HTPHTP

Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health)Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health)

Latar Belakang: Pertambahan jumlah lansia di Indonesia menuntut adanya peningkatan dalam pelayanan kesehatan. Lansia, dengan kerentanannya terhadap penyakit, memerlukan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan harapan mereka. Studi ini mendeskripsikan bagaimana pasien lanjut usia mengevaluasi kualitas layanan yang mereka terima di Rumah Sakit X di Kabupaten Jember. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mengumpulkan data. Sebanyak 269 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini, dipilih melalui proses random sampling sederhana. Kuesioner SERVQUAL yang dimodifikasi digunakan untuk mengukur persepsi pasien. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil: Persepsi pasien geriatri menilai kualitas pelayanan di Rumah sakit X di Kabupaten Jember dalam kategori tinggi (96,3%) yang meliputi dimensi bukti fisik (97%), keandalan (94,8%), daya tanggap (94,4%), dimensi jaminan (98,5%), empati (99,3%) serta aksesibilitas dan keterjangkauan (91,8%). Kesimpulan: Persepsi positif pasien geriatri merupakan indikator keberhasilan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sesuai dengan standar bagi pasien lanjut usia.

Sebagian besar pasien lanjut usia (51,7%) yang dirawat di Rumah Sakit X di Kabupaten Jember memberikan penilaian yang sangat baik terhadap kualitas pelayanan yang mereka terima, dan ini tergolong dalam kategori tinggi.Perbedaan persepsi tentang kualitas pelayanan pasien geriatri di Rumah Sakit X Jember terjadi pada perbedaa Jenis Kelamin, tingkat Pendidikan dan Pekerjaan pasien.Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan pelayanan yang ada di Rumah sakit X Jember dengan memperhatikan beberapa faktor meliputi jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan pasien geriatri serta meningkatkan komunikasi efektif antara pasien dan Rumah Sakit X Jember.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien geriatri terhadap kualitas pelayanan kesehatan dengan pendekatan kualitatif, menggali lebih dalam pengalaman dan harapan pasien. Studi longitudinal dapat dilakukan untuk menganalisis perubahan persepsi pasien dari waktu ke waktu, serta dampaknya terhadap kepuasan dan loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Selain itu, perlu diteliti efektivitas intervensi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien geriatri, dengan mempertimbangkan perbedaan karakteristik demografis dan sosial ekonomi pasien, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih komprehensif bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan lansia.

  1. #manajemen rumah sakit#manajemen rumah sakit
  2. #kepuasan layanan rumah sakit#kepuasan layanan rumah sakit
File size567.04 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test