AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanJurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

Pendidikan adalah proses mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai untuk membentuk perkembangan individu, baik secara formal di lembaga pendidikan maupun secara informal. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan sosial agar individu dapat berperan aktif dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan pendekatan mengajar dalam mengembangkan kreativitas dan bakat seni siswa-siswanya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus melalui wawancara mendalam dan observasi langsung di kelas. Hasil penelitian menemukan bahwa memiliki berbagai pengalaman positif dalam mengajar seni rupa di kelas 1 yang telah mempengaruhi pendekatan mengajarnya. Dengan menerapkan berbagai strategi efektif dalam mengatasi kendala pengajaran dan menyesuaikan metode dengan karakteristik siswa. Kegiatan utama yang diberlakukan adalah proyek menggambar dan mewarnai untuk merangsang kreativitas dan ekspresi siswa. Salah satu pendekatan yang signifikan adalah melibatkan orang tua siswa dalam pengembangan bakat seni mereka. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatan sangat bermanfaat dalam memotivasi siswa dan menciptakan iklim belajar yang menyenangkan. Hal ini berdampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa di kelas 1 SD/MI. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam memperkaya pengalaman belajar seni di tingkat awal pendidikan dasar.

Seni rupa adalah bentuk ekspresi di mana seniman menggunakan warna, garis, bentuk, dan unsur visual lainnya untuk menyampaikan ide atau perasaan mereka.Ibu Dewi Anggreini, guru seni rupa di kelas 1 SD/MI, menghadirkan pendekatan inovatif dengan melibatkan orang tua siswa dalam perkembangan seni rupa anak-anak.Pendekatan ini menciptakan kolaborasi yang lebih personal dan mendalam, memperkuat hubungan antara keluarga dan sekolah, serta membantu membangun apresiasi terhadap seni rupa di kalangan siswa dan orang tua.

Penelitian lanjutan dapat menggali lebih dalam mengenai efektivitas kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran seni rupa, khususnya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat dampak jangka panjang dari pembelajaran seni rupa terhadap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional siswa. Selain itu, perlu diteliti bagaimana penggunaan teknologi, seperti aplikasi menggambar atau platform daring, dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran seni rupa di kelas awal untuk memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan aksesibilitas bagi siswa dengan berbagai gaya belajar. Apakah pendekatan pembelajaran seni rupa yang berfokus pada kolaborasi dan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan seni serta mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi? Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang cara-cara inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa di tingkat dasar.

  1. Vol. 3 No. 2 (2023): Juli: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan... doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2Vol 3 No 2 2023 Juli Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan JURDIKBUD Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan doi 10 55606 jurdikbud v3i2
  2. Pengalaman Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Kelas I di MIN 2 Palangka Raya | Jurnal... jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkppk/article/view/392Pengalaman Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Kelas I di MIN 2 Palangka Raya Jurnal jurnal aksaraglobal index php jkppk article view 392
  1. #guru motivasi siswa#guru motivasi siswa
  2. #emosional siswa pai#emosional siswa pai
File size693.28 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test