UMPWRUMPWR

Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan siswa dalam pembelajaran robotika berbasis STEM di SMP IT Nurul Ilmi, Jambi City. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Lesson Study dan teknik Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) untuk mengkaji keterlibatan siswa berdasarkan indikator-indikator berikut: secara aktif mengerjakan tugas pembelajaran, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman sebaya, mencari informasi untuk memecahkan masalah, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, menilai keterampilan/hasil yang diperoleh, melatih pemecahan masalah serupa, serta menerapkan hasil belajar pada tugas baru. Data dikumpulkan melalui observasi, rekaman audio, dan analisis transkrip menggunakan Excel, yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling menonjol adalah keterlibatan aktif dalam menyelesaikan tugas pembelajaran (38 persen), sedangkan indikator terendah adalah melatih pemecahan masalah serupa (2 persen) dan mencari informasi untuk memecahkan masalah (0,13 persen). Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran robotika berbasis STEM dapat mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan inti, namun belum sepenuhnya mengembangkan keterampilan ilmiah yang menjadi dasar penting dalam pembelajaran sains, seperti mengamati fenomena, merumuskan pertanyaan, mencari informasi, dan menguji kembali konsep melalui masalah serupa. Oleh karena itu, implementasi pembelajaran robotika dalam konteks pendidikan sains perlu dirancang untuk melatih siswa dalam eksplorasi mandiri, berpikir kritis, dan mentransfer pengetahuan ke situasi baru sesuai dengan karakteristik pembelajaran sains untuk mendukung keterampilan abad ke-21.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran robotik berbasis STEM dengan Lesson Study dan TBLA mampu meningkatkan keaktifan peserta didik, terutama dalam mengerjakan tugas, namun aspek seperti bertanya dan menerapkan hasil belajar masih rendah.Oleh karena itu, pembelajaran robotik perlu dirancang lebih baik untuk menumbuhkan keterampilan ilmiah dasar dalam konteks IPA.Desain pembelajaran ini juga harus mendorong pengembangan keterampilan abad-21 seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah agar siswa siap menghadapi tantangan masa depan.

Penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dalam beberapa arah yang menarik untuk menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan. Pertama, bagaimana perbedaan partisipasi dan keberanian bertanya antara siswa laki-laki dan perempuan dalam konteks pembelajaran robotika yang sama, mengingat penelitian ini hanya melibatkan siswa laki-laki? Kedua, apakah penerapan metode tertentu, seperti model pembelajaran yang secara eksplisit melatih keterampilan bertanya atau penggunaan jurnal reflektif, dapat secara signifikan meningkatkan indikator keaktifan yang masih rendah seperti mencari informasi dan mengajukan pertanyaan? Ketiga, sejauh mana penggunaan proyek robotika yang berbeda dan lebih kompleks, misalnya yang terkait dengan masalah lingkungan atau kesehatan, dapat mendorong siswa untuk menerapkan konsep IPA dan pemrograman mereka pada situasi masalah yang benar-benar baru dan tidak terduga? Jawaban dari ketiga pertanyaan ini akan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang cara merancang pembelajaran robotika yang benar-benar inklusif dan holistik untuk semua siswa.

  1. Analysis of Student Participation in STEM-Based Robotics Lessons Using Transcript-Based Lesson Analysis... doi.org/10.37729/radiasi.v18i2.6756Analysis of Student Participation in STEM Based Robotics Lessons Using Transcript Based Lesson Analysis doi 10 37729 radiasi v18i2 6756
  2. ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH REJANG LEBONG MELALUI PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN... doi.org/10.19184/jpf.v13i1.44783ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH REJANG LEBONG MELALUI PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN doi 10 19184 jpf v13i1 44783
  3. Analysis of Students' Metacognition Skills in Solving Static Fluid Problems | Jurnal Penelitian... jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/5148Analysis of Students Metacognition Skills in Solving Static Fluid Problems Jurnal Penelitian jppipa unram ac index php jppipa article view 5148
  1. #siswa laki#siswa laki
  2. #keaktifan siswa#keaktifan siswa
File size702.53 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test