UIGMUIGM

Jurnal Abdimas MandiriJurnal Abdimas Mandiri

Pelatihan pengolahan data asuhan kebidanan berbasis data mining dengan RapidMiner bagi mahasiswa tingkat akhir bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis data menggunakan teknologi informasi dalam konteks kebidanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Mei 2025 di Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Ilmu Kebidanan Jambi dengan melibatkan 50 mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Metode pelatihan (teori dan praktik) mencakup pemaparan materi tentang konsep dasar data mining dan aplikasi RapidMiner, diikuti dengan praktik langsung pengolahan data menggunakan algoritma decision tree dan clustering k-means. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta mampu mengimpor, membersihkan, dan menganalisis dataset asuhan kebidanan secara efektif. Peserta juga berhasil mengidentifikasi pola risiko kehamilan dan mengelompokkan data pasien berdasarkan karakteristik klinis, yang dapat mendukung pengambilan keputusan klinis dan penelitian berbasis bukti. Pelatihan ini meningkatkan literasi digital dan kemampuan analitis mahasiswa, sekaligus membuka peluang integrasi teknologi data mining ke dalam kurikulum kebidanan. Kendala yang ditemukan antara lain keterbatasan waktu dan variasi tingkat kemampuan peserta, yang menjadi bahan evaluasi untuk pelatihan lanjutan. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa kebidanan menghadapi tantangan era digital dan meningkatkan kualitas praktik serta penelitian di bidang kebidanan.

Kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam teknik analisis data lanjutan yang diterapkan langsung pada konteks data kebidanan.Antusiasme peserta menunjukkan relevansi tinggi pelatihan ini terhadap kebutuhan akademik dan praktik klinik, menjadikannya fondasi yang kuat untuk mendukung penelitian berbasis bukti.Untuk keberlanjutan, disarankan pengembangan modul pembelajaran digital mandiri dan integrasi materi data mining ke dalam kurikulum kebidanan agar lulusan siap menghadapi tantangan era digital.

Berikut keberhasilan pelatihan ini, penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi seberapa efektif modul pembelajaran digital mandiri dibandingkan dengan workshop tatap muka, terutama untuk mahasiswa dengan kemampuan awal yang beragam. Pertanyaan penelitiannya adalah, apakah pendekatan mandiri yang fleksibel melalui Learning Management System (LMS) benar-benar bisa mengatasi keterbatasan waktu dan menghasilkan pemahaman serta keterampilan yang lebih tahan lama bagi mahasiswa? Selain itu, sebuah studi longitudinal perlu dilakukan untuk menyelidiki dampak jangka panjang dari memasukkan materi data mining ke dalam kurikulum resmi kebidanan. Penelitian ini bisa mengukur apakah integrasi kurikulum ini secara nyata meningkatkan kualitas tugas akhir mahasiswa dan membekali lulusan dengan kemampuan analisis data yang relevan untuk dunia kerja. Terakhir, mengingat tantangan perbedaan kemampuan awal peserta, sangat penting untuk mengkaji apakah model pembelajaran yang dipisahkan berdasarkan tingkat kemampuan, yakni kelas dasar dan lanjutan, dapat memberikan hasil yang lebih optimal daripada pelatihan satu ukuran untuk semua. Penelitian ini secara komprehensif akan membantu institusi pendidikan dalam merancang metode pelatihan teknologi yang lebih efisien, adil, dan berdampak signifikan di masa depan.

  1. Perubahan Pola Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan Selama Pandemic Covid-19 | Media Informasi. perubahan... doi.org/10.22146/mi.v31i1.4660Perubahan Pola Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan Selama Pandemic Covid 19 Media Informasi perubahan doi 10 22146 mi v31i1 4660
  2. Studi Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan oleh Generasi Z Terkait Vaksinasi Covid-19 | Media Informasi.... jurnal.ugm.ac.id/v3/MI/article/view/4521Studi Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan oleh Generasi Z Terkait Vaksinasi Covid 19 Media Informasi jurnal ugm ac v3 MI article view 4521
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #metode analisis data#metode analisis data
File size672.62 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test