JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA
THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diajarkan strategi GIST dalam teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis, khususnya dalam peringkasan, di SMPN 8 Makassar pada tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui dua tes, pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Makassar tahun ajaran 2020/2022 dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan tes menulis yang diterapkan dalam pre-test dan post-test, dan perlakuan diberikan sebelum post-test dilakukan menggunakan Strategi GIST. Proses penelitian ini memakan waktu empat pertemuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Paired Sample Test pada SPSS 26. Menurut hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired Sample Test pada skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00. Oleh karena itu, terdapat dampak signifikan dalam penelitian ini menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa.
Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi GIST dalam mengajar teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis di SMPN 8 Makassar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa setelah diajarkan strategi GIST.Strategi GIST terbukti efektif dalam membantu siswa memahami teks dan meringkasnya secara efisien.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas strategi GIST dalam konteks pembelajaran menulis teks lain, seperti teks eksposisi atau argumentasi, untuk melihat apakah strategi ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan strategi GIST, seperti tingkat kemampuan awal siswa, gaya belajar, atau karakteristik guru, sehingga dapat dikembangkan panduan implementasi yang lebih efektif. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi dampak penggunaan strategi GIST terhadap motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam menulis, karena keterampilan menulis seringkali dikaitkan dengan rasa cemas dan kurangnya keyakinan. Dengan memahami bagaimana strategi ini memengaruhi aspek psikologis siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih mendukung dan memotivasi.
| File size | 234.2 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji T berpasangan pada SPSS. Berdasarkan hasil penggunaan permainan spelling bee, terdapat peningkatan kosakataHasil penelitian dianalisis menggunakan uji T berpasangan pada SPSS. Berdasarkan hasil penggunaan permainan spelling bee, terdapat peningkatan kosakata
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Berdasarkan hasil penelitian, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris siswa, yaitu faktor internal (kurang percayaBerdasarkan hasil penelitian, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris siswa, yaitu faktor internal (kurang percaya
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Nilai signifikansi yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,Nilai signifikansi yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam pre-test dan post-test. Skor rata-rata meningkat dari 48,60 pada pre-test menjadiHal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam pre-test dan post-test. Skor rata-rata meningkat dari 48,60 pada pre-test menjadi
MAHADEWAMAHADEWA (2-tailed) = 0. 000 < 0. 05. Kesimpulan penelitian menyatakan penggunaan MOBUSAN berdampak signifikan pada kemampuan memahami konsep budaya Indonesia siswa(2-tailed) = 0. 000 < 0. 05. Kesimpulan penelitian menyatakan penggunaan MOBUSAN berdampak signifikan pada kemampuan memahami konsep budaya Indonesia siswa
UNISLAUNISLA This research uses qualitative research methods with research instruments such as observation, questionnaire, and interview. Students attitudes can beThis research uses qualitative research methods with research instruments such as observation, questionnaire, and interview. Students attitudes can be
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen untuk mengukur keterlibatan pembelajar dalam pengembangan profesional guru secaraPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen untuk mengukur keterlibatan pembelajar dalam pengembangan profesional guru secara
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini menunjukkan penggunaan pembelajaran bahasa berbasis web untuk mendorong mahasiswa berbicara Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. MahasiswaPenelitian ini menunjukkan penggunaan pembelajaran bahasa berbasis web untuk mendorong mahasiswa berbicara Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Mahasiswa
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Sebagai rekomendasi, penelitian selanjutnya dapat membandingkan representasi nilai moral pada buku teks dari berbagai penerbit, baik lokal maupun global,Sebagai rekomendasi, penelitian selanjutnya dapat membandingkan representasi nilai moral pada buku teks dari berbagai penerbit, baik lokal maupun global,
USDUSD Sebagai upaya untuk memperkenalkan kembali dan melestarikan warisan budaya leluhur, integrasi budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris dianggap penting.Sebagai upaya untuk memperkenalkan kembali dan melestarikan warisan budaya leluhur, integrasi budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris dianggap penting.
USDUSD Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai keyakinan beberapa guru bahasa Inggris calon (pre-service) terkait pembelajaranPenelitian studi kasus ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai keyakinan beberapa guru bahasa Inggris calon (pre-service) terkait pembelajaran
USDUSD Pembelajaran saat ini menghadapi lebih banyak tantangan seiring dengan terusnya pembaruan teknologi. Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produkPembelajaran saat ini menghadapi lebih banyak tantangan seiring dengan terusnya pembaruan teknologi. Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produk