AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan KebudayaanJurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dan pengaruhnya terhadap pendidikan matematika. Instrumen penelitian terdiri dari 3 soal tentang pola bilangan yang telah divalidasi. Penelitian ini melibatkan 14 siswa kelas VIII MTS Pekanbaru. Pendekatan penelitian bersifat deskriptif dan kuantitatif, menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, data tes, dan kesalahan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa termasuk kategori sedang.

Penelitian ini menempatkan siswa pada kategori sedang dalam hal kemampuan komunikasi matematis.Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa berada di atas rata-rata.Data diperoleh dari tes instrumen yang meliputi 3 soal tentang pola bilangan dan interpretasinya.Masalah bahasa, matematika, dan indikator masih menjadi tantangan bagi siswa.Kurikulum 2013 menekankan pada pertumbuhan dan perkembangan siswa, termasuk aspek keterampilan, afektif, dan kognitif.

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, penelitian selanjutnya dapat fokus pada pengembangan model pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi strategi pengajaran yang dapat membantu siswa dalam mengaitkan konsep matematika dengan dunia nyata. Terakhir, penelitian dapat menyelidiki peran teknologi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, seperti penggunaan aplikasi atau platform digital untuk belajar matematika.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size916.31 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test