HTPHTP
Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health)Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health)Latar Belakang: Pertambahan jumlah lansia di Indonesia menuntut adanya peningkatan dalam pelayanan kesehatan. Lansia, dengan kerentanannya terhadap penyakit, memerlukan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan harapan mereka. Studi ini mendeskripsikan bagaimana pasien lanjut usia mengevaluasi kualitas layanan yang mereka terima di Rumah Sakit X di Kabupaten Jember. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mengumpulkan data. Sebanyak 269 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini, dipilih melalui proses random sampling sederhana. Kuesioner SERVQUAL yang dimodifikasi digunakan untuk mengukur persepsi pasien. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil: Persepsi pasien geriatri menilai kualitas pelayanan di Rumah sakit X di Kabupaten Jember dalam kategori tinggi (96,3%) yang meliputi dimensi bukti fisik (97%), keandalan (94,8%), daya tanggap (94,4%), dimensi jaminan (98,5%), empati (99,3%) serta aksesibilitas dan keterjangkauan (91,8%). Kesimpulan: Persepsi positif pasien geriatri merupakan indikator keberhasilan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sesuai dengan standar bagi pasien lanjut usia.
Sebagian besar pasien lanjut usia (51,7%) yang dirawat di Rumah Sakit X di Kabupaten Jember memberikan penilaian yang sangat baik terhadap kualitas pelayanan yang mereka terima, dan ini tergolong dalam kategori tinggi.Perbedaan persepsi tentang kualitas pelayanan pasien geriatri di Rumah Sakit X Jember terjadi pada perbedaa Jenis Kelamin, tingkat Pendidikan dan Pekerjaan pasien.Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan pelayanan yang ada di Rumah sakit X Jember dengan memperhatikan beberapa faktor meliputi jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan pasien geriatri serta meningkatkan komunikasi efektif antara pasien dan Rumah Sakit X Jember.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien geriatri terhadap kualitas pelayanan kesehatan dengan pendekatan kualitatif, menggali lebih dalam pengalaman dan harapan pasien. Studi longitudinal dapat dilakukan untuk menganalisis perubahan persepsi pasien dari waktu ke waktu, serta dampaknya terhadap kepuasan dan loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Selain itu, perlu diteliti efektivitas intervensi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien geriatri, dengan mempertimbangkan perbedaan karakteristik demografis dan sosial ekonomi pasien, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih komprehensif bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan lansia.
| File size | 567.04 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
HTPHTP Terdapat banyak keluhan masyarakat mengenai pelayanan yang disediakan oleh RSUD Kudungga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yangTerdapat banyak keluhan masyarakat mengenai pelayanan yang disediakan oleh RSUD Kudungga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
HTPHTP Pelaksanaan K3 juga telah dilakukan sesuai dengan Permenkes No. 66 Tahun 2016. Pemantauan dan evaluasi kinerja telah dilakukan melalui audit internal SMK3Pelaksanaan K3 juga telah dilakukan sesuai dengan Permenkes No. 66 Tahun 2016. Pemantauan dan evaluasi kinerja telah dilakukan melalui audit internal SMK3
HTPHTP Indonesia saat ini menghadapi beban ganda penyakit, yaitu penyakit menular dan tidak menular (PTM), yang keduanya memberikan dampak signifikan terhadapIndonesia saat ini menghadapi beban ganda penyakit, yaitu penyakit menular dan tidak menular (PTM), yang keduanya memberikan dampak signifikan terhadap
HTPHTP Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif cross-sectional dengan 200 pekerja pabrik minyak kelapa sawit. Data dikumpulkan melalui kuesioner danMetode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif cross-sectional dengan 200 pekerja pabrik minyak kelapa sawit. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan
Useful /
HTPHTP Latar belakang: Timika merupakan daerah endemik malaria di Indonesia. Tingginya prevalensi malaria di Timika disebabkan oleh lingkungan yang reseptif danLatar belakang: Timika merupakan daerah endemik malaria di Indonesia. Tingginya prevalensi malaria di Timika disebabkan oleh lingkungan yang reseptif dan
HTPHTP Promosi kesehatan anak khususnya BBLR baik di tatanan pelayanan klinik ataupun komunitas yang tidak sesuai dapat meningkatkan angka kesakitan dan kematian.Promosi kesehatan anak khususnya BBLR baik di tatanan pelayanan klinik ataupun komunitas yang tidak sesuai dapat meningkatkan angka kesakitan dan kematian.
IAINPTKIAINPTK Artikel ini menganalisis fatwa Muhammadiyah yang menolak keabsahan pelaksanaan salat Jumat secara virtual selama pandemi COVID-19, dengan menyoroti modelArtikel ini menganalisis fatwa Muhammadiyah yang menolak keabsahan pelaksanaan salat Jumat secara virtual selama pandemi COVID-19, dengan menyoroti model
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,