UMPWRUMPWR
Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaPemecahan masalah merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran fisika, khususnya pada topik kinematika yang menuntut penguasaan konsep, keterampilan analitis, dan strategi berpikir efektif. Memahami profil strategi pemecahan masalah mahasiswa pada berbagai tingkat pencapaian akademik dapat memberikan wawasan mendalam tentang variasi strategi yang digunakan serta aspek yang memerlukan intervensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan strategi pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika dengan pencapaian tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal kinematika. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan melibatkan enam partisipan yang mewakili tiga kategori pencapaian. Data utama dikumpulkan melalui teknik berpikir keras (think-aloud), didukung oleh observasi, wawancara retrospektif, dan analisis lembar jawaban. Perbandingan profil menunjukkan perbedaan dalam kecenderungan strategis dan kelengkapan tahapan pemecahan masalah di antara ketiga kelompok mahasiswa. Temuan ini memberikan wawasan strategis untuk mengembangkan metode pembelajaran adaptif yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada berbagai tingkat pencapaian akademik.
Penelitian ini mengidentifikasi tiga puluh strategi pemecahan masalah yang dikelompokkan ke dalam enam kategori, yaitu pemahaman, perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan, pemantauan, dan penarikan kesimpulan.Hasil menunjukkan bahwa meskipun semua siswa mampu memahami dan melaksanakan langkah-langkah pemecahan masalah, hanya pencapaian tinggi yang secara konsisten menerapkan perencanaan, pemantauan, dan pemeriksaan secara sistematis.Ketidakseimbangan antara strategi tingkat rendah dan tingkat tinggi menjelaskan perbedaan kinerja yang menetap di antara kelompok pencapaian yang berbeda.
Pertama, perlu dikaji bagaimana intervensi pembelajaran yang berfokus pada pelatihan strategi metakognitif—seperti pemantauan proses berpikir dan pemeriksaan solusi—dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa dengan pencapaian rendah dan sedang dalam konteks kinematika. Kedua, penting untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembelajaran yang memfasilitasi representasi ganda (misalnya diagram, grafik, dan simbol fisika) dalam membantu mahasiswa menengah membangun pemahaman konseptual yang lebih mendalam selama tahap perencanaan. Ketiga, perlu diteliti bagaimana penggunaan scaffolding bertahap dalam tugas pemecahan masalah—dengan bantuan petunjuk strategis yang dikurangi secara bertahap—dapat membantu mahasiswa berpindah dari ketergantungan prosedural menuju fleksibilitas strategis seperti yang ditunjukkan oleh pencapaian tinggi. Penelitian lanjutan sebaiknya menguji ketiga intervensi tersebut dalam setting kelas nyata dengan desain eksperimen atau quasi-eksperimen untuk melihat dampak jangka pendek dan panjangnya terhadap perkembangan strategi berpikir siswa. Selain itu, penelitian bisa memperluas analisis pada konteks topik fisika lain untuk melihat transferabilitas strategi yang dikembangkan. Pengamatan proses berpikir selama intervensi juga dapat dilakukan dengan teknik berpikir keras untuk menangkap dinamika penggunaan strategi secara lebih mendalam. Penting pula untuk mempertimbangkan variasi gaya kognitif mahasiswa dalam merancang intervensi agar sesuai dengan kebutuhan beragam peserta didik. Studi lanjutan juga bisa menggabungkan asesmen formatif berbasis metakognisi untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap strategi mereka sendiri. Dengan demikian, penelitian dapat memberikan kontribusi nyata dalam desain instruksional yang lebih adaptif dan responsif terhadap profil strategi pemecahan masalah mahasiswa.
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1467/1/012041Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1467 1 012041
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012027Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1022 1 012027
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012107Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1097 1 012107
| File size | 527.98 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UMPWRUMPWR Metode EOF diterapkan untuk mengekstrak pola dominan dari kumpulan data yang kompleks, memungkinkan analisis spasial dan temporal variabilitas curah hujanMetode EOF diterapkan untuk mengekstrak pola dominan dari kumpulan data yang kompleks, memungkinkan analisis spasial dan temporal variabilitas curah hujan
UMPWRUMPWR Penelitian ini didasarkan pada keinginan beberapa siswa agar fisika lebih menyenangkan melalui praktik langsung sesuai materi pembelajaran. Tujuannya ialahPenelitian ini didasarkan pada keinginan beberapa siswa agar fisika lebih menyenangkan melalui praktik langsung sesuai materi pembelajaran. Tujuannya ialah
UMPWRUMPWR PBL yang diawali dengan penggunaan fenomena kontekstual berhasil membangun keterlibatan kognitif siswa dan mendorong proses berpikir kritis. BerdasarkanPBL yang diawali dengan penggunaan fenomena kontekstual berhasil membangun keterlibatan kognitif siswa dan mendorong proses berpikir kritis. Berdasarkan
UMPWRUMPWR Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran robotika berbasis STEM dapat mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan inti, namun belum sepenuhnya mengembangkanTemuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran robotika berbasis STEM dapat mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan inti, namun belum sepenuhnya mengembangkan
Useful /
UMPWRUMPWR Komik digital berbasis kearifan lokal yang dikembangkan telah terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran konsep fluida. Hasil validasi dariKomik digital berbasis kearifan lokal yang dikembangkan telah terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran konsep fluida. Hasil validasi dari
BIRCU JOURNALBIRCU JOURNAL Melalui analisis literatur dan hasil penelitian terkait, dikembangkan strategi pembelajaran kewarganegaraan yang efektif dengan memanfaatkan teknologi,Melalui analisis literatur dan hasil penelitian terkait, dikembangkan strategi pembelajaran kewarganegaraan yang efektif dengan memanfaatkan teknologi,
BIRCU JOURNALBIRCU JOURNAL Kesimpulan yang dapat disajikan berdasarkan penjelasan terkait teori dan hasil penelitian sebelumnya adalah. gaya kepemimpinan delegatif memiliki efekKesimpulan yang dapat disajikan berdasarkan penjelasan terkait teori dan hasil penelitian sebelumnya adalah. gaya kepemimpinan delegatif memiliki efek
INABJINABJ Menariknya, telah ditemukan bahwa esRAGE mengikat ligan dari AGE dan menetralkan aktivitas dari AGE. Banyak studi melaporkan bahwa diabetes melitus berhubunganMenariknya, telah ditemukan bahwa esRAGE mengikat ligan dari AGE dan menetralkan aktivitas dari AGE. Banyak studi melaporkan bahwa diabetes melitus berhubungan