PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING

Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)

Penelitian ini bertujuan menentukan dampak model pembelajaran Predict‑Observe‑Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi. Peneliti melaksanakan studi ini di MTs Aisyiyah Binjai pada tahun ajaran 2020/2021, khususnya pada akhir Mei–Juni 2021. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan dua kelas: kelas eksperimen (32 siswa) menggunakan model POE dan kelas kontrol (32 siswa) menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar kerja siswa, yang telah diverifikasi oleh dua pengajar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Data dikumpulkan melalui observasi langsung sesuai panduan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa persentase keterampilan proses sains di kelas eksperimen mencapai 74,4 %, sedangkan di kelas kontrol hanya 41,3 %, menandakan nilai KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol, sehingga model POE terbukti efektif.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan model pembelajaran Predict‑Observe‑Explain terhadap keterampilan proses sains siswa biologi di MTs Aisyiyah Binjai.Kelas eksperimen memperoleh persentase keterampilan 74,4 % dengan kategori Baik, sementara kelas kontrol hanya 41,3 % dengan kategori Cukup.Perbedaan ini menegaskan bahwa penggunaan model POE lebih unggul dibandingkan metode konvensional.

Penelitian lanjutan dapat memanfaatkan metode campuran untuk meneliti efek jangka panjang model POE terhadap pemahaman konseptual dan keterampilan siswa, melalui observasi longitudinal selama satu semester dan menggunakan tes pre‑post serta wawancara mendalam. Selanjutnya, studi komparatif antara POE dan model pembelajaran kolaboratif dapat diusulkan untuk menilai apakah integrasi kerja kelompok meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan hasil belajar secara signifikan. Pertanyaan penelitian baru: Apakah adopsi POE dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode konvensional di berbagai tingkat kelas?. Sementara itu, eksperimen desain quasi‑eksperimental dengan kelompok kontrol tambahan yang menggunakan model pembelajaran inquiry dapat memperjelas peran faktor interaksi guru‑siswa dalam efektivitas POE. Penelitian tambahan dapat memperluas sampel ke beberapa sekolah menengah pertama di daerah berbeda untuk menguji generalisasi temuan serta menilai apakah faktor budaya atau sumber daya memodifikasi dampak POE. Perkembangan model POE dapat diuji dengan menambahkan komponen teknologi digital, seperti simulasi interaktif, untuk melihat apakah penggabungan media digital memperkuat keterlibatan siswa. Penelitian kualitatif mendalam dapat menggali persepsi guru dan siswa tentang tantangan serta manfaat POE, dengan mendokumentasikan strategi adaptasi yang efektif. Selain itu, penelitian longitudinal dapat menilai apakah peningkatan keterampilan proses sains berlanjut hingga kelas berikutnya, menilai keberlanjutan dampak POE. Akhirnya, evaluasi biaya‑manfaat model POE dapat memberikan data penting bagi keputusan kebijakan pendidikan yang bersifat skalabilitas.

  1. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
Read online
File size357.55 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test