0,085 mgO2/gr/jam dan terendah pada perlakuan