UNUKALTIMUNUKALTIM

Journal of Sustainable TransformationJournal of Sustainable Transformation

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru dan siswa terhadap layanan perpustakaan di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru dan 2 orang siswa dari Sekolah Dasar Negeri 004 Samarinda Ulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memandang layanan perpustakaan sebagai sumber daya penting dalam mendukung proses pembelajaran. Mereka mengapresiasi ketersediaan buku dan fasilitas yang memadai, namun menginginkan peningkatan dalam hal ketersediaan buku-buku terbaru dan peningkatan jaringan internet agar siswa dapat memperoleh informasi dengan mudah. Di sisi lain, siswa menunjukkan antusiasme terhadap perpustakaan tetapi mengeluhkan kurangnya variasi topik bacaan dan ruang untuk membaca. Berdasarkan informasi tersebut, rekomendasi untuk layanan perpustakaan adalah peningkatan manajemen perpustakaan yang mendukung proses pembelajaran dan literasi serta program pengembangan untuk meningkatkan daya tarik siswa. Dengan demikian, layanan perpustakaan dapat dioptimalkan.

Persepsi siswa dan guru terhadap pelayanan, fasilitas, dan peran perpustakaan dalam pembelajaran saling berkaitan dan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pendidikan.Siswa dan guru yang merasakan layanan responsif dan ramah dari staf perpustakaan cenderung memiliki pandangan positif terhadap penggunaan perpustakaan.Perpustakaan harus berfungsi sebagai pusat informasi dan literasi, bukan hanya tempat penyimpanan buku, untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji dampak pemanfaatan sumber daya digital seperti e-book dan basis data online terhadap motivasi siswa menggunakan perpustakaan. Studi juga bisa membandingkan persepsi guru dan siswa di sekolah berbeda di Kalimantan Timur untuk melihat pola umum yang berkembang. Penelitian tentang pengaruh variasi kategori bacaan (fiksi, non-fiksi, majalah) terhadap keberlanjutan penggunaan layanan perpustakaan layak dikembangkan untuk menjawab kebutuhan siswa masa kini.

  1. Regional-potential-based plantation vocation education analysis in East Kalimantan Province | Jurnal... doi.org/10.21831/jpv.v8i1.15358Regional potential based plantation vocation education analysis in East Kalimantan Province Jurnal doi 10 21831 jpv v8i1 15358
  2. PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 SAMARINDA... ojss.unukaltim.ac.id/index.php/jst/article/view/42PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 SAMARINDA ojss unukaltim ac index php jst article view 42
  1. #daya tarik siswa#daya tarik siswa
  2. #sikap motivasi siswa#sikap motivasi siswa
Read online
File size322.13 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test