UPIUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mengenai efek rumah kaca menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek yang didukung oleh materi ajar berbasis Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM)-Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa fase: (i) menggunakan pretest untuk mengukur pengetahuan awal siswa, (ii) menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk mengajarkan efek rumah kaca, dan (iii) menilai pengetahuan akhir siswa (dengan posttest). Penelitian ini dilengkapi dengan observasi variasi suhu pada prototipe rumah kaca. Siswa memantau dan mencatat perubahan suhu dari waktu ke waktu. Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan setelah diberi perlakuan menggunakan pembelajaran proyek yang dibantu oleh materi ajar STEM-ESD, memberikan lebih banyak informasi melalui media dengan menstimulasi rasa ingin tahu dan minat siswa pada mata pelajaran sains.

Model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa mengenai efek rumah kaca telah didemonstrasikan.Berbeda dari metode pengajaran lain, penelitian ini menggabungkan pengajaran konvensional dan pembelajaran berbasis proyek.Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis proyek.Penggunaan materi ajar juga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memberikan lebih banyak informasi melalui materi ajar dengan menstimulasi rasa ingin tahu dan minat siswa pada mata pelajaran tersebut.

Penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada pengembangan prototipe rumah kaca yang lebih inovatif dan terjangkau menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah didapatkan, sehingga lebih relevan untuk konteks pendidikan di daerah pedesaan atau sekolah dengan sumber daya terbatas. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi teknologi digital, seperti sensor suhu dan kelembaban yang terhubung ke platform pembelajaran online, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis proyek dan memungkinkan siswa untuk melakukan analisis data yang lebih mendalam. Pertanyaan penelitian yang menarik untuk dieksplorasi adalah: Bagaimana penggunaan prototipe rumah kaca dengan sistem monitoring digital dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep efek rumah kaca dan dampaknya terhadap perubahan iklim? Serta, bagaimana model pembelajaran yang menggabungkan eksperimen langsung dengan simulasi komputer dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan siswa terkait isu-isu lingkungan?.

File size902.92 KB
Pages28
DMCAReportReport

ads-block-test