AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanJurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis penguatan nilai budaya Minang Sumbang Duo Baleh melalui Forum Annisa di MAN 2 Bukittinggi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan utama pembina Forum Annisa dan informan pendukung seperti wakil kurikulum dan siswi Forum Annisa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data, serta menggunakan triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Forum Annisa berhasil memperkuat nilai-nilai budaya Minang, terutama dalam aspek Sumbang Kato, Sumbang Bagaua, dan Sumbang Kurenah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan ini meliputi dukungan pemerintah, masyarakat, orang tua, lingkungan sekolah, dan teman sejawat, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dari peserta didik itu sendiri.

Pelaksanaan penguatan nilai budaya Minang Sumbang Duo Baleh melalui Forum Annisa di MAN 2 Bukittinggi telah dilaksanakan dengan baik, terutama pada aspek Sumbang Kato, Sumbang Bagaua, dan Sumbang Kurenah.Penguatan ini dilakukan melalui pembiasaan, pemberian contoh, dan penyampaian materi terkait adab dan sopan santun dalam budaya Minangkabau.Dukungan dari berbagai pihak menjadi faktor pendukung, sementara kurangnya motivasi siswa menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengembangan metode internalisasi nilai-nilai Sumbang Duo Baleh yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa, misalnya melalui pemanfaatan teknologi atau pendekatan seni budaya yang relevan dengan generasi muda. Selain itu, studi komparatif antara sekolah yang memiliki program serupa dengan yang tidak memiliki program dapat dilakukan untuk mengukur efektivitas Forum Annisa dalam membentuk karakter siswa. Penelitian juga dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor psikologis dan sosial yang memengaruhi motivasi siswa dalam mengamalkan nilai-nilai budaya Minang, sehingga dapat dirumuskan strategi yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian budaya lokal. Dengan demikian, hasil penelitian dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan program pendidikan karakter yang berbasis pada kearifan lokal.

  1. Bayt Al-Hikmah: Pusat Kebijaksanaan dan Warisan Ilmu Pengetahuan Islam dalam Peradaban Abad Pertengahan... doi.org/10.55606/jurrafi.v2i2.2122Bayt Al Hikmah Pusat Kebijaksanaan dan Warisan Ilmu Pengetahuan Islam dalam Peradaban Abad Pertengahan doi 10 55606 jurrafi v2i2 2122
  1. #seni budaya lokal#seni budaya lokal
  2. #budaya generasi muda#budaya generasi muda
File size950.6 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test