INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen uji analogi verbal sebagai alat pengukur tingkat kecerdasan mahasiswa. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik sampling purposif. Instrumen ini dianalisis menggunakan analisis faktor. Dari 15 item yang akan digunakan untuk mengembangkan instrumen tes potensi akademik analogi verbal, terdapat 4 faktor analisis. Pembentukan 4 faktor ini berasal dari nilai Eigenvalues lebih besar dari 1 sehingga hanya 4 faktor yang memenuhi syarat. Selanjutnya, 15 item instrumen yang diuji kepada 91 responden mahasiswa diperoleh 2 item instrumen tidak valid dengan koefisien korelasi ≤0,3. Hasil uji KMO dan Bartletts test sebesar 0,785 dengan p <0,05. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata validitas pertanyaan sebesar 96,8%. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha (α) Cronbach dengan koefisien 0,806. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas item instrumen yang dikembangkan telah valid dan andal.

Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi, kesimpulan yang dapat diambil adalah.Pertama, instrumen penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) Borg dan Gall dalam mengembangkan soal tes potensi akademik di bidang kemampuan verbal, uji analogi.Kedua, formulasi soal dianalisis secara kualitatif dalam hal kuantitatif melalui validasi konten oleh 9 mahasiswa yang ahli dalam penelitian dan evaluasi pendidikan.Ketiga, item yang telah diuji dengan baik dievaluasi kualitas masing-masing item, yaitu validitas soal dan reliabilitas soal.Hasil uji menunjukkan rata-rata validitas soal sebesar 96,8% dan reliabilitas 0,806 yang dikategorikan sangat baik.Keempat, pembentukan 4 faktor ini berasal dari Eigenvalues lebih besar dari 1 sehingga hanya 4 faktor yang memenuhi syarat.Berdasarkan hasil screen plot, pengembangan instrumen tes potensi akademik analogi verbal bersifat unidimensi karena setiap item hanya mengukur satu kemampuan.Kelima, soal yang dikembangkan valid dan andal sehingga dapat memenuhi kriteria sebagai alat evaluasi sikap yang baik.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan instrumen tes potensi akademik analogi verbal dengan menambah jumlah item soal untuk meningkatkan keberagaman dan cakupan materi. Selain itu, peneliti dapat mengeksplorasi tingkat kesulitan soal yang berbeda untuk memastikan instrumen mampu mengukur kemampuan verbal analogi pada berbagai tingkat kecerdasan. Terakhir, integrasi teknologi seperti platform digital atau aplikasi interaktif dapat dikembangkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi penggunaan instrumen ini dalam proses pembelajaran.

  1. Developing instrument of academic potential test analogy verbal ability for undergraduate students |... doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.14220Developing instrument of academic potential test analogy verbal ability for undergraduate students doi 10 11591 edulearn v15i2 14220
  2. Journal of Education and Health Promotion. journal education health promotion doi.org/10.4103/jehp.jehp_43_17Journal of Education and Health Promotion journal education health promotion doi 10 4103 jehp jehp 43 17
File size229.73 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test